Dampak Perceraian Orang Tua terhadap Pendidikan Anak di Desa Gorua Utara Kabupaten Halmahera Utara
DOI:
https://doi.org/10.53682/jce.v8i2.10681Keywords:
Perceraian, Orang Tua, Pendidikan Anak, Desa Gorua UtaraAbstract
Penelitian ini didorong oleh keprihatinan peneliti terhadap fenomena perceraian orang tua yang antara lain disebabkan oleh kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), persoalan finansial, adanya orang ketiga/perselingkuhan, dsb. Perceraian tidak hanya berdampak kepada orang tua saja, melainkan berdampak buruk juga terhadap kondisi kejiwaan dan pendidikan anak sebagaimana fenomena yang terjadi di Desa Gorua Utara, Kecamatan Tobelo Utara, Kabupaten Halmahera Utara. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh informasi tentang sejauhmana dampak perceraian orang tua terhadap pendidikan anak di Desa Gorua Utara. Adapun penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Hasil penelitian menggambarkan bahwa: 1) dampak perceraian orang tua terhadap pendidikan anak di Desa Gorua Utara, Kecamatan Tobelo Utara, Kabupaten Halmahera Utara, diantaranya: a) anak mengalami gangguan psikologis dan mental seperti menyalahkan diri sendiri, rasa kehilangan, serta rasa putus asa; dan b) prestasi pendidikan anak menjadi buruk karena hilangnya konsentrasi, motivasi dan semangat belajar. 2) upaya yang dapat dilakukan untuk menangani masalah pendidikan anak akibat perceraian orang tua yaitu memberikan dukungan psikososial kepada anak oleh stakeholder seperti Pemerintah Desa, KUA, pihak Sekolah dan Tokoh Masyarakat, mengawasi pergaulan anak korban perceraian, serta memberikan bantuan finasial untuk kelanjutan pendidikan anak.
References
Ardini, P. P., Utoyo, S., & Juniarti, Y. (2019). Tumbuh Kembang Anak Broken Home. Jurnal Pelita PAUD, 4(1), 114–123.
Ariyanto, K. (2023). Dampak Keluarga Broken Home Terhadap Anak. Metta : Jurnal Ilmu Multidisiplin, 3(1), 15–23. https://doi.org/10.37329/metta.v3i1.2380
Firdausi, N. I. A., Hotifah, Y., & Simno, I. M. (2020). Psychological Dynamics of Young People on Broken Home Families. Acta Counseling and Humanities, 1(1), 31–41. https://doi.org/10.46637/ach.v1i1.10
Mahendra, J. P., Rahayu, F., & Ningsih, B. S. (2022). Dampak Keluarga Broken Home Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun (Studi Kasus Di Tk Sedesa Tegal Maja Lombok Utara). JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 7(2). https://doi.org/10.58258/jupe.v7i2.3824
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2014). Analisis data kualitatif: buku sumber tentang metode-metode baru. UI-Press.
Nasution, R. (2020). Peran Tokoh Masyarakat Dalam Mengatasi Perilaku Menyimpang Remaja Di Desa Lumbandolok Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal. (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).
Noe, W., Hasmawati, H., & Rumkel, N. (2021). Pendidikan Kewarganegaraan sebagai wahana pendidikan Karakter menurut pemikiran Udin S. Winataputra. Untirta Civic Education Journal, 6(1), 40–57.
Rachmawati, N. D., & Noe, W. (2014). Hubungan Disiplin Belajar dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pkn di Sekolah Dasar Negeri Sumber Jaya 04 Tambun Selatan Kabupaten Bekasi. Pedagogik: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 20–25.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Thalib, S. B. (2009). Psikologi Perilaku Kekerasan berbasis Analisis Model Persamaan Struktural. UNM.
Unayah, N., & Sabarisman, M. (2015). Fenomena kenakalan remaja dan kriminalitas. Sosio Informa: Kajian Permasalahan Sosial Dan Usaha Kesejahteraan Sosial, 1(2).
Wahyudin, N. (2012). PERILAKU KEKERASAN MAHASISWA DALAM MENYAMPAIKAN PENDAPAT DI MUKA UMUM MELALUI DEMONSTRASI: Studi Kasus Mahasiswa di Kota Makassar dalam Kegiatan Demonstrasi. Universitas Pendidikan Indonesia.
Windri, R. N., Erizon, N., Primawati, P., & Abadi, Z. (2022). Pengaruh Kondisi Broken Home Terhadap Motivasi Belajar Siswa Jurusan Teknik Mesin di Smk Negeri 1 Bukittinggi (Studi Fenomenologi Pada Tiga Anak Broken Home). Jurnal Vokasi Mekanika, 4(2), 103–106.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Wahyudin Noe, Tirai Seng, Fatimah Sialana, Hasmawati Hasmawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.