Dampak Perceraian Orang Tua terhadap Pendidikan Anak di Desa Gorua Utara Kabupaten Halmahera Utara
DOI:
https://doi.org/10.53682/jce.v8i2.10681Keywords:
Perceraian, Orang Tua, Pendidikan Anak, Desa Gorua UtaraAbstract
Penelitian ini didorong oleh keprihatinan peneliti terhadap fenomena perceraian orang tua yang antara lain disebabkan oleh kekerasan dalam rumah tangga KDRT persoalan finansial adanya orang ketiga perselingkuhan dsb Perceraian tidak hanya berdampak kepada orang tua saja melainkan berdampak buruk juga terhadap kondisi kejiwaan dan pendidikan anak sebagaimana fenomena yang terjadi di Desa Gorua Utara Kecamatan Tobelo Utara Kabupaten Halmahera Utara Tujuan penelitian ini untuk memperoleh informasi tentang sejauhmana dampak perceraian orang tua terhadap pendidikan anak di Desa Gorua Utara Adapun penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus Hasil penelitian menggambarkan bahwa: 1 dampak perceraian orang tua terhadap pendidikan anak di Desa Gorua Utara Kecamatan Tobelo Utara Kabupaten Halmahera Utara diantaranya: a anak mengalami gangguan psikologis dan mental seperti menyalahkan diri sendiri rasa kehilangan serta rasa putus asa; dan b prestasi pendidikan anak menjadi buruk karena hilangnya konsentrasi motivasi dan semangat belajar 2 upaya yang dapat dilakukan untuk menangani masalah pendidikan anak akibat perceraian orang tua yaitu memberikan dukungan psikososial kepada anak oleh stakeholder< em> seperti Pemerintah Desa KUA pihak Sekolah dan Tokoh Masyarakat mengawasi pergaulan anak korban perceraian serta memberikan bantuan finasial untuk kelanjutan pendidikan anak < p>
References
Ardini P P Utoyo S Juniarti Y 2019 Tumbuh Kembang Anak Broken Home Jurnal Pelita PAUD 4 1 114 123
Ariyanto K 2023 Dampak Keluarga Broken Home Terhadap Anak Metta : Jurnal Ilmu Multidisiplin 3 1 15 23 https: doi org 10 37329 metta v3i1 2380
Firdausi N I A Hotifah Y Simno I M 2020 Psychological Dynamics of Young People on Broken Home Families Acta Counseling and Humanities 1 1 31 41 https: doi org 10 46637 ach v1i1 10
Mahendra J P Rahayu F Ningsih B S 2022 Dampak Keluarga Broken Home Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5 6 Tahun Studi Kasus Di Tk Sedesa Tegal Maja Lombok Utara JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala 7 2 https: doi org 10 58258 jupe v7i2 3824
Miles M B Huberman A M 2014 Analisis data kualitatif: buku sumber tentang metode metode baru UI Press
Nasution R 2020 Peran Tokoh Masyarakat Dalam Mengatasi Perilaku Menyimpang Remaja Di Desa Lumbandolok Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal Doctoral Dissertation Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Noe W Hasmawati H Rumkel N 2021 Pendidikan Kewarganegaraan sebagai wahana pendidikan Karakter menurut pemikiran Udin S Winataputra Untirta Civic Education Journal 6 1 40 57
Rachmawati N D Noe W 2014 Hubungan Disiplin Belajar dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pkn di Sekolah Dasar Negeri Sumber Jaya 04 Tambun Selatan Kabupaten Bekasi Pedagogik: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2 2 20 25
Sugiyono 2018 Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R D Alfabeta
Thalib S B 2009 Psikologi Perilaku Kekerasan berbasis Analisis Model Persamaan Struktural UNM
Unayah N Sabarisman M 2015 Fenomena kenakalan remaja dan kriminalitas Sosio Informa: Kajian Permasalahan Sosial Dan Usaha Kesejahteraan Sosial 1 2
Wahyudin N 2012 PERILAKU KEKERASAN MAHASISWA DALAM MENYAMPAIKAN PENDAPAT DI MUKA UMUM MELALUI DEMONSTRASI: Studi Kasus Mahasiswa di Kota Makassar dalam Kegiatan Demonstrasi Universitas Pendidikan Indonesia
Windri R N Erizon N Primawati P Abadi Z 2022 Pengaruh Kondisi Broken Home Terhadap Motivasi Belajar Siswa Jurusan Teknik Mesin di Smk Negeri 1 Bukittinggi Studi Fenomenologi Pada Tiga Anak Broken Home Jurnal Vokasi Mekanika 4 2 103 106


