Pengaruh Nilai Guna Taman Baca terhadap Minat Baca Siswa Studi Kasus SMP N 18 Maluku Tengah

Authors

  • Hamdani Hatuwe Universitas Pattimura
  • Lisye salamor Universitas Pattimura
  • Marlyen Sharly Sapulette Universitas Pattimura

DOI:

https://doi.org/10.53682/jce.v8i2.10478

Keywords:

Taman baca, Minat baca

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengevaluasi pengaruh .​ nilai guna taman baca terhadap minat baca siswa Smp Negeri 18 Maluku Tengah. Penelitian ini dilakukan di SMP N 18 Maluku Tengah dengan sampel sebanyak 28 siswa dari kelas VIII-1, dengan waktu penelitian dari tanggal 14 agustus 2024 – 14 september 2024. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif dengan berbagai uji analisis data . dari kuesioner. Dengan hipotesis H1 : adanya pengaruh nilai guna taman baca terhadap minat baca siswa. H0 : tidak adanya pengaruh nilai guna taman Membaca berdasarkan kebutuhan membaca siswa . Hal ini ditunjukkan oleh hasil penelitian . data tersebut akurat dan dapat diandalkan . Uji regresi adalah 530.823 Koefisien determinasi ( R2 ) adalah 0,324. Ini menunjukkan bahwa . 32.4% terlibat dalam pengaruh nilai guna taman baca terhadap minat membaca siswa di SMP N 18 Maluku Tengah dan sisanya 67 .​6% dipengaruhi oleh faktor lain . Dan dengan mendukung Hasil wawancara terhadap 10 responden dan observasi mahasiswa di wilayah penelitian peneliti .​ada yang mengatakan bahwa dampak nilai kegunaan taman baca tersebut diikuti hasil yang baik bagi minat siswa di SMP.N 18 Maluku Tengah.

References

Ali, N. N. (2021). Teori Nilai Guna (Utility). Univesitas Islam Negeri, 1–15.

Arbah, F., & Henny Herawaty. (2013). Hubungan Antara Taman Bacaan Masyarakat dan Minat Baca. Jurnal Akrab, 4(1), 16.

Djollong, A. F. (2014). Teknik Pelaksanaan Penelitian Kuantitatif (Technique of Quantiative Research). Istiqra’, 2(1), 86–100.

Handayani, 2020. (2018). Metodologi penelitian. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2020, 10–27.

Irman syarif, E. (2020). Pengadaan Taman Baca Dan Perpustakaan Keliling Sebagai Solusi Cerdas Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik SDN 30 Parombean Kecamatan Curio. Maspul Journal of Community Empowerment, 1(1), 109–117.

Novayaturrahmi. (12 C.E.). Dampak keberadaan taman pendidikan masyarakat tanyoe (tpmt) terhadap minat baca anak di gampong lambirah aceh besar. 60.

Saepudin, A., & Mentari, B. N. (2016). Menumbuhkan Minat Baca Masyarakat Melalui Taman Bacaan Masyarakat Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Kwangsan, 4(1), 43. https://doi.org/10.31800/jurnalkwangsan.v4i1.34

Salamor, L. (2022). JURNAL MORAL KEMASYARAKATAN Aktualisasi Karakter Disiplin Dalam Pengembangan Self- Regulated Learning Melalui Intervensi Model Classroom Community Patnership. 7(2), 168–176.

Salamor, L., Gaite, T., & Bella, F. N. (2022). Pedagogika : Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan PENGARUH KEMAMPUAN LITERASI TERHADAP PEMAHAMAN NILAI-NILAI THE EFFECT OF LITERACY ABILITY ON UNDERSTANDING PANCASILA VALUES IN GRADE II STUDENTS OF SD NEGERI 64 AMBON Keyword : Influence , Literacy Ability , Pancasila Values Submitted : 26 September 2022 Accepted : 30 Oktober 2022 PENDAHULUAN Budaya literasi termasuk kebiasaan membaca belum menjadi budaya di masyarakat Indonesia . Indonesia menempati peringkat ke-60 dari 61 negara minat membaca , menurut studi “ Most Littered Nation In The World ” yang dilakukan oleh Central Connecticut State University pada maret 2016 . Hal ini sangat mengkhawatirkan , terutama mengingat peringkat Indonesia lebih tinggi dari negara-negara Eropa dalam hal evaluasi infrastruktur ( Gewati , 2016 ). Selain itu , menurut Internasional Education Achievement ( IEA ), kemampuan membaca siswa sekolah dasar di Indonesia berada pada urutan ke-38 dari 39 negara peserta studi , yang berarti Indonesia menempati urutan ke-38 dari 39 negara . ( Romdhoni , 2013 ) menyatakan bahwa literasi adalah peristiwa sosial yang melibatkan keterampilan khusus yang diperlukan untuk menyampaikan dan menerima informasi dalam bentuk tulisan . Secara tradisional , literasi dianggap sebagai kemampuan membaca dan menulis . Orang yang tidak dapat membaca dan menulis disebut buta huruf . Sebaliknya , orang yang dapat membaca dan menulis dapat disebut bebas buta huruf . Pemahaman literasi dimulai dengan keterampilan membaca , menulis , berbicara dan mendengarkan ( Gipayana , 2004 ). Seiring berjalannya waktu , pemahaman kita tentang literasi juga telah bergeser dari pengertian yang sempit menuju pengertian literasi yang lebih luas , dengan meliputi berbagai bidang penting lainnya . Perubahan ini disebabkan oleh berbagai faktor , baik dari faktor perluasan makna akibat semakin luas penggunaannya , faktor perkembangan teknologi informasi dan komunikasi , maupun juga faktor perubahan analogi ( Abidin , 2017 ). Literasi dimaknai sebagai kemampuan membaca dan menulis dengan menggunakan sistem bahasa tulis ( Rohmah , 2018 ). Walau literasi masih sebatas aktivitas membaca dan menulis , literasi telah mengandung aktivitas yang kompleks , yang terkait dengan kunci dalam mendapatkan dan menggunakan ilmu pengetahuan untuk menunjang kehidupan seseorang . Dapat disimpulkan bahwa literasi adalah usaha seseorang untuk dapat lebih memahami , menemukan , serta bagaimana menggunakan informasi yang didapatkan melalui aktiv…. 10(2).

Sinjai, D. I. M. I. N. (2023). Pengaruh taman baca terhadap literasi membaca siswa kelas v di min 2 sinjai skripsi.

Tarbiyah, F., & Keguruan, D. A. N. (2016). Pengaruh kecerdasan intelektual (iq) tehadap hasil belajar matematika siswa kelas xi sma negeri 1 bontonompo kabupaten gowa.

Published

2024-12-30

How to Cite

Hatuwe, H., salamor, L., & Sapulette, M. S. (2024). Pengaruh Nilai Guna Taman Baca terhadap Minat Baca Siswa Studi Kasus SMP N 18 Maluku Tengah. Civic Education: Media Kajian Pancasila Dan Kewarganegaraan, 8(2), 120-129. https://doi.org/10.53682/jce.v8i2.10478