Efektivitas Pemanfaatan Media Berbasis Game Wordwall Dalam Melakukan Evaluasi Pembelajaran Terhadap Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan PPKn
DOI:
https://doi.org/10.53682/jce.v7i2.8345Keywords:
Efektivitas, Wordwall, Evaluasi PembelajaranAbstract
Pendidikan dapat ditempuh oleh semua orang namun yang dapat memberikan pembelajaran pada satuan pendidikan hanyalah seseorang yang memiliki profesi sebagai seorang pendidik Seorang pendidik harus pandai pandai dalam merancang rangakaian pembelajaran termaksud rancangan evaluasi terhadap pembelajaran seorang pendidik harus bisa mendidik dengan mengikut pada perkembangan zaman yang ada Pada zaman abad 21 pembelajaran dituntut untuk diintegrasikan dengan teknologi oleh karena itu pendidik harus pandai pandai dalam memilih media yang efektif untuk digunakan Pada penelitian ini peneliti menggunakan media berupa Wordwall untuk dimanfaatkan dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan instrumen tes evaluasi wawancara terhadap peserta didik kelas XA serta dokumentasi Hasil penelitian pemanfaatan media Wordwall efektif digunakan dalam evaluasi pembelajaran untuk menguji pemahaman peserta didik terhadap materi PPKn Aplikasi Wordwall dapat meningkatkan semangat peserta didik dalam pembelajaran dan membantu peserta didik untuk mengingat materi yang diajarkan < p>
References
Abdussamad H Z SIK M S 2021 Metodepenelitiankualitatif CV Syakir Media Press
Arifin Z 2009 Evaluasipembelajaran Vol 8 Bandung: RemajaRosdakarya
Arikunto S 2014 Prosedur penelitian suatu pendektan praktik PT Rineka Cipta
Falahudin I 2014 Pemanfaatan media dalampembelajaran JurnalLingkarWidyaiswara 1 4 104 117
Febriana R 2021 Evaluasipembelajaran BumiAksara
Indonesia U U R 2003 Sistempendidikannasional Jakarta: DirektoratPendidikanMenengahUmum
Peraturan Mentri Pendidikan Nasional Nomor 16 tahun 2007
Pujianto A A Degeng I N S Sugito S 2020 PengaruhpenggunaanaplikasiPlantnetdangayabelajarterhadaphasilbelajar JurnalInovasiTeknologiPendidikan 7 1 12 22
Puspitarini D 2022 Blended Learning sebagai Model Pembelajaran Abad 21 Ideguru: JurnalKaryaIlmiah Guru 7 1 1 6
Ramdhan M 2021 Metodepenelitian Cipta Media Nusantara
Syaparuddin S Meldianus M Elihami E 2020 Strategipembelajaranaktifdalammeningkatkanmotivasibelajarpknpesertadidik Mahaguru: JurnalPendidikan Guru SekolahDasar 1 1 30 41
Undang Undang Dasar tahun 1945 tentang sistem pendidikan nasional


