PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V SD INPRES LANSOT
Keywords:
Model pembelajaran project based learning, hasil belajar, Bahasa IndonesiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar Bahasa Indonesia dengan menggunakan model project based learning< em> kelas V SD INPRES Lansot Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas PTK dengan menggunakan empat tahap yaitu:perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi dengan dua siklus Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V di SD INPRES Lansot yang berjumlah 10 siswa yang terdiri dari 6 siswa perempuan dan 4 siswa laki laki Teknik pengumpulam data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes tertulis Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus: KB = T Tt x 100 Dimana KB = Ketuntasan Belajar T = Jumlah Skor yang diperoleh Siswa Tt = Jumlah Skor Total Penelitian berhasil apabila keberhasilan dengan ketuntasan 75 Hasil penelitian siklus I yaitu 65 5 karena belum mendapatkan hasil yang diinginkan maka dilakukan siklus II sehingga mendapatkan hasil belajar yang meningkat yaitu 80 siswa Disimpulkm penggunaan model project based learning< em> dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas V SD INPRES Lansot Oleh karena itu sebagai saran kepada guru kelas V agar dalam proses pembelajaran diharapkan dapat menggunakan model project based learning< em> sehingga siswa bisa ikut aktif berfikir kritis dan bersemangat dalam belajar < p>

  widdyrorimpandey@unima.ac.id