Urgensi Pembelajaran Etika Digital sebagai Upaya Pencegahan Cyberbullying di Perguruan Tinggi

Authors

  • Winarno Winarno Pascasarjana Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Indonesia
  • Destiny Destiny Pascasarjana Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Indonesia
  • Yuyus Kardiman Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Negeri Jakarta, Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.53682/jce.v8i2.10445

Keywords:

Cyberbullying, Etika Digital, Pembelajaran, Pencegahan, Perguruan Tinggi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui urgensi pembelajaran etika digital sebagai upaya pencegahan cyberbullying di perguruan tinggi. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan dengan pendekatan kualitatif, dengan menggunakan sumber referensi yang kredibel dan relevan. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa etika digital harus diajarkan di perguruan tinggi khususnya untuk mencegah cyberbullying. Mengingat maraknya kasus-kasus yang terjadi di dunia digital, menyebabkan adanya degradasi moral khususnya pada mahasiswa. Pembelajaran ini tidak hanya berfokus pada penggunaan teknologi dengan benar, tetapi juga mendidik mahasiswa tentang tanggung jawab dan konsekuensi dari perilaku mereka di dunia maya. Pentingnya pembelajaran etika digital juga terletak pada kemampuannya untuk membentuk karakter dan meningkatkan kesadaran mahasiswa mengenai perilaku online yang baik. Melalui kurikulum yang mengintegrasikan etika digital, mahasiswa dapat menghindari cyberbullying. Selain itu, peran pendidik dan kompetensinya dalam memberikan pembelajaran juga harus kompeten dan relevan dengan tuntutan zaman. Dengan demikian, pembelajaran etika digital menjadi kunci dalam menciptakan budaya positif di dunia maya.

References

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). METODE PENELITIAN KUALITATIF STUDI PUSTAKA. EDUMAPSUL, 6(1), 974.

Aina, D. K. (2024). The Role of Digital Ethics in Strengthening Character Education in the Digital Age. PAKAR Pendidkan, 22(2), 147-148.

Alhassan, A. (2022). PSYCHOLOGY OF LEARNING. Nigeria: NOUN Press: National Open University of Nigeria.

Arifin, N. (2020). Pemikiran Pendidikan John Dewey. As-Syar’i: Jurnal Bimbingan & Konseling Keluarga, 2(2), 204-205.

Astuti, S. I., Prananingrum, E. N., RahmiajI, L. R., Nurhajati, L., Lotulung, L. J., & Kurnia, N. (2021). Modul Budaya Bermedia Digital. Jakarta: Kominfo, Japelidi, Siberkreasi.

Citriadin, Y. (2019). PENGANTAR PENDIDIKAN. Mataram: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Mataram.

Damayanti, S., Nanggala, A., & Suryadi, K. (2023). BUILDING SMART AND GOOD YOUNG CITIZENS THROUGH PROJECT-BASED LEARNING IN CIVIC EDUCATION AS A MEANS OF PREVENTING CYBERBULLYING IN THE DIGITALIZATION ERA. Proceedings International Seminar Tulungagung University (pp. 117-122). Tulungagung: Tulungagung University.

Dewi, I. K., Dewi, S., & Adhayanto, O. (2024). Penegakan Hukum Tindak Pidana terhadap Cyber Bullying dalam Perspektif Hukum Pidana. KONSENSUS : Jurnal Ilmu Pertahanan, Hukum dan Ilmu Komunikasi, 1(3), 108-109.

Dzaljad, R. G., Firmantoro, V., Rahmawati, Y., Pranawati, R., Setiawati, T., Tiara, A., . . . Agustini, V. D. (2022). Etika Komunikasi: Sebuah Paradigma Integratif . Jakarta: FISIP UHAMKA.

Endang, Winarno, & Triana. (2018). HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN HUKUM DENGAN SIKAP ANTIKORUPSI SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN KELAS X SMK NEGERI 2 KARANGANYAR. Educitizen, 3(1), 155-167.

Gracia, N. C., & Lozano, A. C. (2021). The ethical dimension of digital competence in teacher training. Education and Information Technologies, 26, 3537-3539.

Handoko, Saputra, E., & Zulheddi. (2018). NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM ALQURAN SURAT AL-ALAQ. EDU RILIGIA, 2(1), 81-90.

Harjanto, N. S., & Najicha, F. U. (2024). Pendidikan Pancasila Sebagai Kerangka Etika Dalam Penggunaan Kecerdasan Buatan. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS), 16(1), 32.

Herman. (2023, Oktober 14). Ini Kronologi Kasus Bullying di UIN Jambi. Retrieved September 13, 2024, from Berita Satu: https://www.beritasatu.com/nusantara/1071867/ini-kronologi-kasus-bullying-di-uin-jambi

Herwati. (2024). Pendidikan dalam perspektif islam dan peranannya dalam membina kepribadian Islami. Bahtsuna: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 3-13.

Hou, D. (2023). The Factors, Impact, and Interventions of Cyberbullying in School. Journal of Education, Humanities and Social Sciences, 8(1), 345=347.

identitasunhas.com. (2021, November 25). Cyberbullying: Racun Sosial Media di Indonesia. Retrieved September 13, 2024, from identitasunhas.com: https://identitasunhas.com/cyberbullying-racun-sosial-media-di-indonesia/

Isdendi, R. R., Nanda, I., & Suganda, M. W. (2023). The Role of Indonesia’s Digital Citizenship Generation in the Realization of Ethics in Cyberspace. Proceedings of the 4th Annual Civic Education Conference (ACEC 2022) (pp. 218-219). Sukabumi: ATLANTIS PRESS.

Jannah, S. R. (2022). PENGEMBANGAN POTENSI PESERTA DIDIK: PERSPEKTIF DOMAIN PENDIDIKAN BENJAMIN S. BLOOM. Rumah Jurnal UIN Alauddin, 3(1), 21-22.

Kardiman, Y., Raharjo, & Casmana, A. R. (2021). Pendidikan Karakter Melalui Pendekatan Konten Sebagai Konsep Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Pada Tingkat SMP/Sederajat Di Era Digital. Jurnal Rontal Keilmuan PKn, 7(2), 38.

Karimah, A., Sulthoni, A., & Al Atok, R. (2023). The Urgency of Character Education in the Life of Society 5.0. Proceedings of the International Conference on Education 2022 (ICE 2022) (p. 76). Semarang: ATLANTIS PRESS.

Kusumawardani, S. S., Budimansyah, D., Triyanto, Wibowo, W., & Copik, M. (2024). Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Legi, H., Damanik, D., & Giban, Y. (2023). Transforming Education Through Technological Innovation In The Face Of The Era Of Society 5.0. Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(2), 1.

Malihah, Z., & Alifiasari. (2018). PERILAKU CYBERBULLYING PADA REMAJA DAN KAITANNYA DENGAN KONTROL DIRI DAN KOMUNIKASI ORANG TUA. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen, 11(2), 146-147.

Maulina, D. A., Syarifuddin, S., & Hasyim, I. (2024). THE ROLE OF DIGITAL ETHICS IN STUDENTS’ LEARNING ACTIVITIES ON LMS KALAM UMI. JURNAL KARYA ILMIAH MAHASISWA (KIMA), 3(1), 109-116.

Meliana, R. (2024, Agustus 15). Kronologi Dokter Muda Undip Bunuh Diri: Diduga Korban Bully, Tak Bisa Bayar Rp500 Juta Buat Mundur dari PPDS Anestesi? Retrieved September 13, 2024, from Suara.Com: https://www.suara.com/lifestyle/2024/08/15/092853/kronologi-dokter-muda-undip-bunuh-diri-diduga-korban-bully-tak-bisa-bayar-rp500-juta-buat-mundur-dari-ppds-anestesi

Munna, A. S., & Kalam, M. A. (2021). Teaching and learning process to enhance teaching effectiveness: a literature review. International Journal of Humanities and Innovation (IJHI), 4(1), 1-2.

Murphy, C. (2024). Cyberbullying among young people: Laws and policies in selected Member States. EPRS | European Parliamentary Research Service, 762(331), 2.

Nafiati, D. A. (2021). Revisi taksonomi Bloom: Kognitif, afektif, dan psikomotorik. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(2), 154-155.

Nainggolan, A. M., & Daeli, A. (2021). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Implikasinya bagi Pembelajaran. Journal of Psychology : Humanlight, 2(1), 35-45.

Pramanda, A. Y., Muchtarom, M., & Hartanto, R. V. (2018). PENGUATAN ETIKA DIGITAL PADA SISWA UNTUK MENANGGULANGI PENYEBARAN BERITA BOHONG (HOAX) DI MEDIA SOSIAL MELALUI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN. PAEDAGOGIA, 21(2), 142-256.

Prasad, K. K. (2019). Importance of Ethics in Higher Education. IRE Journals, 2(7), 3-4.

Raharjo, Kardiman, Y., Yasnita, & Adjie, H. (2022). PENDAMPINGAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK PEMBELAJARAN PAIKEM DI SD NEGERI 05 BIDARACINA JAKARTA TIMUR. Service Leaning: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), 17.

Rahman, N. A., Sairi, I. H., Zizi, N. A., & Khalid, F. (2020). The Importance of Cybersecurity Education in School. International Journal of Information and Education Technology, 10(5), 378-380.

Ribble, M. (2015). Digital Citizenship in Schools : Nine Elements All Students Should Know (3rd ed.). Washington DC: International Society for Technology in Education.

Riyana, C. (2011). Komponen-Komponen Pembelajaran. Jakarta: Tim Pengembangan MKDP, Rajawali Pers.

Sari, D. I., Rejekiningsih, T., & Muchtarom, M. (2020). Students' Digital Ethics Profile in the Era of Disruption: An Overview from the Internet Use at Risk in Surakarta City, Indonesia. iJIM, 14(3), 83-91.

Schneider, K. (2024). What Is Learning? Psychology, 15(5), 779-782.

Shaikh, F. B., Rehman, M., Amin, A., Shamim, A., & Hashmani, M. A. (2021). Cyberbullying Behaviour: A Study of Undergraduate University Students. IEEE Access, 9, 92715-92730.

Simanjuntak, M. S., Simangunsong, J., & Matondang, A. (2024). Etika Dan Tanggung Jawab Digital Bagi Siswa/I SMP Negeri 2 Sihotang Kabupaten Samosir. Transformasi Masyarakat: Jurnal Inovasi dan Sosial Pengabdian, 1(1), 2.

Siroj, M., & Zulfa, A. (2024). Dampak Cyberbullying Pada Remaja di Media Sosial. JICN: Jurnal Intelek dan Cendikiawan Nusantara, 1(2), 1126-1129.

Subhan, F., Sipahutar, I. Z., Manalu, J., Nababan, R., Sinurat, R., & Manik, S. G. (2023). Sinergisitas Pendidikan Kewarganegaraan dalam Meminimalisir Tindakan Cyberbullying di Dunia Digital. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan dan Politik (JPKP), 1(2), 97-109.

Suryaningsih, A., Hidayah, Y., & Pratomo, W. (2023). PENGUATAN LITERASI DIGITAL MELALUI MATA KULIAH UMUM PENDIDIKAN PANCASILA UNTUK MENGANTISIPASI BERKEMBANGNYA BERITA HOAX. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(1), 404-414.

Taie, M., Rostami, R., & Yazdanimoghaddam, M. (2021). Towards a Consensual Definition of Learning: Insights from the Aristotelian Philosophy. Iranian Journal of Learning and Memory, 3(12), 12.

Triyanto. (2020). Peluang dan tantangan pendidikan karakter di era digital. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 17(2), 177-182.

Tumanggor, S. (2023). Transdisciplinarity: The Urgency Of Digital Literacy In The Era Of Society 5.0. The 2nd Proceeding International Seminar and Conference on Islamic Studies (ISCIS) 2023 (pp. 389-399). Medan: UIN North Sumatra Graduate Hall Building and Medan Hajj Dormitory.

UU No. 12 Tahun 2012. (n.d.). tentang Pendidikan Tinggi.

UU No. 19 Tahun 2016. (n.d.). tentang Informasi dan Transaksi Elektronik .

UU No. 20 Tahun 2003. (n.d.). tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wibowo, A. (2023). Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0. Semarang: Yayasan Prima Agus Teknik.

Winarno. (2013). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan: Isi, Strategi dan Penilaian. Jakarta: Bumi Aksara.

Winarno. (2022). Paradigma Baru: Pendidikan Pancasila. Jakarta: Bumi Aksara.

Winarno, Komalasari, K., & Indrawadi, J. (2023). Authentic assessment in online learning to develop students’ character. Kasetsart Journal of Social Sciences, 44(4), 1096-1098.

Winarno, Muchtarom, M., & Fauziyah, H. (2024). Readiness and efforts of civics teachers in developing literacy and numeracy skills. Journal of Education and Learning (EduLearn), 18(4), 1209-1211.

Wiryopranoto, S., Herlina, N., Marihandono, D., Tangkilisan, Y. B., & Tim Museum Kebangkitan Nasional. (2017). Ki Hajar Dewantara "Pemikiran dan Perjuangan". Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Wulandari, E., Winarno, & Triyanto. (2021). Digital Citizenship Education: Shaping Digital Ethics in Society 5.0. Universal Journal of Educational Research, 9(5), 950-956.

Yusuf, W. F. (2023). METODE PEMBELAJARAN (Strategi, Model Metode, dan Teknis). Pasuruan: Yayasan Pesantren Kontenporer Al-Hilmu.

Zhong, J., Qiu, J., Sun, M., Jin, X., Zhang, J., Guo, Y., . . . Zheng, Y. (2022). To Be Ethical and Responsible Digital To Be Ethical and Responsible Digital Citizens or Not: A Linguistic Analysis of Cyberbullying on Social Media. Frontiers in Psychology, 13(1), 15.

Zvereva, E. (2023). Digital ethics in higher education: Modernizing moral values for effective communication in cyberspace. Online Journal of Communication and Media Technologies, 13(2), 2-14.

Published

2024-12-28

How to Cite

Winarno, W., Destiny, D., & Yuyus Kardiman. (2024). Urgensi Pembelajaran Etika Digital sebagai Upaya Pencegahan Cyberbullying di Perguruan Tinggi. Civic Education: Media Kajian Pancasila Dan Kewarganegaraan, 8(2), 92-108. https://doi.org/10.53682/jce.v8i2.10445