PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SIMULASI DIGITAL SISWA SMK

Authors

  • Savio Kojongian Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Alfrina Mewengkang Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Agustinus Takaredase Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v1i6.3207

Keywords:

Hasil Belajar, Model Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model Problem Based Learning yang dibandingkan dengan siswa yang diajarkan menggunakan metode konvensional. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Desain dalam penelitian ini adalah Nonequivalet Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling. Sampel penelitian berjumlah 23 untuk kelas eksperimen dan 23 untuk kelas kontrol. Kelas eksperimen adalah kelas yang akan diberikan perlakuan model Problem Based learning, sedangkan kelas kontrol adalah kelas yang tidak diberikan perlakuan khusus. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini dilihat dari uji analisis yang dilakukan dengan menggunakan uji-t perbedaan dua rata-rata diperoleh t-hitung= 5,72 > t-tabel=2,02 dengan demikian HO ditolak pada taraf nyata 5% dan menerima Ha. Hal ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok tersebut, sehingga kesimpulannya adalah penggunaan model problem based learning terhadap hasil belajar simulasi digital siswa kelas X SMK Negeri 1 Sinonsayang.

References

Arikunto, S. (2006). Proses Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Dalyono, M. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Dimyati & Mudjiono (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Sudiarto. (1997). Teknik Belajar Kelompok. Bina Aksara. Jakarta

Sudjana, N. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung. PT Remaja Rosdakarya

Sugiyono. (2011). Model Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sukadi , D. (1986). Perencanaan Pengajaran. Bandung: Bumi Aksara

Tirtonegoro, S. (2001). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Andi

Tohorin . (2006). Psikolog Pembelajaran Agama Islam. Raja Grafindo Persada. Jakarta

Winkel, W. (1993). Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Downloads

Published

2022-01-03

How to Cite

Kojongian, S., Mewengkang, A., & Takaredase, A. (2022). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SIMULASI DIGITAL SISWA SMK. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(6), 597-601. https://doi.org/10.53682/edutik.v1i6.3207