PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR DESAIN GRAFIS PERCETAKAN DI SMK
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v1i3.1544Keywords:
Media Animasi, Hasil Belajar, Metode EksperimenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran animasi dan mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa kelas XI dalam mata pelajaran desain grafis Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dimana Penelitian eksperimen merupakan metode penelitian yang paling produktif yang dapat menjawab hipotesis yang berkaitan dengan hubungan sebab akibat suatu variabel Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data menggunakan metode Tes Metode dokumentasi dan Lembar Observasi Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat dilihat data dari hasil penelitian berdistribusi normal dan homogen dengan demikian untuk melihat apakah dengan menerapkan Pembelajaran berbasis media animasi dapat berpengaruh terhadap hasil belajar atau tidak dilakukan dengan uji paired samples t test Hasil dari kedua kelompok ini hasil belajarnya yang lebih tinggi adalah kelompok eksperimen atau kelompok yang menerapkan Pembelajaran berbasis media animasi Dari hasil penelitian ini peneliti menyimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Penggunaan Pembelajaran berbasis media animasi Terhadap Hasil Belajar pada mata pelajaran desain grafis percetakan di SMK Negeri 1 Motoling Timur < em>< p>
References
Arikunto S 2014 Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik Rineka cipta
Degeng I N S Sudana N 1989 Ilmu pengajaran taksonomi variabel Jakarta
Djamarah S B Zain A 2010 Strategi Belajar Mengajar cet ke 4 Jakarta: PT Rineka Cipta
Fatakh I 2008 Media Edukasi Untuk Semua: Batubara
Fatakh M I A Ikhwanudin M 2010 Pengaruh Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Asam Basa Terintegrasi Nilai Skripsi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
Fatimah S 2017 Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Statistik Melalui Model Group Investigation Berbasis Kontekstual Pada Siswa Kelas Xi Ipa 2 Semester I Sma 15 Semarang Tahun Ajaran 2014 2015 Jurnal Karya Pendidikan Matematika 4 1
Furoidah A 2020 Media Pembelajaran Dan Peran Pentingnya Dalam Pengajaran Dan Pembelajaran Bahasa Arab Al Fusha: Arabic Language Education Journal 2 2 63 77
Joni T R 2016 Pembelajaran yang mendidik: Artikulasi konseptual terapan kontekstual dan verifikasi empirik Jurnal Ilmu Pendidikan 12 2
Latuheru J D 1988 Media pembelajaran dalam proses belajar mengajar masa kini Jakarta: Depdikbud
Majid A 2008 Perencanaan pembelajaran mengembangkan standar kompetensi guru Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Mappeasse M Y 2009 Pengaruh cara dan motivasi belajar terhadap hasil belajar programmable logic controller PLC siswa kelas III jurusan listrik SMK Negeri 5 Makassar Jurnal Medtek 1 2 1 6
Mulyasa E 2010 Penelitian tindakan kelas Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Munir P D 2012 Multimedia konsep aplikasi dalam pendidikan
Nugroho P S Sofyan A F 2011 Perancangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Untuk Dasar Dasar Pembuatan Animasi 2D Menggunakan Macromedia Flash MX 2004 None 12 4 177833
Nurhasanah S Sobandi A 2016 Minat belajar sebagai determinan hasil belajar siswa Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran JPManper 1 1 128 135
Riyanto A 2011 Aplikasi metodologi: penelitian kesehatan
Sadiman A 2008 Media Pengajaran Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Slameto 1988 Belajar dan Faktor faktor yang Mempengaruhinya Bina Aksara
Sugiyono 2014 Metode penelitian pendidikan: pendekatan kuantitatif kualitatif dan R D Alfabeta
Sugiyono P 2015 Metode penelitian kombinasi mixed methods Bandung: Alfabeta
Suheri A 2006 Animasi multimedia pembelajaran Jurnal Media Teknologi 2 1 27 33
Sumantri M Permana J 2001 Strategi belajar mengajar Bandung: CV Maulana
Sundayana R 2014 Statistika penelitian pendidikan Bandung: Alfabeta
Zain A 2020 Strategi belajar mengajar
