Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Motivasi belajar Siswa Di SMA Negeri 1 Ambon
DOI:
https://doi.org/10.53682/jce.v8i2.10470Keywords:
Kompetensi Kepribadian Guru, Motivasi belajar SiswaAbstract
Kepribadian yang positif dan mendukung cenderung mampu memotivasi siswa untuk belajar dengan baik sehingga seorang guru harus mampu menyampaikan materi pelajaran dengan jelas dan menarik serta dapat memberikan umpan balik yang konstruktif kepada siswa sehingga dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri dan minat siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap motivasi belajar siswa yang ada di SMA Negeri 1 Ambon. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif regreasi karena mencoba mencari hubungan antara variabel kompetensi kepribadian guru(X) dan motivasi belajar siswa(Y). Subjek dalam penelitian ini adalah 72 siswa dan 25 guru. Berdasarkan hasil analisis Indikator kompetensi kepribadian guru penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi kepribadian guru SMA Negeri 1 Ambon tergolong sedang, dengan jumlah guru sebanyak 32% atau 8 orang yang masuk dalam kategori baik. Sedangkan Di SMA Negeri 1 Ambon, 36% siswa atau 26 siswa memiliki motivasi belajar sedang, berdasarkan hasil penelitian dan indikator motivasi belajar yang ada. Sehingga kesimpulannya yaitu Terdapat pengaruh yang signifikan keterampilan karakter guru terhadap motivasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Ambon sebesar 4,584%. Hal ini berarti bahwa keterampilan karakter guru dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa, sehingga apabila keterampilan karakter baik maka motivasi belajar siswa juga baik.
References
Astari, A. (2017). Pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap motivasi belajar siswa maderasah ibtidaiyah raden patah pujon malang. 1–14.
Desi Rahmatika, Muriani, & M. S. (2022). Peran Guru dalam Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMPN 7 Kubung.
Fitriana, S. (2019). Konsep Kepribadian Guru Menurut Zakiah Daradjat (p. 99).
Johannes, N. Y., Salamor, L., & Taihuttu, E. S. (2021). Strategi Sekolah Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Kemitraan Dengan Keluarga Sendiri Pada Sd Negeri 2 Hulaliu. PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogika Dan Dinamika Pendidikan, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.30598/pedagogikavol9issue1page1-10
Lesi Ayu, G. F., Koryati, D., & Jaenudin, R. (2019). Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas X Program Lintas Minat Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sma Negeri 16 Palembang. Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 6(1), 69–79.
Mualimul Huda. (2017). Kompetensi Kepribadian Guru dan Motivasi Belajar Siswa.pdf.pdf. Jurnal Penelitian.
Oktradiksa, A. (2012). Pengembangan Kualitas Kepribadian Guru. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 231–248.
Palupi, R., Anitah, S., & Budiyono. (2014). Hubungan antara Motivasi Belajar dan Persepsi Siswa terhadap Kinerja Guru dalam Mengelola Kegiatan Belajar dengan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII di SMPN N 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 157–170.
Prita Indriawati dkk. (2023). GAMBARAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PADA ERA MILENIAL. Jurnal Homepage Prita Indriawati, Ganjar Susilo, Dwi S Urya S Aputra, Seli, 3(1), 88–100.
Saputri, I. A. D., & Ayriza, Y. (2021). Hubungan Perilaku Prososial dengan Persepsi Penerimaan Teman Sebaya pada Remaja Awal. Acta Psychologia, 3(1), 21–28.
Ulfi Rokhayanah. (2008). Semboyan Ki Hajar Dewantara. In Pendidikan.Kulonprogokab.
Umagap, S., Salamor, L., & Gaite, T. (2022). Hidden Curriculum ( Kurikulum Tersembunyi ) sebagai wujud pendidikan karakter ( Studi pada SMK Al-Wathan Ambon ). Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 5329–5334.
Werdayanti, A., & Belakang, L. (2008). Pengaruh Kompetensi Guru Dalam Proses Belajar Mengajar Di Kelas Dan Fasilitas Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Dinamika Pendidikan, 3(1), 79–92.
Yunus Amir. (2020). PENGARUH TINGKAH LAKU GURU DAN PENDIDIKAN KELUARGA TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL ANAK DI SDN 7 KOMBA KECAMATAN LAROMPONG KABUPATEN LUWU.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Vivin Ayuasthika, Lisye Salamor, Marlyen sharly Sapulette
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.