Efektivitas Pemanfaatan Media Berbasis Game (Wordwall) Dalam Melakukan Evaluasi Pembelajaran Terhadap Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)

Authors

  • Salmy Salmy Universitas Negeri Manado
  • Dicky Cahya S Mokoginta Universitas Negeri Manado
  • Theodorus Pangalila Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/jce.v7i2.8345

Keywords:

Efektivitas, Wordwall, Evaluasi Pembelajaran

Abstract

Pendidikan dapat ditempuh oleh semua orang namun yang dapat memberikan pembelajaran pada satuan pendidikan hanyalah seseorang yang memiliki profesi sebagai seorang pendidik. Seorang pendidik harus pandai-pandai dalam merancang rangakaian pembelajaran termaksud rancangan evaluasi terhadap pembelajaran seorang pendidik harus bisa mendidik dengan mengikut pada perkembangan zaman yang ada. Pada zaman abad 21 pembelajaran dituntut untuk diintegrasikan dengan teknologi oleh karena itu pendidik harus pandai-pandai dalam memilih media yang efektif untuk digunakan. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan media berupa Wordwall untuk dimanfaatkan dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan instrumen tes evaluasi, wawancara terhadap peserta didik kelas XA serta dokumentasi. Hasil penelitian pemanfaatan media Wordwall efektif digunakan dalam evaluasi pembelajaran untuk menguji pemahaman peserta didik terhadap materi PPKn. Aplikasi Wordwall dapat meningkatkan semangat peserta didik dalam pembelajaran dan membantu peserta didik untuk mengingat materi yang diajarkan.

References

Abdussamad, H. Z., & SIK, M. S. (2021). Metodepenelitiankualitatif. CV. Syakir Media Press.

Arifin, Z. (2009). Evaluasipembelajaran (Vol. 8). Bandung: RemajaRosdakarya.

Arikunto, S. (2014). Prosedur penelitian, suatu pendektan praktik, PT Rineka Cipta

Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan media dalampembelajaran. JurnalLingkarWidyaiswara, 1(4), 104-117.

Febriana, R. (2021). Evaluasipembelajaran.BumiAksara

Indonesia, U. U. R. (2003). Sistempendidikannasional. Jakarta: DirektoratPendidikanMenengahUmum.

Peraturan Mentri Pendidikan Nasional Nomor 16 tahun 2007

Pujianto, A. A., Degeng, I. N. S., &Sugito, S. (2020). PengaruhpenggunaanaplikasiPlantnetdangayabelajarterhadaphasilbelajar. JurnalInovasiTeknologiPendidikan, 7(1), 12-22.

Puspitarini, D. (2022). Blended Learning sebagai Model Pembelajaran Abad 21. Ideguru: JurnalKaryaIlmiah Guru, 7(1), 1-6.

Ramdhan, M. (2021). Metodepenelitian.Cipta Media Nusantara.

Syaparuddin, S., Meldianus, M., &Elihami, E. (2020).Strategipembelajaranaktifdalammeningkatkanmotivasibelajarpknpesertadidik. Mahaguru: JurnalPendidikan Guru SekolahDasar, 1(1), 30-41.

Undang-Undang Dasar tahun 1945 tentang sistem pendidikan nasional

Published

2023-12-25

How to Cite

Salmy, S., Mokoginta, D. C. S. ., & Pangalila, T. . (2023). Efektivitas Pemanfaatan Media Berbasis Game (Wordwall) Dalam Melakukan Evaluasi Pembelajaran Terhadap Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Civic Education: Media Kajian Pancasila Dan Kewarganegaraan, 7(2), 120-127. https://doi.org/10.53682/jce.v7i2.8345