Efektivitas Pemanfaatan Media Berbasis Game (Wordwall) Dalam Melakukan Evaluasi Pembelajaran Terhadap Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
DOI:
https://doi.org/10.53682/jce.v7i2.8345Keywords:
Efektivitas, Wordwall, Evaluasi PembelajaranAbstract
Pendidikan dapat ditempuh oleh semua orang namun yang dapat memberikan pembelajaran pada satuan pendidikan hanyalah seseorang yang memiliki profesi sebagai seorang pendidik. Seorang pendidik harus pandai-pandai dalam merancang rangakaian pembelajaran termaksud rancangan evaluasi terhadap pembelajaran seorang pendidik harus bisa mendidik dengan mengikut pada perkembangan zaman yang ada. Pada zaman abad 21 pembelajaran dituntut untuk diintegrasikan dengan teknologi oleh karena itu pendidik harus pandai-pandai dalam memilih media yang efektif untuk digunakan. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan media berupa Wordwall untuk dimanfaatkan dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan instrumen tes evaluasi, wawancara terhadap peserta didik kelas XA serta dokumentasi. Hasil penelitian pemanfaatan media Wordwall efektif digunakan dalam evaluasi pembelajaran untuk menguji pemahaman peserta didik terhadap materi PPKn. Aplikasi Wordwall dapat meningkatkan semangat peserta didik dalam pembelajaran dan membantu peserta didik untuk mengingat materi yang diajarkan.
References
Abdussamad, H. Z., & SIK, M. S. (2021). Metodepenelitiankualitatif. CV. Syakir Media Press.
Arifin, Z. (2009). Evaluasipembelajaran (Vol. 8). Bandung: RemajaRosdakarya.
Arikunto, S. (2014). Prosedur penelitian, suatu pendektan praktik, PT Rineka Cipta
Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan media dalampembelajaran. JurnalLingkarWidyaiswara, 1(4), 104-117.
Febriana, R. (2021). Evaluasipembelajaran.BumiAksara
Indonesia, U. U. R. (2003). Sistempendidikannasional. Jakarta: DirektoratPendidikanMenengahUmum.
Peraturan Mentri Pendidikan Nasional Nomor 16 tahun 2007
Pujianto, A. A., Degeng, I. N. S., &Sugito, S. (2020). PengaruhpenggunaanaplikasiPlantnetdangayabelajarterhadaphasilbelajar. JurnalInovasiTeknologiPendidikan, 7(1), 12-22.
Puspitarini, D. (2022). Blended Learning sebagai Model Pembelajaran Abad 21. Ideguru: JurnalKaryaIlmiah Guru, 7(1), 1-6.
Ramdhan, M. (2021). Metodepenelitian.Cipta Media Nusantara.
Syaparuddin, S., Meldianus, M., &Elihami, E. (2020).Strategipembelajaranaktifdalammeningkatkanmotivasibelajarpknpesertadidik. Mahaguru: JurnalPendidikan Guru SekolahDasar, 1(1), 30-41.
Undang-Undang Dasar tahun 1945 tentang sistem pendidikan nasional
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Salmy Salmy, Dicky Cahya S Mokoginta, Theodorus Pangalila
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.