PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP HASIL BELAJAR DASAR DESAIN GRAFIS SISWA SMK

Authors

  • Claudia Tumuyu Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Verry Ronny Palilingan Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Jimmy Waworuntu Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v1i3.2215

Keywords:

Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Hasil Belajar, Model Konvensional

Abstract

Pembelajaran merupakan suatu sistem yang terdiri dari berbagai komponen tujuan materi metode dan evaluasi yang harus dipenuhi guna ketercapaian tujuan pembelajaran yang diterapkan Penggunaan model pembelajaran merupakan bingkai dari metode pendekatan dan teknik pembelajaran yang mencakup rencana atau pola yang digunakan dalam penyelenggaraan sebuah pelajaran Berdasarkan hasil observasi lapangan dan wawancara dengan guru mata pelajaran dasar desain grafis bahwa gt; hasil belajar 25 siswa kelas X TKJ 1 dan hasil belajar 25 siswa kelas X TKJ 2 di SMK Negeri 1 Modoinding belum tuntas Disebabkan karena kurang aktifnya siswa dan penggunaan model pembelajaran yang belum tepat Dari berbagai macam model pembelajaran Model Pembelajaran Berbasis Proyek menjadi solusi sebagai pendekatan penciptaan lingkungan belajar yang dapat mendorong siswa aktif membangun pengetahuan dari keterampilan secara personal Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap hasil belajar dalam mata pelajaran dasar desain grafis bagi siswa kelas X TKJ di SMK Negeri 1 Modoinding Subjek penelitian ini menggunakan satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol pada siswa SMK Negeri 1 Modoinding kelas X jurusan TKJ Data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari pre test dan post test kemudian dianalisis dengan uji t Setelah mengumpulkan dan menganalisis data penelitian hasil penelitian menunjukkan bahwa dibandingkan dengan kelompok kontrol siswa pada kelompok eksperimen memiliki hasil belajar yang lebih baik secara signifikan Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Proyek dapat secara efektif meningkatkan efek belajar siswa < em>< p>

References

Aunurrahmann 2012 Belajar dan Pembelajran Togyakarta: Alfabeta

Bern R G Erickson P M 2001 Contextual teaching and learning: preparing students for the new economy Journal of Research no 5

Jihad A Haris A 2009 Evaluasi Pembelajaran Yogyakarta : Multi Press

Riduwan 2012 Metode Teknik Menyusun Proposal Penelitian Bandung:

Alfabeta

Rusman 2016 Pembelajaran Tematit Terpadu Teori Praktik Dan Penilaian Jakarta: Rajawali Pers

Slameto 2010 Belajar Dan Faktor Faktor Yang Mempengaruhinya Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana 2005 Metode Statistika Bandung: Tarsiro

Sugiyono 2010 Statistic Nonparametris Untuk Penelitian Bandung: Alfabeta

Thobroni M 2015 Belajar dan Pembelajaran Teori dan Praktik Yogyakarta: Aru Ruzz Media

Thomas J W Mergendoller J R Michaelson A 1999 Project Based Learning: A Handbook for Middle and High School Teachers Online

Waworuntu J 2013 Buku Ajar Statistika PTIK Universitas Negeri Manado: LP2I

Pauran D C Waworuntu J and Takaredase A 2021 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY TERHADAP HASIL BELAJAR DI SMK Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 2 pp 29 40

Zahroh S F 2019 PENGARUH PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DALAM MANIPULASI GAMBAR RASTER DENGAN MENGGUNAKAN FITUR EFEK PADA MATA PELAJARAN DASAR DESAIN GRAFIS BAGI SISWA KELAS X DI SMK ANTARTIKA 2 SIDOARJO Universitas Negeri Surabaya

Ratumanan 2015 Belajar dan Pembelajaran Yogyakarta : Pensil komunika

Fathurrohman M 2015 Model model Pembelajaran Inovatif Alternatif Desain Pembelajaran Yang Menyenangkan Jogjakarta : Ar Ruzz Media

Downloads

Published

2021-12-13

How to Cite

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP HASIL BELAJAR DASAR DESAIN GRAFIS SISWA SMK. (2021). Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(3), 307 321. https://doi.org/10.53682/edutik.v1i3.2215