PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Main Article Content

RISAL MERENTEK

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menerapkan model problem based learning, untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan kewarganegaraan (PKn) pada siswa sekolah dasar kelas V di SD GMIM Wanga. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sesuai dengan konsep Kemmis dan McTaggart, yaitu di mana yang jumlah siklusnya tidak ditentukan, namun disesuaikan dengan kondisi lapangan. Secara umum tahapan intervensi tindakan untuk setiap siklus melalui empat tahap yaitu sebagai berikut: 1) perencanaan (planning); 2) tindakan (action); 3) pengamatan (observing); dan 4) refleksi (reflecting). Teknik analisis data dalam penelitian ini, mencakup teknik analisis data kualitatif dan data kuantitatif.
Adapun hasil persentase ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I yang hanya 67%%. Sedangkan persentase ketuntasan belajar secara klasikal meningkat cukup signifikan pada siklus II yang hanya 90%. Oleh karena itu pada pelaksanaan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model Problem Based Learning dapat dikatakan bahwa model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD GMIM Wanga.

Article Details

Section
Articles