PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL SISWA SMK
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v1i2.2257Keywords:
Penelitian Tindakan Kelas, Group Investigation, Hasil BelajarAbstract
P< em>enelitian ini< em> bertujuan < em> nbsp; nbsp;untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa pada mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital dapat meningkat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dikelas X TBU 1 SMK Pertambangan Buli < em>Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas Desain penelitian tindakan kelas ini mengacu rancangan model Jhon Elliot < em>Penelitian ini dilaksanakan < em>di< em> kelas nbsp; kelas X TBU 1 SMK Pertambangan Buli yang terdiri dari 28 Siswa < em> Metode pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi Wawancara Tes dan Dokumentasi < em>Hasil penelitian ini menunjukan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital Meningkatnya hasil belajar tersebut dapat dilihat perbandingan antara siklus pertama I dan siklus kedua II yaitu siklus pertama I presentase ketuntasan hasil belajar nbsp; simulasi dan komunikasi digital baru mencapai 71 32 sedangkan pada siklus II presentase ketuntasan hasil belajar simulasi dan komunikasi digital terjadi peningkatan sebesar 85 71 < em> Kesimpulan dalam< em> penelitian yang dilakukan membuktikan bahwa adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation < em>< p>
References
Arikunto S 2010 Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Jakarta: Rineka Cipta
Dimyati Mujiono 2016 Belajar dan Pembelajaran Jakarta:Rineka Cipta
Djamarah S B 2002 Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru Surabaya: Usaha Nasional
Hamalik O 2008 Proses Belajar Mengajar Jakarta: PT Bumi Aksara
Huda M 2013 Cooperative Learning Yogyakarta:Pustaka Belajar
Ihsana E K 2017 Belajar dan Pembelajaran Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Kiranawati 2007 Model Pembelajaran Concept Sentence
Made W 2011 Strategi Pembelajaran Inovatif Kontenporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional Jakarta: PT Bumi Aksara
Muhson A 2010 Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia 8 2
Nashar 2004 Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal Dalam Kegiatan Pembelajaran Delia Pers Jakarta
Sanjaya W 2011 Penelitian Tindakan Kelas Jakarta: Kencana Prenada Media Grup
Sudjana N 2016 Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA
Rusman 2018 Model model Pembelajaran Depok: Raja Grafindo Persada
Trianto 2012 Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif Surabaya: Kencana
Thursan H 2005 Belajar Efektif Jakarta : Puspa Swara
