PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN MULTIMEDIA DI SMK
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v1i2.2258Keywords:
Problem Based Learning, Hasil Belajar, Penelitian Tindakan KelasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa setelah mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Manado, pada semester ganjil tahun ajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 33 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar yang berupa tes essay. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar desain grafis. Dari 33 siswa, pencapaian KKM mengalami peningkatan yaitu rata-rata hasil belajar siswa pada siklus 1 sebesar 76% mengalami peningkatan pada siklus 2 menjadi 94% yang tuntas. Hal ini jelas menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2. Dengan demikian, siklus 2 sudah memenuhi indikator pencapaian hasil belajar siswa.
References
Depdikbud. (2013). Kurikulum Pendidikan Dasar (Berdasarkan Suplemen 2013).Jakarta: Depdikbud.
Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Duch, J. B. (1995). Problem Based Learning in Physich: The Power of Student in Teaching Student. Http://www.udel.edu/pbl/cte/jan95phys.html
Hamalik, O. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.
Makmun, A. S. (2002). Psikologi Kependidikan Perangkat Sistem Pengajaran Modul, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Polya, G. (2010). How To Solve it New Jersey: Princeton University Press.
Roestiyah. (1991). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineke Cipta.
Rusmono. (2012). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning Itu Perlu. In Ghalia Indonesia.
Sanjaya. (2007). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Soekamto, T. (1992). Strategi Belajar Mengajar. BP-FKIP UMS.
Sudjana, N. (2010). Dasar-dasar Proses Belajar, Sinar Baru Bandung
Sugihartono. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Suyatno. (2009). Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka.
Trianto. (2012) .Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT.Bumi Aksara.
Yulaelawati. (2004). Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Pakar Raya.