PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD GMIM 3 WOLOAN

Main Article Content

Jeisi R. M. Mentu
Norry H. Y. Wullur
Jelmie S. Lumowa

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil Belajar IPS siswa kelas IV SD GMIM 3 Woloan dengan menggunakan model Pembelajaran Problem Based Learning. Rendahnya hasil belajar peserta didik di SD GMIM 3 Woloan pada mata pelajaran IPS di kelas IV diakibatkan oleh beberapa hal yaitu kurang diterapkanya macam-macam model pembelajaran, kurang di pakainya media dalam kegiatan belajar mengajar, yang berakibat rendahnya hasil belajar siswa serta rendahnya mutu lulusan sekolah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan empat tahap yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi yang dilaksanakan dalam dua siklus. Objek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD GMIM 3 Woloan yang berjumlah 12 siswa yang terdiri dari 6 laki-laki dan 6 perempuan. Hasil penelitian Pada siklus I mencapai 67,85% sedangkan pada siklus II mencapai 87,5% dengan demikian dapat dikatakan capaian pada siklus II menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning telah berhasil meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SD GMIM 3 Woloan.

Article Details

Section
Articles