PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V DI SD GMIM PANGOLOMBIAN
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas V SD GMIM PANGOLOMBIAN. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi/pengamatan, dan refleksi. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas V SD GMIM PANGOLOMBIAN dengan jumlah 17 orang. Teknik pengumpulan data ini menggunakan lembar observasi dan tes Pada siklus I diperoleh hasil yaitu sebanyak 59% siswa mencapai hasil belajar sesuai dengan standar KKM dan sebanyak 41% siswa belum mencapai standar KKM. Pada siklus II diperoleh hasil yaitu sebanyak 88% siswa mencapai standar KKM dan hanya sebanyak 12% siswa yang belum mencapai standar KKM. Dari hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa pengunaan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD GMIM PANGOLOMBIAN.