Pengaruh Nilai Guna Taman Baca terhadap Minat Baca Siswa Studi Kasus SMP N 18 Maluku Tengah

Authors

DOI:

https://doi.org/10.53682/jce.v8i2.10478

Keywords:

Taman baca, Minat baca

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengevaluasi pengaruh nilai guna taman baca terhadap minat baca siswa Smp Negeri 18 Maluku Tengah Penelitian ini dilakukan di SMP N 18 Maluku Tengah dengan sampel sebanyak 28 siswa dari kelas VIII 1 dengan waktu penelitian dari tanggal 14 agustus 2024 14 september 2024 Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif dengan berbagai uji analisis data dari kuesioner Dengan hipotesis H< strong>1< sub> : < strong>adanya pengaruh nilai guna taman baca terhadap minat baca siswa H< strong>0< sub> : < strong>tidak adanya pengaruh nilai guna taman Membaca berdasarkan kebutuhan membaca siswa Hal ini ditunjukkan oleh hasil penelitian data tersebut akurat dan dapat diandalkan Uji regresi adalah 530 823 Koefisien determinasi R2 adalah 0 324 Ini menunjukkan bahwa 32 4 terlibat dalam pengaruh nilai guna taman baca terhadap minat membaca siswa di SMP N 18 Maluku Tengah dan sisanya 67 6 dipengaruhi oleh faktor lain Dan dengan mendukung Hasil wawancara terhadap 10 responden dan observasi mahasiswa di wilayah penelitian peneliti ada yang mengatakan bahwa dampak nilai kegunaan taman baca tersebut diikuti hasil yang baik bagi minat siswa di SMP N 18 Maluku Tengah < p>

References

Ali N N 2021 Teori Nilai Guna Utility Univesitas Islam Negeri 1 15

Arbah F Henny Herawaty 2013 Hubungan Antara Taman Bacaan Masyarakat dan Minat Baca Jurnal Akrab 4 1 16

Djollong A F 2014 Teknik Pelaksanaan Penelitian Kuantitatif Technique of Quantiative Research Istiqra 2 1 86 100

Handayani 2020 2018 Metodologi penelitian Angewandte Chemie International Edition 6 11 951 952 2020 10 27

Irman syarif E 2020 Pengadaan Taman Baca Dan Perpustakaan Keliling Sebagai Solusi Cerdas Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik SDN 30 Parombean Kecamatan Curio Maspul Journal of Community Empowerment 1 1 109 117

Novayaturrahmi 12 C E Dampak keberadaan taman pendidikan masyarakat tanyoe tpmt terhadap minat baca anak di gampong lambirah aceh besar 60

Saepudin A Mentari B N 2016 Menumbuhkan Minat Baca Masyarakat Melalui Taman Bacaan Masyarakat Berbasis Teknologi Informasi Jurnal Kwangsan 4 1 43 https: doi org 10 31800 jurnalkwangsan v4i1 34

Salamor L 2022 JURNAL MORAL KEMASYARAKATAN Aktualisasi Karakter Disiplin Dalam Pengembangan Self Regulated Learning Melalui Intervensi Model Classroom Community Patnership 7 2 168 176

Salamor L Gaite T Bella F N 2022 Pedagogika : Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan PENGARUH KEMAMPUAN LITERASI TERHADAP PEMAHAMAN NILAI NILAI THE EFFECT OF LITERACY ABILITY ON UNDERSTANDING PANCASILA VALUES IN GRADE II STUDENTS OF SD NEGERI 64 AMBON Keyword : Influence Literacy Ability Pancasila Values Submitted : 26 September 2022 Accepted : 30 Oktober 2022 PENDAHULUAN Budaya literasi termasuk kebiasaan membaca belum menjadi budaya di masyarakat Indonesia Indonesia menempati peringkat ke 60 dari 61 negara minat membaca menurut studi Most Littered Nation In The World yang dilakukan oleh Central Connecticut State University pada maret 2016 Hal ini sangat mengkhawatirkan terutama mengingat peringkat Indonesia lebih tinggi dari negara negara Eropa dalam hal evaluasi infrastruktur Gewati 2016 Selain itu menurut Internasional Education Achievement IEA kemampuan membaca siswa sekolah dasar di Indonesia berada pada urutan ke 38 dari 39 negara peserta studi yang berarti Indonesia menempati urutan ke 38 dari 39 negara Romdhoni 2013 menyatakan bahwa literasi adalah peristiwa sosial yang melibatkan keterampilan khusus yang diperlukan untuk menyampaikan dan menerima informasi dalam bentuk tulisan Secara tradisional literasi dianggap sebagai kemampuan membaca dan menulis Orang yang tidak dapat membaca dan menulis disebut buta huruf Sebaliknya orang yang dapat membaca dan menulis dapat disebut bebas buta huruf Pemahaman literasi dimulai dengan keterampilan membaca menulis berbicara dan mendengarkan Gipayana 2004 Seiring berjalannya waktu pemahaman kita tentang literasi juga telah bergeser dari pengertian yang sempit menuju pengertian literasi yang lebih luas dengan meliputi berbagai bidang penting lainnya Perubahan ini disebabkan oleh berbagai faktor baik dari faktor perluasan makna akibat semakin luas penggunaannya faktor perkembangan teknologi informasi dan komunikasi maupun juga faktor perubahan analogi Abidin 2017 Literasi dimaknai sebagai kemampuan membaca dan menulis dengan menggunakan sistem bahasa tulis Rohmah 2018 Walau literasi masih sebatas aktivitas membaca dan menulis literasi telah mengandung aktivitas yang kompleks yang terkait dengan kunci dalam mendapatkan dan menggunakan ilmu pengetahuan untuk menunjang kehidupan seseorang Dapat disimpulkan bahwa literasi adalah usaha seseorang untuk dapat lebih memahami menemukan serta bagaimana menggunakan informasi yang didapatkan melalui aktiv 10 2

Sinjai D I M I N 2023 Pengaruh taman baca terhadap literasi membaca siswa kelas v di min 2 sinjai skripsi

Tarbiyah F Keguruan D A N 2016 Pengaruh kecerdasan intelektual iq tehadap hasil belajar matematika siswa kelas xi sma negeri 1 bontonompo kabupaten gowa

Published

2024-12-30

How to Cite

Pengaruh Nilai Guna Taman Baca terhadap Minat Baca Siswa Studi Kasus SMP N 18 Maluku Tengah. (2024). Civic Education: Media Kajian Pancasila Dan Kewarganegaraan, 8(2), 120 129. https://doi.org/10.53682/jce.v8i2.10478