PENGARUH PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN VIDEO TUTORIAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v1i3.1337Keywords:
Media Pembelajaran, Video Tutorial, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajarkan menggunkan media pembelajaran video tutorial dan yang tidak menggunakan media pembelajaran video tutorial. Jenis penelitian menggunakan metode eksperimen. Penelitian ini menggunakan Posttest-Only Control Design. Populasi adalah siswa kelas X TKJ dan teknik pengambilan sampel dengan cara simple random sampling, sampel yang diambil berjumlah 20 siswa yang terdiri dari 2 kelas, masing-masing kelas terdiri dari 10 siswa. Data di ambil dan dikumpulkan dari tes akhir sesudah diterapkan pembelajaran menggunakan Media pembelajaran vidio tutorial dan model pembelajaran saintifik. Dari penelitian ini diperoleh hasil posttest siswa pada kelas kontrol memperoleh skor ratar-rata 73,2 dan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen memperoleh rata-rata 86,4. Dari data tersebut dilakukan uji normalitas sehingga data berdistribusi normal. Hasil analisis data pada taraf nyata 0,05 diperoleh t_hitung>t_tabel. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar simulasi dan komunikasi digital siswa dengan menggunakan media pembelajaran video tutorial lebih dari hasil belajar menggunakan model pembelajaran langsung.
References
Akhbar G. M., dkk. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas VII SMP 38 Surabaya. Jurnal FKIP UM Surabaya. 3(2).
Arief, S. (2009). Media pendidikan, pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada. Jakarta
Aunurahman. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Jihad, A. & Haris, A. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Kustandi, C. dan Sutjipto, B. (2013). Media Pembelajaran Manual dan Digital Edisi kedua. Ghalia Indonesia. Bogor.
Oemar, H. (1991). Pendidikan Guru Konsep dan Strategi. Bandung: Mandar Maju.
Poerbakawatja, S & Harahap, H. A. H. (2012). Ensiklopedia Pendidikan. Cet III : Jakarta Gunung Agung.
Rusman, D. K., & Riyana, C. (2011). Pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Bandung: Rajawali Pers.
Smaldino, S. E., Lowther, D. L., & Russel, J. D. (2011). Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar. (Alih Bahasa: Arif Rahman). Jakarta: KENCANA.
Sudjana, N. (2010). Dasar-dasar proses belajar. Bandung: Sinar Baru.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Syah, M. (1999). Psikologi Belajar, Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Uno, H. B., & Lamatenggo, N. (2011). Teknologi komunikasi & informasi pembelajaran. Bumi Aksara.