Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Motivasi belajar Siswa Di SMA Negeri 1 Ambon

Authors

DOI:

https://doi.org/10.53682/jce.v8i2.10470

Keywords:

Kompetensi Kepribadian Guru, Motivasi belajar Siswa

Abstract

Kepribadian yang positif dan mendukung cenderung mampu memotivasi siswa untuk belajar dengan baik sehingga seorang guru harus mampu menyampaikan materi pelajaran dengan jelas dan menarik serta dapat memberikan umpan balik yang konstruktif kepada siswa sehingga dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri dan minat siswa dalam pembelajaran Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap motivasi belajar siswa yang ada di SMA Negeri 1 Ambon Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif regreasi karena mencoba mencari hubungan antara variabel kompetensi kepribadian guru X dan motivasi belajar siswa Y Subjek dalam penelitian ini adalah 72 siswa dan 25 guru Berdasarkan hasil analisis Indikator kompetensi kepribadian guru penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi kepribadian guru SMA Negeri 1 Ambon tergolong sedang dengan jumlah guru sebanyak 32 atau 8 orang yang masuk dalam kategori baik Sedangkan Di SMA Negeri 1 Ambon 36 siswa atau 26 siswa memiliki motivasi belajar sedang berdasarkan hasil penelitian dan indikator motivasi belajar yang ada Sehingga kesimpulannya yaitu Terdapat pengaruh yang signifikan keterampilan karakter guru terhadap motivasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Ambon sebesar 4 584 Hal ini berarti bahwa keterampilan karakter guru dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa sehingga apabila keterampilan karakter baik maka motivasi belajar siswa juga baik < p>

References

Astari A 2017 Pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap motivasi belajar siswa maderasah ibtidaiyah raden patah pujon malang 1 14

Desi Rahmatika Muriani M S 2022 Peran Guru dalam Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMPN 7 Kubung

Fitriana S 2019 Konsep Kepribadian Guru Menurut Zakiah Daradjat p 99

Johannes N Y Salamor L Taihuttu E S 2021 Strategi Sekolah Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Kemitraan Dengan Keluarga Sendiri Pada Sd Negeri 2 Hulaliu PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogika Dan Dinamika Pendidikan 9 1 1 10 https: doi org 10 30598 pedagogikavol9issue1page1 10

Lesi Ayu G F Koryati D Jaenudin R 2019 Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas X Program Lintas Minat Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sma Negeri 16 Palembang Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi 6 1 69 79

Mualimul Huda 2017 Kompetensi Kepribadian Guru dan Motivasi Belajar Siswa pdf pdf Jurnal Penelitian

Oktradiksa A 2012 Pengembangan Kualitas Kepribadian Guru Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam 6 2 231 248

Palupi R Anitah S Budiyono 2014 Hubungan antara Motivasi Belajar dan Persepsi Siswa terhadap Kinerja Guru dalam Mengelola Kegiatan Belajar dengan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII di SMPN N 1 Pacitan Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran 2 2 157 170

Prita Indriawati dkk 2023 GAMBARAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PADA ERA MILENIAL Jurnal Homepage Prita Indriawati Ganjar Susilo Dwi S Urya S Aputra Seli 3 1 88 100

Saputri I A D Ayriza Y 2021 Hubungan Perilaku Prososial dengan Persepsi Penerimaan Teman Sebaya pada Remaja Awal Acta Psychologia 3 1 21 28

Ulfi Rokhayanah 2008 Semboyan Ki Hajar Dewantara In Pendidikan Kulonprogokab

Umagap S Salamor L Gaite T 2022 Hidden Curriculum Kurikulum Tersembunyi sebagai wujud pendidikan karakter Studi pada SMK Al Wathan Ambon Jurnal Kewarganegaraan 6 2 5329 5334

Werdayanti A Belakang L 2008 Pengaruh Kompetensi Guru Dalam Proses Belajar Mengajar Di Kelas Dan Fasilitas Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dinamika Pendidikan 3 1 79 92

Yunus Amir 2020 PENGARUH TINGKAH LAKU GURU DAN PENDIDIKAN KELUARGA TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL ANAK DI SDN 7 KOMBA KECAMATAN LAROMPONG KABUPATEN LUWU

Published

2024-12-28

How to Cite

Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Motivasi belajar Siswa Di SMA Negeri 1 Ambon: . (2024). Civic Education: Media Kajian Pancasila Dan Kewarganegaraan, 8(2), 109 119. https://doi.org/10.53682/jce.v8i2.10470