PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP HASIL BELAJAR DASAR DESAIN GRAFIS SISWA SMK
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v1i3.2215Keywords:
Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Hasil Belajar, Model KonvensionalAbstract
Pembelajaran merupakan suatu sistem yang terdiri dari berbagai komponen (tujuan, materi, metode dan evaluasi) yang harus dipenuhi guna ketercapaian tujuan pembelajaran yang diterapkan. Penggunaan model pembelajaran merupakan bingkai dari metode, pendekatan dan teknik pembelajaran yang mencakup rencana atau pola yang digunakan dalam penyelenggaraan sebuah pelajaran. Berdasarkan hasil observasi lapangan dan wawancara dengan guru mata pelajaran dasar desain grafis bahwa > hasil belajar 25 siswa kelas X TKJ 1 dan hasil belajar 25 siswa kelas X TKJ 2 di SMK Negeri 1 Modoinding belum tuntas. Disebabkan karena kurang aktifnya siswa dan penggunaan model pembelajaran yang belum tepat. Dari berbagai macam model pembelajaran, Model Pembelajaran Berbasis Proyek menjadi solusi sebagai pendekatan penciptaan lingkungan belajar yang dapat mendorong siswa aktif membangun pengetahuan dari keterampilan secara personal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap hasil belajar dalam mata pelajaran dasar desain grafis bagi siswa kelas X TKJ di SMK Negeri 1 Modoinding. Subjek penelitian ini menggunakan satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol pada siswa SMK Negeri 1 Modoinding kelas X jurusan TKJ. Data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari pre-test dan post-test, kemudian dianalisis dengan uji t. Setelah mengumpulkan dan menganalisis data penelitian, hasil penelitian menunjukkan bahwa dibandingkan dengan kelompok kontrol, siswa pada kelompok eksperimen memiliki hasil belajar yang lebih baik secara signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Proyek dapat secara efektif meningkatkan efek belajar siswa.
References
Aunurrahmann. (2012). Belajar dan Pembelajran. Togyakarta: Alfabeta
Bern, R.G., & Erickson, P.M. (2001). Contextual teaching and learning: preparing students for the new economy. Journal of Research no 5.
Jihad, A & Haris, A. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta : Multi Press.
Riduwan. (2012). Metode & Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung:
Alfabeta.
Rusman. (2016). Pembelajaran Tematit Terpadu, Teori, Praktik Dan Penilaian. Jakarta: Rajawali Pers.
Slameto. (2010). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsiro.
Sugiyono. (2010). Statistic Nonparametris Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Thobroni M. (2015). Belajar dan Pembelajaran Teori dan Praktik. Yogyakarta: Aru- Ruzz Media
Thomas, J. W. Mergendoller, J. R. & Michaelson, A. (1999). Project-Based Learning: A Handbook for Middle and High School Teachers. Online.
Waworuntu, J. (2013). Buku Ajar Statistika PTIK. Universitas Negeri Manado: LP2I.
Pauran, D. C., Waworuntu, J. and Takaredase, A. (2021). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY TERHADAP HASIL BELAJAR DI SMK, Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(2), pp. 29-40
Zahroh, S. F. (2019). PENGARUH PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DALAM MANIPULASI GAMBAR RASTER DENGAN MENGGUNAKAN FITUR EFEK PADA MATA PELAJARAN DASAR DESAIN GRAFIS BAGI SISWA KELAS X DI SMK ANTARTIKA 2 SIDOARJO. Universitas Negeri Surabaya
Ratumanan. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta : Pensil komunika
Fathurrohman, M. (2015). Model-model Pembelajaran Inovatif Alternatif Desain Pembelajaran Yang Menyenangkan. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media.