PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA JARINGAN DASAR SISWA SMK

Authors

  • Frylly Frycylya Warokka Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Mario Tulenan Parinsi Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Agustinus Takaredase Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v1i3.1547

Keywords:

Tipe Team Assisted Individualization, Metode Ceramah, Hasil belajar

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembeajaran kooperatif tipe team assisted individualization terhadap hasil belajar Jaringan dasar siswa kelas X SMK N 1 Tahuna Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata rata belajar siswa adalah 83 6 dan nilai rata rata hasil belajar siswa kelas kontrol adalah 73 hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antar asiswa yang diajarkan dengan model Kooperatif tipe team assisted individualization dan siswa yang diajarkan dengan metode ceramah Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran tipe team assisted individualization berpengaruh positif terhadap hasil belajar Jaringan Dasar siswa SMK N 1 Tahuna < em>< p>

References

Aprita Y M Nuraeni Y S Warpindyastuti L D Syarif M 2021 Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Team Assisted Individualization TAI untuk meningkatkan aktivitas belajar Akuntansi Siswa Yayasan Akrab Pekanbaru 116

Arisandi D 2018 Upaya Guru Mendisiplinkan Siswa Melalaui Layanan Informasi Di Madrasah Aliyah Persiapan Negeri 4 Medan Doctoral dissertation Universitas Islam Negeri Sumatea Utara Medan

Darsono M d 2000 Belajar dan Pembelajaran Semarang: IKIP Semarang Press

Djamaluddin A 2014 Filsfat Kehidupan Filsafat Pendidikan 130

Rusman M 2010 Model Model Pembelajaran Jakarta: Rajagrafindo Persada

Suriansyah A 2011 Landasan Pendidikan J Dalle Z Jamalie Eds Banjarmasin: Comdes

Hartanto T 2016 Model Pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation GI meningkatkan aktivitas dan hasil belajar sejarah Jurnal Historia 131

Hartoto T 2016 Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation GI meningkatkan aktivitas dan hasil belajar sejarah Jurnal Historia 133

Kusmawati N 2017 Pengaruh Model Pembelajaran kooperatif dengan Snowball Throwing terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDN Bondrang Kecamatan Sawoo Kabupaten Ponorogo Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains 5

Megawati Y D Sari A R 2012 Model Pembekajaran Kooperatif tipe Team Assisted Individualization TAI dalam meningkatkan keaktifan siswa dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri I Banjarnegara Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia 167

Ngalimun S M 2017 Strategi Pembelajaran Yogyakarta: Penerbit Parama Ilmu

Sudaryono 2012 Dasar Dasar Evaluasi Pembelajaran Yogyakarta

Sugiyono 2015 Statistika Untuk Penelitia A N S Pd Ed Bandung: ALFABETA

Sugiyono P D 2007 Statistika Untuk Penelitian Bandung: ALFABETA

Tambak S 2014 Metode Ceramah: konsep dan aplikasi dalam pembelajaran pendidikan agama islam jurnal Tarbiyah 377

Downloads

Published

2021-12-13

How to Cite

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA JARINGAN DASAR SISWA SMK. (2021). Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(3), 276 283. https://doi.org/10.53682/edutik.v1i3.1547