PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA JARINGAN DASAR SISWA SMK
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v1i3.1547Keywords:
Tipe Team Assisted Individualization, Metode Ceramah, Hasil belajarAbstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembeajaran kooperatif tipe team assisted individualization terhadap hasil belajar Jaringan dasar siswa kelas X SMK N 1 Tahuna Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata rata belajar siswa adalah 83 6 dan nilai rata rata hasil belajar siswa kelas kontrol adalah 73 hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antar asiswa yang diajarkan dengan model Kooperatif tipe team assisted individualization dan siswa yang diajarkan dengan metode ceramah Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran tipe team assisted individualization berpengaruh positif terhadap hasil belajar Jaringan Dasar siswa SMK N 1 Tahuna < em>< p>
References
Aprita Y M Nuraeni Y S Warpindyastuti L D Syarif M 2021 Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Team Assisted Individualization TAI untuk meningkatkan aktivitas belajar Akuntansi Siswa Yayasan Akrab Pekanbaru 116
Arisandi D 2018 Upaya Guru Mendisiplinkan Siswa Melalaui Layanan Informasi Di Madrasah Aliyah Persiapan Negeri 4 Medan Doctoral dissertation Universitas Islam Negeri Sumatea Utara Medan
Darsono M d 2000 Belajar dan Pembelajaran Semarang: IKIP Semarang Press
Djamaluddin A 2014 Filsfat Kehidupan Filsafat Pendidikan 130
Rusman M 2010 Model Model Pembelajaran Jakarta: Rajagrafindo Persada
Suriansyah A 2011 Landasan Pendidikan J Dalle Z Jamalie Eds Banjarmasin: Comdes
Hartanto T 2016 Model Pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation GI meningkatkan aktivitas dan hasil belajar sejarah Jurnal Historia 131
Hartoto T 2016 Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation GI meningkatkan aktivitas dan hasil belajar sejarah Jurnal Historia 133
Kusmawati N 2017 Pengaruh Model Pembelajaran kooperatif dengan Snowball Throwing terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDN Bondrang Kecamatan Sawoo Kabupaten Ponorogo Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains 5
Megawati Y D Sari A R 2012 Model Pembekajaran Kooperatif tipe Team Assisted Individualization TAI dalam meningkatkan keaktifan siswa dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri I Banjarnegara Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia 167
Ngalimun S M 2017 Strategi Pembelajaran Yogyakarta: Penerbit Parama Ilmu
Sudaryono 2012 Dasar Dasar Evaluasi Pembelajaran Yogyakarta
Sugiyono 2015 Statistika Untuk Penelitia A N S Pd Ed Bandung: ALFABETA
Sugiyono P D 2007 Statistika Untuk Penelitian Bandung: ALFABETA
Tambak S 2014 Metode Ceramah: konsep dan aplikasi dalam pembelajaran pendidikan agama islam jurnal Tarbiyah 377
