PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR DESAIN MULTIMEDIA INTERAKTIF SISWA SMK

Authors

  • Novri Alfred Worang Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Marthinus Maxi Mintjelungan Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Agustinus Takaredase Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v1i3.1347

Keywords:

Model Pembelajaran Berbasis Multimedia, Hasil Belajar

Abstract

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan dua variabel tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah model pembelajaran berbasis multimedia dapat meningkatkan hasil belajar Desain Multimedia Interaktif siswa kelas XII Multimedia SMK Negeri 3 Tahuna nbsp; Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel bebas yakni media pembelajaran berbasis multimedia dan variabel terikat yakni hasil belajar desain multimedia interaktif Hasil penelitan menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran berbasis multimedia suasana pembelajaran menjadi meyenangkan sehingga hasil belajar siswa meningkat Berdasarkan perhitungan pengujian hipotesis penelitia diperoleh thitung senilai 2 523 Berdasarkan tabel distribusi t pada < em> < em> = 0 05 dengan derajat kebebasan n1 n2 2 nbsp; = 25 25 2 nbsp; = 48 maka diperoleh ttabel senilai 1 679 Jadi t hitung lebih besar dari t tabel yaitu t hitung = 2 523 gt; t tabel = 1 679 Berdasarkan kriteria pengujian jika t hitung lebih besar dari t tabel t hitung gt;t tabel maka Ho ditolak yang berarti HA diterima Dengan demikian kesimpulan pengujian adalah hasil belajar desain multimedia interaktif kelompok eksperimen yang diajar dengan media pembelajaran berbasis multimedia lebih tinggi dari pada hasil belajar desain multimedia interaktif kelompok kontrol yang tidak diajar dengan menggunakan media pembelajaran berbasis multimedia < em>< p>

References

Ahmadi H A Supriyono W 2004 Psikologi belajar

Arief S 2016 Media pendidikan

Arsyad A 2011 Media pembelajaran

Aunurrahman D 2009 Belajar dan pembelajaran Bandung: Alfabeta

Dalyono M 2015 Psikologi Pendidikan cetakan 8 Jakarta: Rineka Cipta

Daryanto J 2018 Penggunaan Media Pembelajaran Video Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Tembang Macapat dalam Pembelajaran Bahasa Daerah pada Siswa Sekolah Dasar Jurnal Pendidikan Dasar 6 1 8 15

Idris M 2008 Strategi dan Metode Pengajaran Yogyakarta: Arus Media

Lintong M Marsel G G P K P 2010 Mutu Pendidikan di Indonesia Jakarta: Cahaya Pineleng

Munadi Y 2013 Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru Jakarta: Cet I

Riduwan S 2011 Pengantar Statistika untuk penelitian pendidikan sosial ekonomi komunikasi dan bisnis Cetakan Ke 4 Bandung: Alfabeta

Slameto 1988 Belajar dan Faktor faktor yang Mempengaruhinya Bina Aksara

Sri A 2008 Media pembelajaran Surakarta: UPT UNS Press Universitas Sebelas Maret

Sudjana N 2013 Metode Statistik Rineka Cipta Jakarta

Sudjana N 2010 Dasar dasar proses belajar Bandung: Sinar Baru

Sugiyono 2008 Metode penelitian pendidikan: pendekatan kuantitatif kualitatif dan R D Alfabeta

Suyanto M 2003 Multimedia alat untuk meningkatkan keunggulan bersaing Penerbit Andi

Tu u T 2004 Peran disiplin pada perilaku dan prestasi siswa Jakarta: Grasindo

Usman M U 2006 Menjadi guru profesional

Downloads

Published

2021-12-13

How to Cite

PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR DESAIN MULTIMEDIA INTERAKTIF SISWA SMK. (2021). Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(3), 241 250. https://doi.org/10.53682/edutik.v1i3.1347