PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL SISWA SMK

Authors

  • Gledis Sonia Rosaline Mamuaya Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Herry Sumual Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Peggy Veronika Togas Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v1i4.2178

Keywords:

Problem Based Learning, Model Pembelajaran Konvensional, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu (quasi experimental) dengan desain pretest-posttest control group design, dan variabel yang akan diamati adalah hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah) dan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Konvensional (Ceramah). Penelitian ini dilaksanan di SMK N 1 Kakas, pada dua kelas berjumlah 20 siswa pada masing-masing kelas yang dipilih secara acak. Berdasarkan hasil analisis data, maka dapat diperoleh bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi dibandingkan siswa yang menggunakan model pembelajaran Konvensional, dan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Pernyataan ini didasarkan pada hasil uji hipotesis terhadap hasil posttest kedua kelompok, hasilnya yaitu nilai thitung = 7,152 dan ttabel pada taraf signifikansi 5% untuk dk = 20 adalah 2,127, terlihat bahwa thitung 7,152 > 2,127 ttabel.

References

Amir, T. (2009). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning: Bagaimana Pendidik.

Arikunto, S. (2002). Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Duch, J. (1995). Problem Based Learning in Physics: The Power of Student Teaching Student. [Online]: Tersedia: http://www.udel.edu/pbl/cte/jan95-phys.html.

Hamalik, O. (2002). Psikologi Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Al gensindo.

Nasution, S. (2000). Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar, (Jakarta : Bumi Aksara, 2000).

Rusman. (2012). Model–Model Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Sandre, H. I., Paat, W. R. L., & Pratasik, S. (2021). Analisis Pembelajaran Daring Pada SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(3), 39-45.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya.Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, N. (2005). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, A. (2010). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi. PAIKEM. Yokyakarta: Pustaka Belajar.

Suyanto. (2008). Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jakarta: Grafindo.

Taula, S. F. H., Palilingan, V. R., & Olii, D. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA SMA. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(2), 54-70.

Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Downloads

Published

2021-12-13

How to Cite

Mamuaya, G. S. R., Sumual, H., & Togas, P. V. (2021). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL SISWA SMK. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(4), 350-363. https://doi.org/10.53682/edutik.v1i4.2178