PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V SD INPRES LANSOT
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar Bahasa Indonesia dengan menggunakan model project based learning kelas V SD INPRES Lansot. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan empat tahap, yaitu:perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi dengan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V di SD INPRES Lansot yang berjumlah 10 siswa yang terdiri dari 6 siswa perempuan dan 4 siswa laki-laki.Teknik pengumpulam data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes tertulis. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus: KB = T/Tt x 100%. Dimana KB = Ketuntasan Belajar, T = Jumlah Skor yang diperoleh Siswa, Tt = Jumlah Skor Total. Penelitian berhasil apabila keberhasilan dengan ketuntasan 75%. Hasil penelitian siklus I yaitu 65,5%, karena belum mendapatkan hasil yang diinginkan maka dilakukan siklus II sehingga mendapatkan hasil belajar yang meningkat yaitu 80% siswa.Disimpulkm penggunaan model project based learning dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas V SD INPRES Lansot. Oleh karena itu sebagai saran kepada guru kelas V agar dalam proses pembelajaran diharapkan dapat menggunakan model project based learning sehingga siswa bisa ikut aktif, berfikir kritis dan bersemangat dalam belajar.