PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA JARINGAN DASAR SISWA SMK

Authors

  • Frylly Frycylya Warokka Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Mario Tulenan Parinsi Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Agustinus Takaredase Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v1i3.1547

Keywords:

Tipe Team Assisted Individualization, Metode Ceramah, Hasil belajar

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembeajaran kooperatif tipe team assisted individualization terhadap hasil belajar Jaringan dasar siswa kelas X SMK N 1 Tahuna. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata – rata belajar siswa adalah 83,6 dan nilai rata – rata hasil belajar siswa kelas kontrol adalah 73 hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antar asiswa yang diajarkan dengan model Kooperatif tipe team assisted individualization dan siswa yang diajarkan dengan metode ceramah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran tipe team assisted individualization berpengaruh positif terhadap hasil belajar Jaringan Dasar siswa SMK N 1 Tahuna.

References

Aprita, Y. M., Nuraeni, Y. S., Warpindyastuti, L. D., & Syarif, M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Team Assisted Individualization ( TAI ) untuk meningkatkan aktivitas belajar Akuntansi Siswa. Yayasan Akrab Pekanbaru , 116.

Arisandi, D. (2018). Upaya Guru Mendisiplinkan Siswa Melalaui Layanan Informasi Di Madrasah Aliyah Persiapan Negeri 4 Medan (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatea Utara Medan).

Darsono, M. d. (2000). Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press.

Djamaluddin, A. (2014). Filsfat Kehidupan. Filsafat Pendidikan , 130.

Rusman, M. (2010). Model Model Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Suriansyah, A. (2011). Landasan Pendidikan. (J. Dalle, & Z. Jamalie, Eds.) Banjarmasin: Comdes.

Hartanto, T. (2016). Model Pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation (GI) meningkatkan aktivitas dan hasil belajar sejarah. Jurnal Historia , 131.

Hartoto, T. (2016). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) meningkatkan aktivitas dan hasil belajar sejarah. Jurnal Historia , 133.

Kusmawati, N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran kooperatif dengan Snowball Throwing terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDN Bondrang Kecamatan Sawoo Kabupaten Ponorogo . Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains , 5.

Megawati, Y. D., & Sari, A. R. (2012). Model Pembekajaran Kooperatif tipe Team Assisted Individualization(TAI) dalam meningkatkan keaktifan siswa dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri I Banjarnegara. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia , 167.

Ngalimun, S. M. (2017). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Parama Ilmu.

Sudaryono. (2012). Dasar - Dasar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta.

Sugiyono. (2015). Statistika Untuk Penelitia. (A. N. S.Pd, Ed.) Bandung: ALFABETA.

Sugiyono, P. D. (2007). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: ALFABETA.

Tambak, S. (2014). Metode Ceramah: konsep dan aplikasi dalam pembelajaran pendidikan agama islam. jurnal Tarbiyah , 377.

Downloads

Published

2021-12-13

How to Cite

Warokka, F. F., Parinsi, M. T., & Takaredase, A. (2021). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA JARINGAN DASAR SISWA SMK. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(3), 276-283. https://doi.org/10.53682/edutik.v1i3.1547