Keterampilan Guru Mengadakakan Variasi Guna Meningkatkan Minat Belajar Siswa

Authors

  • Romi Mesra Universitas Negeri Manado
  • Rodearni Br Sinaga Universitas Negeri Manado
  • Pricilia Poges Universitas Negeri Manado
  • Sutrika Rey Universitas Negeri Manado
  • Ofzyah Suliono Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/jce.v7i2.8342

Keywords:

Keterampilan Guru, Variasi, Minat Belajar

Abstract

Adapun tujuan dari penulisan artikel ini  untuk mengetahui keterampilan guru dalam mengadakan variasi dalam meningkatkan minat belajar siswa di sekolah khususnya di SD Inpres Timbukar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif, dimana penelitian deskriptif bertujuan untuk mendeskripsikan tentang bagaimana keterampilan guru dalam mengadakan variasi guna meningkatkan minat belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum terdiri atas beberapa tahap yaitu tahap pra-lapangan, tahap pekerjaan lapangan, dan tahap analis data. penerapan keterampilan guru dalam mengadakan variasi guna mengingkatkan minat belajar siswa di SD Inpres Timbukar yaitu masih belum bisa dikatakan cukup dalam peningkatan minat belajar dalam mengadakan variasi yakni sebanyak 45%.  Dalam penerapan mengadakan variasi guna meningkatkan minat belajar siswa masih terdapat beberapa hal-hal yang tidak optimal seperti dalam penggunaan media maupun model pembelajaran yang masih harus perlu di tingkatkan dengan cara direncanakan atau dilaksanakannya model varisi dengan tujuan untuk perbaikan minat belajar siswa.

References

Imbar, M., Sihombing, R., Najoan, M., & Mesra, R. (2023). Use of Infocus Media and Power Point Slides To Improve Learning Outcomes of Indonesian History Class X IPS 1 SMA Negeri 1 Sungai Lala Academic Year 2019/2020. Technium Social Sciences Journal, 49, 166–175.

Mesra, R., & Dolonseda, H. P. (2023). Kolaborasi Perguruan Tinggi , UMKM , dan Masyarakat dari Sudut Pandang. Jurnal Pendidikan Mandala, 8(2), 481–486.

Mesra, R., Erianjoni, E., Tuerah, P. R., Hamsa, H., Telaumbanua, R. A., Lase, K., & Gea, M. H. (2023). Teacher Skills in Leading Small Group Discussions to Class III Students of SD Inpres 10/73 Pandu. Technium Social Sciences Journal, 49, 1–8.

Mesra, R., Tagaku, A., Simbar, T., Wangkanusa, S., Mangar, S., Podung, O. A. C., & Andale, A. (2023). Basic Teaching Skills for Teachers at SD GP Kumelembuai. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 7(September), 1120–1127.

Mesra, R., Tuerah, P. R., & Hidayat, M. F. (2023). Strategi Guru dalam Menjelaskan Materi guna Meningkatkan Nilai Mata Pelajaran Siswa di SD Inpres Taratara 1. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 9(3), 723–736.

Moleong, l.exy J. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosda Karya.

Romi Mesra, Theodorus Pangalila, Abzan Laebe, Risal, N. R. (2023). Analisis Keterampilan Guru Dalam Menutup Pembelajaran Guna Mencapai Tujuan Pembelajaran dan Membentuk Karakter Siswa di SD Inpres Kema III. 7(1), 28–36.

Santie, Y. D. A., & Mesra, R. (2022). Manajemen Kelas Dosen Pendidikan Sosiologi Unima dalam Meningkatkan Semangat Belajar Mahasiswa pada Pembelajaran Online. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(3), 1039. https://doi.org/10.32884/ideas.v8i3.958

Sugiyono. (2014). Management Research Methods. Alphabeta Publishe.

Sumual, S. D. M., Tuerah, P. R., Pontoh, L. F., Taroreh, O., Repi, F., & Mesra, R. (2023). Implikasi Terbatasnya Infrastruktur Dalam Upaya Mencapai Tujuan Pendidikan. 8(2), 418–424.

Tuerah, P. R., Mokoagow, R. R., Ansyu, S., & Mesra, R. (2023). Faktor-Faktor Yang Menghambat Keaktifan Belajar Siswa Kelas IV SD Inpres Timbukar Tahun Ajaran 2022 / 2023. 8(2), 412–417.

Published

2023-12-17

How to Cite

Mesra, R., Sinaga, R. B. ., Poges, P. ., Rey, S. ., & Suliono, O. . (2023). Keterampilan Guru Mengadakakan Variasi Guna Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Civic Education: Media Kajian Pancasila Dan Kewarganegaraan, 7(2), 113-119. https://doi.org/10.53682/jce.v7i2.8342