PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD INPRES KOMBI
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi teknologi transportasi melalui penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL) pada siswa kelas IV SD Inpres Kombi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Inpres Kombi dengan jumlah 12 orang siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi dan tes. Hasil analisis data menunjukan bahwa ada peningkatan pembelajaran IPS pada materi "Teknologi Transportasi" yang terlihat dari ketuntasan belajar siswa, dimana dari 12 siswa ketuntasan hasil belajar pada siklus I mencapai 73%. Selanjutnya pada siklus II ketuntasan hasil belajar pembelajaran IPS meningkat menjadi 87%. Dengan demikian disimpulkan penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar pembelajaran IPS pada materi "Teknologi Transportasi" siswa di kelas IV SD Inpres Kombi.