PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD GMIM 3 TOMOHON

Authors

  • Jennej J. Rawung Universitas Negeri Manado

Keywords:

Model problem based learning, Hasil Belajar, Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika tentang sifat-sifat bangun datar dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning  pada siswa kelas IV SD GMIM 3 Tomohon. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas oleh Kemmis dan Mc. Taggart meliputi empat tahapan, yaitu: 1. Perencanaan, 2. Tindakan, 3. Observasi, 4. Refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi yaitu mengamati siswa yang sedang belajar dengan menggunakan lembar observasi dan tes tertulis untuk mengukur kemampuan pemahaman siswa terhadap pelajaran yang diberikan. Teknik analisis data menggunakan analisis ketuntasan belajar. Hasil penelitian diperoleh pada siklus I sejumlah  60,76% dan siklus II meningkat sejumlah 82,30%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning  dapat meningkatkan hasil belajar Matematika dan membantu siswa bekerja lebih aktif dalam kelompok khususnya siswa kelas IV SD GMIM 3 Tomohon.

Downloads

Published

2024-08-31

Issue

Section

Articles