PENGARUH PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN VIDEO TUTORIAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v1i3.1337Keywords:
Media Pembelajaran, Video Tutorial, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajarkan menggunkan media pembelajaran video tutorial dan yang tidak menggunakan media pembelajaran video tutorial Jenis penelitian menggunakan metode eksperimen Penelitian ini menggunakan Posttest Only Control Design Populasi adalah siswa kelas X TKJ dan teknik pengambilan sampel dengan cara simple random sampling sampel yang diambil berjumlah 20 siswa yang terdiri dari 2 kelas masing masing kelas terdiri dari 10 siswa Data di ambil dan dikumpulkan dari tes akhir sesudah diterapkan pembelajaran menggunakan Media pembelajaran vidio tutorial dan model pembelajaran saintifik Dari penelitian ini diperoleh hasil posttest siswa pada kelas kontrol memperoleh skor ratar rata 73 2 dan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen memperoleh rata rata 86 4 Dari data tersebut dilakukan uji normalitas sehingga data berdistribusi normal Hasil analisis data pada taraf nyata 0 05 diperoleh t_hitung gt;t_tabel Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa rata rata hasil belajar simulasi dan komunikasi digital siswa dengan menggunakan media pembelajaran video tutorial lebih dari hasil belajar menggunakan model pembelajaran langsung < em>< p>
References
Akhbar G M dkk 2015 Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas VII SMP 38 Surabaya Jurnal FKIP UM Surabaya 3 2
Arief S 2009 Media pendidikan pengertian pengembangan dan pemanfaatannya Jakarta: PT Rajagrafindo Persada
Arsyad A 2011 Media Pembelajaran Raja Grafindo Persada Jakarta
Aunurahman 2011 Belajar dan Pembelajaran Bandung: Alfabeta
Jihad A Haris A 2012 Evaluasi Pembelajaran Yogyakarta: Multi Pressindo
Kustandi C dan Sutjipto B 2013 Media Pembelajaran Manual dan Digital Edisi kedua Ghalia Indonesia Bogor
Oemar H 1991 Pendidikan Guru Konsep dan Strategi Bandung: Mandar Maju
Poerbakawatja S Harahap H A H 2012 Ensiklopedia Pendidikan Cet III : Jakarta Gunung Agung
Rusman D K Riyana C 2011 Pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi Bandung: Rajawali Pers
Smaldino S E Lowther D L Russel J D 2011 Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar Alih Bahasa: Arif Rahman Jakarta: KENCANA
Sudjana N 2010 Dasar dasar proses belajar Bandung: Sinar Baru
Sugiyono 2016 Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R D Bandung: PT Alfabet
Syah M 1999 Psikologi Belajar Jakarta: PT Raja Grafindo
Uno H B Lamatenggo N 2011 Teknologi komunikasi informasi pembelajaran Bumi Aksara
