PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI ALAT PENCERNAAN PADA MANUSIA KELAS V SD NEGERI 58 MANADO
Main Article Content
Abstract
Masih melekatnya pembelajaran masa silam dimana guru masih menggunakan metode ceramah dan pembelajaran yang masih bersifat pada guru dimana guru menjadi dominan dalam pembelajaran, dalam hal ini siswa tidak diberi kesempatan untuk mengembangkan kemampuan dan pengetahuan dirinya sendiri. Masalah ini membuat siswa tidak dapat mengeksplor dirinya yang berpengaruh pada hasil belajar siswa yang tidak baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 58 Manado. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Aqib 2016 yang terdiri dari 4 tahap yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi dan Refleksi yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 58 Manado yang berjumlah 28 siswa. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian yang didapat dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajarn jigsaw terjadinya peningkatan hasil belajar siswa yang dapat dilihat dari ketuntasan siswa dalam pelajaran IPA materi alat pencernaan pada manusia. Hal ini dapat dilihat dimana pada siklus I 61,42% dan pada siklus II 92,14%. Simpulan peneliti bahwa model pembelajaran tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 58 Manado.