PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL SISWA SMK
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v1i2.2257Keywords:
Penelitian Tindakan Kelas, Group Investigation, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa pada mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital dapat meningkat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dikelas X TBU 1 SMK Pertambangan Buli. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Desain penelitian tindakan kelas ini mengacu rancangan model Jhon Elliot. Penelitian ini dilaksanakan di kelas kelas X TBU 1 SMK Pertambangan Buli yang terdiri dari 28 Siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, Wawancara, Tes dan Dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital. Meningkatnya hasil belajar tersebut dapat dilihat perbandingan antara siklus pertama (I) dan siklus kedua (II), yaitu siklus pertama (I) presentase ketuntasan hasil belajar simulasi dan komunikasi digital baru mencapai 71,32% sedangkan pada siklus II presentase ketuntasan hasil belajar simulasi dan komunikasi digital terjadi peningkatan sebesar 85,71%. Kesimpulan dalam penelitian yang dilakukan membuktikan bahwa adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation.
References
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Dimyati & Mujiono. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:Rineka Cipta.
Djamarah, S. B. (2002). Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional .
Hamalik, O. (2008). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Huda, M. (2013). Cooperative Learning. (Yogyakarta:Pustaka Belajar)
Ihsana, E. K. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kiranawati. (2007). Model Pembelajaran Concept Sentence.
Made, W. (2011) Strategi Pembelajaran Inovatif Kontenporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Muhson, A. (2010) Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2)
Nashar. (2004). Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal Dalam Kegiatan Pembelajaran. Delia Pers. Jakarta.
Sanjaya, W. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup
Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA
Rusman. (2018). Model-model Pembelajaran. Depok: Raja Grafindo Persada
Trianto. (2012). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Surabaya: Kencana
Thursan, H. (2005). Belajar Efektif. Jakarta : Puspa Swara.