Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sistem Komputer Siswa Kelas X TKJ SMK Negeri 5 Enrekang
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v4i1.11180Keywords:
Model Problem Based Learning, Hasil Belajar, Penelitian Tindakan Kelas, Sistem KomputerAbstract
ABSTRAK
Penelitian ini membahas tentang Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sistem Komputer Siswa Kelas X TKJ, khususnya di SMK Negeri 5 Enrekang. Masalah yang dihadapi adalah apakah penerapan model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar Sistem Komputer siswa kelas X TKJ SMK Negeri 5 Enrekang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar Sistem Komputer siswa kelas X TKJ SMK Negeri 5 Enrekang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Subjek penelitian adalah 28 siswa, 23 siswa perempuan dan 5 siswa laki-laki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model Problem Based Learning hasil belajar siswa setiap siklusnya mengalami perubahan secara signifikan. Secara berturut-berturut (berdasarkan siklus I dan II) hasil belajar pada siswa Kelas X SMK Negeri 5 Enrekang, diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 67,85 termasuk dalam kategori cukup dan belum mencapai KKM, dengan jumlah siswa yang tuntas belajar adalah 9 orang dengan persentase secara klasikal sebesar 32,14 % dan hasil belajar pada siklus II rata-rata diperoleh 83,57 termasuk dalam kategori sangat baik dengan jumlah siswa yang tuntas belajar adalah 26 dengan persentase secara klasikal sebesar 92,86%. Demikian penelitian tindakan kelas ini dikatakan berhasil dalam meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model Problem Based Learning.
ABSTRACT
This study discusses the Implementation of Problem Based Learning Model to Improve Computer System Learning Outcomes of Class X TKJ Students, especially at SMK Negeri 5 Enrekang. The problem faced is whether the implementation of the problem based learning model can improve the learning outcomes of Computer Systems of class X TKJ students of SMK Negeri 5 Enrekang. The purpose of this study was to determine whether the implementation of the problem based learning model can improve the learning outcomes of Computer Systems of class X TKJ students of SMK Negeri 5 Enrekang. The type of research used is Classroom Action Research (CAR), while the data collection techniques used are observation and tests. This Classroom Action Research (CAR) was carried out in 2 cycles. The subjects of the study were 28 students, 23 female students and 5 male students. The results of the study showed that by implementing the Problem Based Learning model, student learning outcomes in each cycle changed significantly. Consecutively (based on cycles I and II) learning outcomes in Class X students of SMK Negeri 5 Enrekang, it was obtained that the average student learning outcomes in cycle I were 67.85 included in the sufficient category and had not reached the KKM, with the number of students who completed learning being 9 people with a classical percentage of 32.14% and the average learning outcomes in cycle II were 83.57 included in the very good category with the number of students who completed learning being 26 with a classical percentage of 92.86%. Thus, this classroom action research is said to be successful in improving student learning outcomes through the application of the Problem Based Learning model.
References
Amaliyah, A., & Rahmat, A. (2021). Pengembangan Potensi Diri Peserta Didik Melalui Proses Pendidikan. Attadib: Journal of Elementary Education, 5(1), 28. https://doi.org/10.32507/attadib.v5i1.926
Arnita Niroha Halawa, & Dety Mulyanti. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Peningkatan Kualitas Mutu Instansi Pendidikan Dan Pembelajaran. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 2(2), 57–64. https://doi.org/10.58192/insdun.v2i2.757
Arsyad, B., & Saleh, S. R. (2022). Desain Instrumen Penilaian Ranah Psikomotorik pada Pembelajaran Bahasa Arab. Journal of Arabic Education and Linguistics, 2(2), 53–63. https://doi.org/10.24252/jael.v2i2.29747
Darmawan, D., & Wahyuningsih, A. S. (2021). Keluhan Subjektif Computer Vision Syndrome Pada Pegawai Pengguna Komputer Dinas Komunikasi dan Informasi. Ijphn, 1(2), 172–183.
Fitriyana, D., & Sutirna. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII Pada Materi Himpunan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 512–520. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.1990
Halimah, N., & Adiyono. (2022). Unsur-Unsur Penting Penilaian Objek Dalam Evaluasi Hasil Belajar. Educatioanl Journal: General and Specific Research, 2(Februari), 160–167.
Harmayani, Apdilah Dicky, Mapilindo, Oktopanda, & Hutahaean Jeperson. (2021). FullBook+Aplikasi+Komputer-dikompresi.
Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(3), 5. https://doi.org/10.19184/jukasi.v7i3.21599
Indrayana, I. G. N. A. (2022). Penggunaan Langkah Langkah Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas Xi Ipa 2 Semester 1 Sma Negeri 8 Denpasar Tahun Pelajaran 2018/2019. Widyadari, 23(1), 48–58. https://doi.org/10.5281/zenodo.6390907
Magdalena, I., Hidayah, A., & Safitri, T. (2021). Analisis Kemampuan Peserta Didik Pada Ranah Kognitif, Afektif, Psikomotorik Siswa Kelas Ii B Sdn Kunciran 5 Tangerang. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 48–62. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara
Meilasari, S., Damris M, D. M., & Yelianti, U. (2020). Kajian Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran di Sekolah. BIOEDUSAINS:Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 3(2), 195–207. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v3i2.1849
Munawar, Z., Kom, M., & Putri, N. I. (2020). Keamanan Jaringan Komputer Pada Era Big Data. Jurnal Sistem Informasi-J-SIKA, 02(01), 14–20.
Salsabila, N. (2022). Peranan Perangkat Keras (Hardware) Dalam Sistem Informasi Manajemen. Sistem Komputer, 0702212214, 1–18. https://osf.io/preprints/osf/f675m
Siregar, M. S., Usman, N., & Niswanto, N. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Literature Review Manajemen Pendidikan). Jurnal Pendidikan West Science, 1(11), 701–712. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i11.762
Sugiyono. (2019). Faktor-Faktor Determinan Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 5(2), 191. https://doi.org/10.31851/jmksp.v5i2.3770
Sumarno, S. (2023). Analisis Cara Kerja Sistem Deteksi Infeksi Worm Pada Komputer. Metik Jurnal, 7(2), 93–100. https://doi.org/10.47002/metik.v7i2.636
Yandi, A., Nathania Kani Putri, A., & Syaza Kani Putri, Y. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengarui Hasil Belajar Peserta Didik (Literature Review). Jurnal Pendidikan Siber Nusantara, 1(1), 13–24. https://doi.org/10.38035/jpsn.v1i1.14