PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL SISWA SMK

Authors

  • Gledis Sonia Rosaline Mamuaya Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Herry Sumual Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Peggy Veronika Togas Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v1i4.2178

Keywords:

Problem Based Learning, Model Pembelajaran Konvensional, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu quasi experimental dengan desain pretest posttest control group design dan variabel yang akan diamati adalah hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning Pembelajaran Berbasis Masalah dan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Konvensional Ceramah Penelitian ini dilaksanan di SMK N 1 Kakas pada dua kelas berjumlah 20 siswa pada masing masing kelas yang dipilih secara acak Berdasarkan hasil analisis data maka dapat diperoleh bahwa nilai rata rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi dibandingkan siswa yang menggunakan model pembelajaran Konvensional dan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa Pernyataan ini didasarkan pada hasil uji hipotesis terhadap hasil posttest kedua kelompok hasilnya yaitu nilai thitung < sub>= 7 152 dan ttabel< sub> pada taraf signifikansi 5 untuk dk = 20 adalah 2 127 terlihat bahwa thitung< sub> 7 152 gt; 2 127 ttabel < sub>< em>< p>

References

Amir T 2009 Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning: Bagaimana Pendidik

Arikunto S 2002 Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal Jakarta: PT Rineka Cipta

Duch J 1995 Problem Based Learning in Physics: The Power of Student Teaching Student [Online]: Tersedia: http: www udel edu pbl cte jan95 phys html

Hamalik O 2002 Psikologi Belajar Mengajar Bandung: Sinar Baru Al gensindo

Nasution S 2000 Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar Jakarta : Bumi Aksara 2000

Rusman 2012 Model Model Pembelajaran Depok: PT Rajagrafindo Persada

Sandre H I Paat W R L Pratasik S 2021 Analisis Pembelajaran Daring Pada SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 3 39 45

Slameto 2003 Belajar dan Faktor faktor yang mempengaruhinya Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana N 2005 Dasar dasar Proses Belajar Mengajar Bandung: Sinar Baru Algensindo

Sugiyono 2016 Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R D Bandung: Alfabeta

Sugiyono 2013 Statistika untuk Penelitian Bandung: Alfabeta

Suprijono A 2010 Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM Yokyakarta: Pustaka Belajar

Suyanto 2008 Model Pembelajaran Problem Based Learning Jakarta: Grafindo

Taula S F H Palilingan V R Olii D 2021 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA SMA Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi 1 2 54 70

Trianto 2007 Model model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik Jakarta: Prestasi Pustaka

Downloads

Published

2021-12-13

How to Cite

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL SISWA SMK. (2021). Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(4), 350 363. https://doi.org/10.53682/edutik.v1i4.2178