Peran Komunitas Senyum Anak Nusantara (SAN) Chapter Solo dalam Meningkatkan Karakter Peduli Sosial Anak melalui Art And Culture Project di Kota Surakarta

Authors

  • Wida Syafira Universitas Sebelas Maret
  • Winarno Winarno Universitas Sebelas Maret
  • Muhammad Hendri Nuryadi Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.53682/jce.v8i2.10262

Keywords:

Komunitas Senyum Anak Nusantara Karakter Peduli Sosial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Komunitas Senyum Anak Nusantara (SAN) Chapter Solo dalam meningkatkan karakter peduli sosial anak melalui art and culture project di Kota Surakarta. Sumber data dalam penelitian meliputi informan yaitu Ketua Komunitas Senyum Anak Nusantara, Ketua Komunitas Senyum Anak Nusantara (SAN) Chapter Solo, peserta art and culture project, orang tua dari peserta art and culture project serta dokumen kurikulum art and culture project Tahun 2023. Teknik pengambilan sampel yang digunakan ialah purposive sampling dan snowball sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara mendalam secara langsung, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dari Miles dan Huberman  meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. 1) Komunitas Senyum Anak Nusantara (SAN) Chapter Solo telah melaksanakan perannya dalam meningkatkan karakter peduli sosial anak yaitu sebagai tempat bertukar informasi yang dapat meningkatkan rasa toleransi anak-anak, sebagai tempat untuk saling menguatkan yang dapat meningkatkan rasa tolong menolong dan toleran tanpa diskriminatif, sebagai wadah pembentukan karakter melalui proses pembiasaan yang dapat meningkatkan rasa tolong menolong, kerja sama, membiasakan untuk berbuat sopan dan santun kepada anak-anak dan toleran, serta sebagai fasilitator yang dapat mengajarkan anak-anak untuk menyelesaikan masalah secara damai.

References

Amaniyah, I. F., & Nasith, A. (2022). Upaya Penanaman Karakter Peduli Sosial melalui Budaya Sekolah dan Pembelajaran IPS. Dinamika Sosial: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 1(2), 81–95. https://Doi.Org/10.18860/Dsjpips.V1i2.1377

An'nisa, F. G., & Rahmawati, I. (2023). Peran Komunitas Indonesia Pintar dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak di Kampung Pemulung Pondok Labu Jakarta Selatan. Jurnal Kommunity Online, 3(2), 187–200. https://Doi.Org/10.15408/Jko.V3i2.30920

Candra, S. (2017). Pelaksanaan Parenting Bagi Orang Tua Sibuk dan Pengaruhnya Bagi Perkembangan Anak Usia Dini. Thufula: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(2), 267. https://Doi.Org/10.21043/Thufula.V5i2.3475

Fifin Afriana Farindi Astutik, R. A. (2023). Strategi Pengembangan Karakter Peduli Sosial Melalui Aktivitas Kelas Pada Siswa Tingkat Sekolah Menengah Pertama. Research And Development Journal Of Education, 9(2), 852–859.

Hariadi, U., Suratman, S., Gunawan, T., & Armawi, A. (2020). Kearifan Lokal Komunitas Sebagai Modal Sosial Alam Manajemen Bencana Alam. Majalah Geografi Indonesia, 33(2), 2. https://Doi.Org/10.22146/Mgi.48548

Himmah, F., Tukidi, T., & Mulianingsih, F. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Sosial Di SMP Negeri 1 Karangtengah Demak. Sosiolium: Jurnal Pembelajaran IPS, 1(2), 158–163. https://Doi.Org/10.15294/Sosiolium.V1i2.36421

Khaerunnisa, S., & Muqowim, M. (2020). Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai Karakter Peduli Sosial. Thufula: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 9(2), 206. https://Doi.Org/10.21043/Thufula.V8i2.7636

Kusumawardani, Fitri, Akhwani, A., Nafiah, N., & Taufiq, M. (2021). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Pancasila melalui Keteladanan dan Pembiasaan di Sekolah Dasar. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraaan, 6(1), 1–10. https://Doi.Org/10.24269/Jpk.V6.N1.2021.Pp1-10

Marsakha, A. T., Hariri, H., & Sowiyah. (2021). Management Of Character Education In School: A Literature Review. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(2), 185–194.

Maulidyah, H. R., & Listyaningsih. (2022). Peran dan Strategi Komunitas Save Street Child Sidoarjo untuk Membangun Nilai Karakter Gotong Royong Pada Anak Jalanan. Jurnal Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 10(4), 1038–1052. https://Ejournal.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Jurnal-Pendidikankewarganegaraan/Article/View/47643

Poedjajani, M. N. (2005). Resensi Terhadap Homophobia. Skripsi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Hlm. 56. LPPM Universitas Gadjah Mada.

Purwaningsih, I. D. (2018). Peran "Komunitas Bagi Nasi Pagi"Magelang dalam Pembentukan Karakter Peduli Sosial. Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta, Hlm. 21–22. LPPM Universitas Negeri Yogyakarta.

Rizki, A. G. F. (2023). Tindakan Sosial Komunitas Senyum Anak Nusantara dalam Upaya Meningkatkan Budaya Literasi Anak-Anak: Penelitian Pada Komunitas Senyum Anak Nusantara Chapter Bandung di Yayasan Ikhwanul Iman Kelurahan Cipadung Wetan - Digital Library UIN Sunan Gunung Djati. Thesis, 6(August), Hlm. 4. LPPM UIN Sunan Gunung Djati.

Setiawan, M. A. (2017). Peran Komunitas Tari Gatra Kencana dalam Membentuk Karakter Remaja Di Desa Plandaan Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung. In Skripsi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (Vol. 4, P. 62), Hlm. 62. LPPM Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Sopian Sauri, Andi Sulastri, Arif Rahman Hakim, M. S. (2022). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar. AMAL INSANI (Indonesian Multidiscipline Of Social Journal), 3(1), 24–31. https://Doi.Org/10.56721/Amalinsani.V3i1.109

Vinasari, W. R. (2018). Peran Komunitas Ledhok Timoho dalam Pendidikan Karakter Anak Usia Dini di Sekolah Gajah Wong Yogyakarta The. Jurnal Kebijakan Pendidikan, 7(2), 176–189.

Yohanis. (2023). Peran Lembaga Sosial Terhadap Pembinaan Moral Remaja Di Kelurahan Banuaran Nan XX. Jurnal Administrasi Publik Dan Pemerintahan, 2(1), 47–56. https://Doi.Org/10.55850/Simbol.V2i1.66

Published

2024-12-28

How to Cite

Syafira, W. ., Winarno, W., & Nuryadi , M. H. . (2024). Peran Komunitas Senyum Anak Nusantara (SAN) Chapter Solo dalam Meningkatkan Karakter Peduli Sosial Anak melalui Art And Culture Project di Kota Surakarta. Civic Education: Media Kajian Pancasila Dan Kewarganegaraan, 8(2), 84-91. https://doi.org/10.53682/jce.v8i2.10262