Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sistem Komputer Siswa Kelas X TKJ SMK Negeri 5 Enrekang

Authors

  • Diah Sepianah Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Peggy Veronica Togas Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Merriam Modeong Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v4i1.11180

Keywords:

Model Problem Based Learning, Hasil Belajar, Penelitian Tindakan Kelas, Sistem Komputer

Abstract

ABSTRAK< strong>< p>

Penelitian ini membahas tentang Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sistem Komputer Siswa Kelas X TKJ khususnya di SMK Negeri 5 Enrekang Masalah yang dihadapi adalah apakah penerapan model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar Sistem Komputer siswa kelas X TKJ SMK Negeri 5 Enrekang Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar Sistem Komputer siswa kelas X TKJ SMK Negeri 5 Enrekang Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas PTK sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes Penelitian Tindakan Kelas PTK ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus Subjek penelitian adalah 28 siswa 23 siswa perempuan dan 5 siswa laki laki nbsp; Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model Problem Based Learning hasil belajar siswa setiap siklusnya mengalami perubahan secara signifikan Secara berturut berturut berdasarkan siklus I dan II hasil belajar pada siswa Kelas X SMK Negeri 5 Enrekang diperoleh bahwa rata rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 67 85 termasuk dalam kategori cukup dan belum mencapai KKM dengan jumlah siswa yang tuntas belajar adalah 9 orang dengan persentase secara klasikal sebesar 32 14 dan hasil belajar pada siklus II rata rata diperoleh 83 57 termasuk dalam kategori sangat baik dengan jumlah siswa yang tuntas belajar adalah 26 dengan persentase secara klasikal sebesar 92 86 Demikian penelitian tindakan kelas ini dikatakan berhasil dalam meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model Problem Based Learning < em>< p>

nbsp;< em>ABSTRACT< em>< strong>< p>

nbsp;< em>This study discusses the Implementation of Problem Based Learning Model to Improve Computer System Learning Outcomes of Class X TKJ Students especially at SMK Negeri 5 Enrekang The problem faced is whether the implementation of the problem based learning model can improve the learning outcomes of Computer Systems of class X TKJ students of SMK Negeri 5 Enrekang The purpose of this study was to determine whether the implementation of the problem based learning model can improve the learning outcomes of Computer Systems of class X TKJ students of SMK Negeri 5 Enrekang The type of research used is Classroom Action Research CAR while the data collection techniques used are observation and tests This Classroom Action Research CAR was carried out in 2 cycles The subjects of the study were 28 students 23 female students and 5 male students The results of the study showed that by implementing the Problem Based Learning model student learning outcomes in each cycle changed significantly Consecutively based on cycles I and II learning outcomes in Class X students of SMK Negeri 5 Enrekang it was obtained that the average student learning outcomes in cycle I were 67 85 included in the sufficient category and had not reached the KKM with the number of students who completed learning being 9 people with a classical percentage of 32 14 and the average learning outcomes in cycle II were 83 57 included in the very good category with the number of students who completed learning being 26 with a classical percentage of 92 86 Thus this classroom action research is said to be successful in improving student learning outcomes through the application of the Problem Based Learning model < em>< p>

References

Amaliyah A Rahmat A 2021 Pengembangan Potensi Diri Peserta Didik Melalui Proses Pendidikan Attadib: Journal of Elementary Education 5 1 28 https: doi org 10 32507 attadib v5i1 926

Arnita Niroha Halawa Dety Mulyanti 2023 Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Peningkatan Kualitas Mutu Instansi Pendidikan Dan Pembelajaran Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa 2 2 57 64 https: doi org 10 58192 insdun v2i2 757

Arsyad B Saleh S R 2022 Desain Instrumen Penilaian Ranah Psikomotorik pada Pembelajaran Bahasa Arab Journal of Arabic Education and Linguistics 2 2 53 63 https: doi org 10 24252 jael v2i2 29747

Darmawan D Wahyuningsih A S 2021 Keluhan Subjektif Computer Vision Syndrome Pada Pegawai Pengguna Komputer Dinas Komunikasi dan Informasi Ijphn 1 2 172 183

Fitriyana D Sutirna 2022 Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII Pada Materi Himpunan Jurnal Educatio FKIP UNMA 8 2 512 520 https: doi org 10 31949 educatio v8i2 1990

Halimah N Adiyono 2022 Unsur Unsur Penting Penilaian Objek Dalam Evaluasi Hasil Belajar Educatioanl Journal: General and Specific Research 2 Februari 160 167

Harmayani Apdilah Dicky Mapilindo Oktopanda Hutahaean Jeperson 2021 FullBook Aplikasi Komputer dikompresi

Hotimah H 2020 Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar Jurnal Edukasi 7 3 5 https: doi org 10 19184 jukasi v7i3 21599

Indrayana I G N A 2022 Penggunaan Langkah Langkah Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas Xi Ipa 2 Semester 1 Sma Negeri 8 Denpasar Tahun Pelajaran 2018 2019 Widyadari 23 1 48 58 https: doi org 10 5281 zenodo 6390907

Magdalena I Hidayah A Safitri T 2021 Analisis Kemampuan Peserta Didik Pada Ranah Kognitif Afektif Psikomotorik Siswa Kelas Ii B Sdn Kunciran 5 Tangerang Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial 3 1 48 62 https: ejournal stitpn ac id index php nusantara

Meilasari S Damris M D M Yelianti U 2020 Kajian Model Pembelajaran Problem Based Learning PBL dalam Pembelajaran di Sekolah BIOEDUSAINS:Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains 3 2 195 207 https: doi org 10 31539 bioedusains v3i2 1849

Munawar Z Kom M Putri N I 2020 Keamanan Jaringan Komputer Pada Era Big Data Jurnal Sistem Informasi J SIKA 02 01 14 20

Salsabila N 2022 Peranan Perangkat Keras Hardware Dalam Sistem Informasi Manajemen Sistem Komputer 0702212214 1 18 https: osf io preprints osf f675m

Siregar M S Usman N Niswanto N 2023 Implementasi Pendidikan Karakter melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Literature Review Manajemen Pendidikan Jurnal Pendidikan West Science 1 11 701 712 https: doi org 10 58812 jpdws v1i11 762

Sugiyono 2019 Faktor Faktor Determinan Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa JMKSP Jurnal Manajemen Kepemimpinan Dan Supervisi Pendidikan 5 2 191 https: doi org 10 31851 jmksp v5i2 3770

Sumarno S 2023 Analisis Cara Kerja Sistem Deteksi Infeksi Worm Pada Komputer Metik Jurnal 7 2 93 100 https: doi org 10 47002 metik v7i2 636

Yandi A Nathania Kani Putri A Syaza Kani Putri Y 2023 Faktor Faktor Yang Mempengarui Hasil Belajar Peserta Didik Literature Review Jurnal Pendidikan Siber Nusantara 1 1 13 24 https: doi org 10 38035 jpsn v1i1 14

Downloads

Published

2024-12-01

How to Cite

Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sistem Komputer Siswa Kelas X TKJ SMK Negeri 5 Enrekang. (2024). Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 4(6), 656 667. https://doi.org/10.53682/edutik.v4i1.11180