PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS IV SD GMIM 1 TOMOHON
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia dengan menggunakan model project based learning pada materi menulis teks puisi tema pahlawan kelas IV SD GMIM 1 Tomohon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan empat tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi dengan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV di SD GMIM 1 Tomohon yang berjumlah 35 Siswa yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes tertulis. Hasil belajar yang dicapai pada siklus I yaitu 64,19%, karena belum mendapatkan hasil yang diinginkan maka dilakukan siklus II sehingga mendapatkan hasil belajar yang meningkat yaitu 85,90% siswa. Maka dapat disimpulkan penerapan model project based learning dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia kelas IV SD GMIM 1 Tomohon. Dengan menggunakan model project based learning siswa bisa ikut aktif, berfikir kritis dan bersemangat dalam belajar.