PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL SISWA SMK

Authors

  • Yulianti Badjin Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Verry Ronny Palilingan Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Parabelem Tinno Dolf Rompas Program Studi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Program Pasca Sarjana, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v1i2.2257

Keywords:

Penelitian Tindakan Kelas, Group Investigation, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan   untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa pada mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital dapat meningkat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dikelas X TBU 1 SMK Pertambangan Buli. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Desain penelitian tindakan kelas ini mengacu rancangan model Jhon Elliot. Penelitian ini dilaksanakan di kelas  kelas X TBU 1 SMK Pertambangan Buli yang terdiri dari 28 Siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, Wawancara, Tes dan Dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital. Meningkatnya hasil belajar tersebut dapat dilihat perbandingan antara siklus pertama (I) dan siklus kedua (II), yaitu siklus pertama (I) presentase ketuntasan hasil belajar  simulasi dan komunikasi digital baru mencapai 71,32% sedangkan pada siklus II presentase ketuntasan hasil belajar simulasi dan komunikasi digital terjadi peningkatan sebesar 85,71%. Kesimpulan dalam penelitian yang dilakukan membuktikan bahwa adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation.

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati & Mujiono. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:Rineka Cipta.

Djamarah, S. B. (2002). Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional .

Hamalik, O. (2008). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Huda, M. (2013). Cooperative Learning. (Yogyakarta:Pustaka Belajar)

Ihsana, E. K. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kiranawati. (2007). Model Pembelajaran Concept Sentence.

Made, W. (2011) Strategi Pembelajaran Inovatif Kontenporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Muhson, A. (2010) Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2)

Nashar. (2004). Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal Dalam Kegiatan Pembelajaran. Delia Pers. Jakarta.

Sanjaya, W. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup

Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA

Rusman. (2018). Model-model Pembelajaran. Depok: Raja Grafindo Persada

Trianto. (2012). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Surabaya: Kencana

Thursan, H. (2005). Belajar Efektif. Jakarta : Puspa Swara.

Downloads

Published

2021-12-13

How to Cite

Badjin, Y., Palilingan, V. R., & Rompas, P. T. D. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL SISWA SMK. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(2), 181-194. https://doi.org/10.53682/edutik.v1i2.2257