PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL SISWA SMK
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v1i4.2178Keywords:
Problem Based Learning, Model Pembelajaran Konvensional, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu quasi experimental dengan desain pretest posttest control group design dan variabel yang akan diamati adalah hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning Pembelajaran Berbasis Masalah dan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Konvensional Ceramah Penelitian ini dilaksanan di SMK N 1 Kakas pada dua kelas berjumlah 20 siswa pada masing masing kelas yang dipilih secara acak Berdasarkan hasil analisis data maka dapat diperoleh bahwa nilai rata rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi dibandingkan siswa yang menggunakan model pembelajaran Konvensional dan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa Pernyataan ini didasarkan pada hasil uji hipotesis terhadap hasil posttest kedua kelompok hasilnya yaitu nilai thitung < sub>= 7 152 dan ttabel< sub> pada taraf signifikansi 5 untuk dk = 20 adalah 2 127 terlihat bahwa thitung< sub> 7 152 gt; 2 127 ttabel < sub>< em>< p>
References
Amir T 2009 Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning: Bagaimana Pendidik
Arikunto S 2002 Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal Jakarta: PT Rineka Cipta
Duch J 1995 Problem Based Learning in Physics: The Power of Student Teaching Student [Online]: Tersedia: http: www udel edu pbl cte jan95 phys html
Hamalik O 2002 Psikologi Belajar Mengajar Bandung: Sinar Baru Al gensindo
Nasution S 2000 Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar Jakarta : Bumi Aksara 2000
Rusman 2012 Model Model Pembelajaran Depok: PT Rajagrafindo Persada
Sandre H I Paat W R L Pratasik S 2021 Analisis Pembelajaran Daring Pada SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 3 39 45
Slameto 2003 Belajar dan Faktor faktor yang mempengaruhinya Jakarta: Rineka Cipta
Sudjana N 2005 Dasar dasar Proses Belajar Mengajar Bandung: Sinar Baru Algensindo
Sugiyono 2016 Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R D Bandung: Alfabeta
Sugiyono 2013 Statistika untuk Penelitian Bandung: Alfabeta
Suprijono A 2010 Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM Yokyakarta: Pustaka Belajar
Suyanto 2008 Model Pembelajaran Problem Based Learning Jakarta: Grafindo
Taula S F H Palilingan V R Olii D 2021 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA SMA Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi 1 2 54 70
Trianto 2007 Model model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik Jakarta: Prestasi Pustaka
