ANALISIS PEMBELAJARAN DARING PADA SMK

Authors

  • Heri Irawan Sandre Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Wensi Ronald Lesli Paat Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Stralen Pratasik Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v1i1.1540

Keywords:

Pembelajaran Daring, Metode Kualitatif, Nilai rata-rata

Abstract

Penelitian ini menganalisis pembelajaran yang dilatarbelakangi oleh situasi pandemik dimana hamper seluruh pembelajaran dilaksanakan secara daring Penelitian ini diambil dengan menggunkaan metode kualitatif dimana subjeknya guru mata pelajaran jaringan dasar kelas X dan 3 siswa yang mendapat predikat tertinggi di SMK Negeri Sangtombolang Observasi wawancara dan dokumentasi dilakukan sebagai teknik pengumpulan data dalam penelitian ini Hingga akhirnya penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi kenaikan nilai rata rata pada semester ganjil untuk pembelajaran jaringan dasar Peringkat 1 dengan nilai pengetahuan 92 2 keterampilan 90 Peringkat 2 dengan nilai pengetahuan 88 5 keterampilan 84 Peringkat 3 dengan nilai 86 4 keterampilan 88 Kesimpulkan dari penelitian yang dilakukan yaitu pembelajaran daring yang dilaksanakan di SMK Negeri Sangtombolang sudah berjalan dengan efektif namun disamping itu perlu dicarikan solusi terhadap berbagai masalah yang dihadapi < em>< p>

References

Anita S 2020 Penerapan Pembelajaran dalam Jaringan Daring Pada anak usia dini selama Pandemi Virus Covid 19 di Kelompok A BA Aisiyah Timbang Kecamatan Kejobong Kabupaten Purbalingga Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Purwokerto: Purwokerto

Darmalaksana W Hambali R Masrur A Muhlas M 2020 Analisis pembelajaran online masa wfh pandemic covid 19 sebagai tantangan pemimpin digital abad 21 Karya Tulis Ilmiah KTI Masa Work From Home WFH Covid 19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung 1 12

Hanum N S 2013 The effectiveness of e learning as a learning medium evaluation study of the e learning learning model of SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto J Educators Vocational 3 1 90 102

Hartanto W 2016 Penggunaan e learning sebagai media pembelajaran Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial 10 1

Kurniawan B Wiharna O Permana T 2017 Studi analisis faktor faktor yang mempengaruhi hasil belajar pada mata pelajaran teknik listrik dasar otomotif Journal of Mechanical Engineering Education 4 2

Megawanti P 2015 Meretas Permasalahan Pendidikan Di Indonesia Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 2 3

Muhson A 2010 Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia 8 2

Nurrita T 2018 Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa MISYKAT: Jurnal Ilmu ilmu Al Quran Hadist Syari ah dan Tarbiyah 3 1

Rigianti H A 2020 Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar Di Banjarnegara Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke SD an 7 2

Sari I P 2017 Implementasi pembelajaran berbasis e learning menggunakan claroline Research and Development Journal of Education 4 1

Setiawan A R Puspaningrum M Umam K 2019 Pembelajaran daring di tengah wabah COVID 19 TARBAWY Indones J Islam Educ 6 2 187 192

Sjukur S B 2012 Pengaruh blended learning terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa di tingkat SMK Jurnal pendidikan vokasi 2 3

Susanti S Zulfiana A 2018 Jenis Jenis Media Dalam Pembelajaran Jenis Jenis Media Dalam Pembelajaran 1 16

Tafonao T 2018 Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa Jurnal Komunikasi Pendidikan 2 2 103 114

Downloads

Published

2021-12-13

How to Cite

ANALISIS PEMBELAJARAN DARING PADA SMK. (2021). Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(1), 90 96. https://doi.org/10.53682/edutik.v1i1.1540