Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMP PGRI Poopo Kabupaten Bolaang Mongondow
DOI:
https://doi.org/10.53682/jce.v8i2.11028Keywords:
Penguatan, Profil, Pelajar, PancasilaAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh semakin memudarnya pemuda dan asas-asas pada penguatan profil pelajar pancasila di SMP PGRI Poopo Kabupaten Bolaang Mongondow. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penguatan profil pelajar pancasila pada siswa. Metode penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif dimana data diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Fokus utama penelitian ini mencakup indikator penguatan profil pelajar pancasila yang sub indikatornya terdiri dari dimensi beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, mandiri, bergotong-royong, berkebhinekaan global, bernalar kritis, dan reatif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penguatan profil pelajar pancasila pada siswa di SMP PGRI Poopo dengan menerapkan dimensi yang ada sudah sangat optimal, pembentukan karakter positif pada siswa sudah mampu diterapkan oleh guru, permasalahan yang terjadi sudah dapat diatasi dengan baik, serta kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan di sekolah sudah berjalan sangat baik.
References
Aji, H. M., Muslichah, I., & Seftyono, C. (2021). The determinants of Muslim travellers’ intention to visit non-Islamic countries: a halal tourism implication. Journal of Islamic Marketing, 12(8), 1553-1576.
Aritonang, J. (2018). Peningkatan Pengetahuan Ibu Tentang Imunisasi Pentabio Lanjutan Setelah Pemberian Pendidikan Kesehatan Di Puskesmas Lampaseh Aceh. Jurnal Riset Kesehatan Nasional, 2(2), 173-179.
Biringan, J. (2014). Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Nilai Moral dan Budi Pekerti.
Candra, Y. K. A., Pratama, D. S., & Sari, D. V. (2022). the effect of giving exercise therapy with the mckenzie method in the elderly to reduce the pain of hernia nucleuspulposus (hnp). Physiotherapy and Physical Rehabilitation Journal, 1(2), 19-23.
Derung, T. N. 2019. Gotong royong dan Indonesia. SAPA-Jurnal Kateketik dan Pastoral, 4(1), 5-13.
Effendi, T. N. 2013. Budaya Gotong-Royong Masyarakat dalam Perubahan Sosial Saat Ini. Jurnal Pemikiran Sosiologi, 2(1).
Gunawan, R. Z., & Najicha, F. U. (2022). Peran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membangun Karakter Moral Pelajar di Era Modern. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 422-427.
Hadiyati, Ernani. 2011. Kreativitas dan Inovasi Berpengaruh Terhadap Kewirausahaan Usaha Kecil. Jurnal Manajemen dan Kewirausahan Vol 13, 8-16. Diakses dari:
Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. 2022. Profil pelajar Pancasila sebagai upaya mewujudkan karakter bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224-1238.
Kahfi, A. 2022. Implementasi profil pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap karakter siswa di sekolah. DIRASAH: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 138-151.
Kurniawaty, I., Faiz, A., & Purwati, P. 2022. Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5170- 5175.
Lonto, A. L., & Pangalila, T. 2019. The existence of Pancasila Values in the Disrupted Era. In 1st International Conference on Education Social Sciences and Humanities (ICESSHum 2019) (pp. 145-149). Atlantis Press. Maulida, U. (2022). Pengembangan modul ajar berbasis kurikulum merdeka.
Tarbawi: jurnal pemikiran dan pendidikan islam, 5(2), 130-138.
Muhamad Lutfi Hakim, M. L. H. (2023). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas 4 Sdi Fitra Bhakti Pudakpayung Banyumanik Kota Semarang Tahun
Pelajaran 2023/2024 (Doctoral dissertation, UPT. Perpustakaan Undaris).
Noor, T. 2018. Rumusan tujuan pendidikan nasional pasal 3 undang-undang sistem pendidikan nasional No 20 Tahun 2003. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 2(01).
Nurgiansah, T. H. 2021. Pendidikan Pancasila sebagai upaya membentuk karakter jujur. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(1), 33-41.
Nurgiansah, T. H. 2021. Pendidikan Pancasila. CV. Mitra Cendekia Media. Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915.
Nurgiansah, T. H. 2022. Pendidikan Pancasila sebagai Upaya Membentuk Karakter Religius. Jurnal Basicedu, 6(4), 7310–7316.
Nurjanah, K., & Saadah, H. (2022). Implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila dengan tema suara demokrasi di SMK Setia Karya. In Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agung IV (Vol. 4, No. 1).
Poerwadarminta. 2007. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: PN Balai Pustaka.
Prasasti, T. I. 2023. bab vi unsur-unsur pendidikan. Pengantar
Pendidikan, 82.
Rachman, F., Haddad, R. S. M., & Nurgiansah, T. H. (2022). Implementasi nilai- nilai budaya sunda dalam pendidikan pancasila dan kewarganegaraan di madrasah aliyah negeri purwakarta. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 252- 262.
Rahayu, D. N. O., Sundawa, D., & Wiyanarti, E. 2023. Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Dalam Membentuk Karakter Masyarakat Global. Visipena, 14(1), 14-28.
Ristek, K. (2021). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1-108.
Rusnaini, R., Raharjo, R., Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi profil pelajar pancasila dan implikasinya terhadap ketahanan pribadi siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230-249.
Sudrajat, Ajat. 2014. Nilai-Nilai Budaya Gotong Royong Etnik Betawi Sebagai Sumber Pembelajaran IPS. Disertasi, Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia.
Sujana, I. W. C. 2019. Fungsi dan tujuan pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29-39.
Sulastri, S., Syahril, S., Adi, N., & Ermita, E. 2022. Penguatan pendidikan karakter melalui profil pelajar pancasila bagi guru di sekolah dasar. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(3), 413-420.
Syakoer, M. 2022. Pengaruh tingkat ekonomi orang tua terhadap jenjang pendidikan anak. Ulil Albab: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(3), 522- 528.
Vinet, L., & Zhedanov, A. (2011). A ‘missing’family of classical orthogonal polynomials. Journal of Physics A: Mathematical and Theoretical, 44(8), 085201.
Wahyudin. 2012. Filsafat dan Model-model Pembelajaran Matematika. Bandung: Mandiri.
Wibiyanto, F. S., & Muhibbin, A. 2021. Analisis Faktor Pendukung Dan Penghambat Pembentukan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah. (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Widayati, S. 2020. Gotong Royong. Alprin.
Yaumi. 2012. Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligenses, Jakarta: PT Dian Rakyat.