PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR DESAIN MULTIMEDIA INTERAKTIF SISWA SMK
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v1i3.1347Keywords:
Model Pembelajaran Berbasis Multimedia, Hasil BelajarAbstract
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan dua variabel, tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah model pembelajaran berbasis multimedia dapat meningkatkan hasil belajar Desain Multimedia Interaktif siswa kelas XII Multimedia SMK Negeri 3 Tahuna. Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu variabel bebas yakni media pembelajaran berbasis multimedia dan variabel terikat yakni hasil belajar desain multimedia interaktif. Hasil penelitan menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran berbasis multimedia suasana pembelajaran menjadi meyenangkan sehingga hasil belajar siswa meningkat, Berdasarkan perhitungan pengujian hipotesis penelitia, diperoleh thitung senilai 2,523. Berdasarkan tabel distribusi t pada ∝ = 0,05 dengan derajat kebebasan n1 + n2 – 2 = 25 + 25 – 2 = 48 maka diperoleh ttabel senilai 1,679. Jadi t hitung lebih besar dari t tabel, yaitu t hitung = 2,523 > t tabel = 1,679. Berdasarkan kriteria pengujian jika t hitung lebih besar dari t tabel (t hitung >t tabel) maka Ho ditolak yang berarti HA diterima. Dengan demikian kesimpulan pengujian adalah hasil belajar desain multimedia interaktif kelompok eksperimen yang diajar dengan media pembelajaran berbasis multimedia lebih tinggi dari pada hasil belajar desain multimedia interaktif kelompok kontrol yang tidak diajar dengan menggunakan media pembelajaran berbasis multimedia.
References
Ahmadi, H. A., & Supriyono, W. (2004). Psikologi belajar.
Arief, S. (2016). Media pendidikan.
Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran.
Aunurrahman, D. (2009). Belajar dan pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Dalyono, M. (2015). Psikologi Pendidikan, cetakan 8. Jakarta: Rineka Cipta.
Daryanto, J. (2018). Penggunaan Media Pembelajaran Video Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Tembang Macapat dalam Pembelajaran Bahasa Daerah pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 8-15.
Idris, M. (2008). Strategi dan Metode Pengajaran. Yogyakarta: Arus Media.
Lintong, M., & Marsel, G. G. P. K. P. (2010). Mutu Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Cahaya Pineleng.
Munadi, Y. (2013). Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Cet. I.
Riduwan, S. (2011). Pengantar Statistika untuk penelitian pendidikan, sosial, ekonomi, komunikasi dan bisnis. Cetakan Ke-4 Bandung: Alfabeta.
Slameto. (1988). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Bina Aksara.
Sri, A. (2008). Media pembelajaran. Surakarta: UPT UNS Press Universitas Sebelas Maret.
Sudjana, N. (2013). Metode Statistik. Rineka Cipta. Jakarta.
Sudjana, N. (2010). Dasar-dasar proses belajar. Bandung: Sinar Baru.
Sugiyono. (2008). Metode penelitian pendidikan: (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Alfabeta.
Suyanto, M. (2003). Multimedia alat untuk meningkatkan keunggulan bersaing. Penerbit Andi.
Tu’u, T. (2004). Peran disiplin pada perilaku dan prestasi siswa. Jakarta: Grasindo.
Usman, M. U. (2006). Menjadi guru profesional.