PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN INOVATIF BERBASIS TIK BAGI GURU-GURU SEKOLAH DASAR
Main Article Content
Abstract
Pembelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) merupakan proses membelajarkan subjek didik dalam mempelajari peristiwa yang terjadi di alam ini melalui serangkaian proses ilmiah sehingga tercapai tujuan pembelajaran yang sudah ditetapkan. Berdasarkan pengertian-pengertian di atas maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Pembelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) adalah membelajarkan siswa untuk memahami hakikat proses dan produk serta aplikasi pembelajaran pembelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) mengembangkan sikap ingin tahu, keteguhan hati, ketekunan dan sadar akan nilai-nilai yang ada di dalam masyarakat serta pengembangan ke arah sikap yang positif. Dalam kegiatan program kemitraan masyarakat ini menawarkan solusi dalam mengatasi persoalan mitra seperti tergambar pada bagian sebelumnya. Tindakan yang dilakukan sebagai bentuk solusi yaitu dengan melakukan pelatihan bagi guru-guru sekolah dasar di Kecamatan Kumelembuai penyusunan perangkat pembelajaran inovatif berbasis teknologi informasi (TIK). Salah satu perangkat pembelajaran inovatif menggunakan model pembelajaran inkuiri.
Keberhasilan ini terlihat saat para peserta mampu menyusun dan mengembangkan perangkat pembelajaran mulai dari rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), bahan ajar, lembar kerja peserta didik (LKPD), media pembelajaran dan instrument penilaian.