PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR DESAIN GRAFIS PERCETAKAN DI SMK

Authors

  • Kevin Higen Saroinsong Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Rudy Harijadi Wibowo Pardanus Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Luckie Sojow Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v1i3.1544

Keywords:

Media Animasi, Hasil Belajar, Metode Eksperimen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran animasi dan mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa kelas XI dalam mata pelajaran desain grafis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, dimana Penelitian eksperimen merupakan metode penelitian yang paling produktif, yang dapat menjawab hipotesis yang berkaitan dengan hubungan sebab akibat suatu variabel. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data menggunakan metode Tes, Metode dokumentasi, dan Lembar Observasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat dilihat data dari hasil penelitian berdistribusi normal dan homogen dengan demikian, untuk melihat apakah dengan menerapkan Pembelajaran berbasis media animasi dapat berpengaruh terhadap hasil belajar atau tidak dilakukan dengan uji paired samples t-test. Hasil dari kedua kelompok ini hasil belajarnya yang lebih tinggi adalah kelompok eksperimen atau kelompok yang menerapkan Pembelajaran berbasis media animasi. Dari hasil penelitian ini peneliti menyimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Penggunaan Pembelajaran berbasis media animasi Terhadap Hasil Belajar pada mata pelajaran desain grafis percetakan di SMK Negeri 1 Motoling Timur.

References

Arikunto, S. (2014). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Rineka cipta.

Degeng, I. N. S., & Sudana, N. (1989). Ilmu pengajaran taksonomi variabel. Jakarta.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar, cet. ke-4. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Fatakh, I. (2008). Media Edukasi Untuk Semua: Batubara.

Fatakh, M. I. A., & Ikhwanudin, M. (2010). Pengaruh Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Asam-Basa Terintegrasi Nilai. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Fatimah, S. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Statistik Melalui Model Group Investigation Berbasis Kontekstual Pada Siswa Kelas Xi Ipa 2 Semester I Sma 15 Semarang Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 4(1).

Furoidah, A. (2020). Media Pembelajaran Dan Peran Pentingnya Dalam Pengajaran Dan Pembelajaran Bahasa Arab. Al-Fusha: Arabic Language Education Journal, 2(2), 63-77.

Joni, T. R. (2016). Pembelajaran yang mendidik: Artikulasi konseptual, terapan kontekstual, dan verifikasi empirik. Jurnal Ilmu Pendidikan, 12(2).

Latuheru, J. D. (1988). Media pembelajaran dalam proses belajar mengajar masa kini. Jakarta: Depdikbud.

Majid, A. (2008). Perencanaan pembelajaran mengembangkan standar kompetensi guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mappeasse, M. Y. (2009). Pengaruh cara dan motivasi belajar terhadap hasil belajar programmable logic controller (PLC) siswa kelas III jurusan listrik SMK Negeri 5 Makassar. Jurnal Medtek, 1(2), 1-6.

Mulyasa, E. (2010). Penelitian tindakan kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Munir, P. D. (2012). Multimedia konsep & aplikasi dalam pendidikan.

Nugroho, P. S., & Sofyan, A. F. (2011). Perancangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Untuk Dasar-Dasar Pembuatan Animasi 2D Menggunakan Macromedia Flash MX 2004. None, 12(4), 177833.

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 1(1), 128-135.

Riyanto, A. (2011). Aplikasi metodologi: penelitian kesehatan.

Sadiman, A. (2008). Media Pengajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Slameto. (1988). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Bina Aksara.

Sugiyono. (2014). Metode penelitian pendidikan: (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Alfabeta.

Sugiyono, P. (2015). Metode penelitian kombinasi (mixed methods). Bandung: Alfabeta.

Suheri, A. (2006). Animasi multimedia pembelajaran. Jurnal Media Teknologi, 2(1), 27-33.

Sumantri, M., & Permana, J. (2001). Strategi belajar mengajar. Bandung: CV Maulana.

Sundayana, R. (2014). Statistika penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Zain, A. (2020). Strategi belajar mengajar.

Downloads

Published

2021-12-13

How to Cite

Saroinsong, . K. H., Pardanus, R. H. W., & Sojow, L. (2021). PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR DESAIN GRAFIS PERCETAKAN DI SMK. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(3), 251-267. https://doi.org/10.53682/edutik.v1i3.1544