PENGARUH PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN VIDEO TUTORIAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL

Authors

  • Hardiansyah Mokoginta Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Luckie Sojow Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Hiskia Kamang Manggopa Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v1i3.1337

Keywords:

Media Pembelajaran, Video Tutorial, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajarkan menggunkan media pembelajaran video tutorial dan yang tidak menggunakan media pembelajaran video tutorial Jenis penelitian menggunakan metode eksperimen Penelitian ini menggunakan Posttest Only Control Design Populasi adalah siswa kelas X TKJ dan teknik pengambilan sampel dengan cara simple random sampling sampel yang diambil berjumlah 20 siswa yang terdiri dari 2 kelas masing masing kelas terdiri dari 10 siswa Data di ambil dan dikumpulkan dari tes akhir sesudah diterapkan pembelajaran menggunakan Media pembelajaran vidio tutorial dan model pembelajaran saintifik Dari penelitian ini diperoleh hasil posttest siswa pada kelas kontrol memperoleh skor ratar rata 73 2 dan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen memperoleh rata rata 86 4 Dari data tersebut dilakukan uji normalitas sehingga data berdistribusi normal Hasil analisis data pada taraf nyata 0 05 diperoleh t_hitung gt;t_tabel Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa rata rata hasil belajar simulasi dan komunikasi digital siswa dengan menggunakan media pembelajaran video tutorial lebih dari hasil belajar menggunakan model pembelajaran langsung < em>< p>

References

Akhbar G M dkk 2015 Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas VII SMP 38 Surabaya Jurnal FKIP UM Surabaya 3 2

Arief S 2009 Media pendidikan pengertian pengembangan dan pemanfaatannya Jakarta: PT Rajagrafindo Persada

Arsyad A 2011 Media Pembelajaran Raja Grafindo Persada Jakarta

Aunurahman 2011 Belajar dan Pembelajaran Bandung: Alfabeta

Jihad A Haris A 2012 Evaluasi Pembelajaran Yogyakarta: Multi Pressindo

Kustandi C dan Sutjipto B 2013 Media Pembelajaran Manual dan Digital Edisi kedua Ghalia Indonesia Bogor

Oemar H 1991 Pendidikan Guru Konsep dan Strategi Bandung: Mandar Maju

Poerbakawatja S Harahap H A H 2012 Ensiklopedia Pendidikan Cet III : Jakarta Gunung Agung

Rusman D K Riyana C 2011 Pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi Bandung: Rajawali Pers

Smaldino S E Lowther D L Russel J D 2011 Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar Alih Bahasa: Arif Rahman Jakarta: KENCANA

Sudjana N 2010 Dasar dasar proses belajar Bandung: Sinar Baru

Sugiyono 2016 Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R D Bandung: PT Alfabet

Syah M 1999 Psikologi Belajar Jakarta: PT Raja Grafindo

Uno H B Lamatenggo N 2011 Teknologi komunikasi informasi pembelajaran Bumi Aksara

Downloads

Published

2021-12-13

How to Cite

PENGARUH PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN VIDEO TUTORIAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL. (2021). Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(3), 220 226. https://doi.org/10.53682/edutik.v1i3.1337