PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SIMULASI DIGITAL SISWA SMK
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v1i6.3207Keywords:
Hasil Belajar, Model PembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model Problem Based Learning yang dibandingkan dengan siswa yang diajarkan menggunakan metode konvensional Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen Desain dalam penelitian ini adalah Nonequivalet Control Group Design Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling Sampel penelitian berjumlah 23 untuk kelas eksperimen dan 23 untuk kelas kontrol Kelas eksperimen adalah kelas yang akan diberikan perlakuan model Problem Based learning sedangkan kelas kontrol adalah kelas yang tidak diberikan perlakuan khusus Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini dilihat dari uji analisis yang dilakukan dengan menggunakan uji t perbedaan dua rata rata diperoleh t hitung= 5 72 gt; t tabel=2 02 dengan demikian HO ditolak pada taraf nyata 5 dan menerima Ha Hal ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok tersebut sehingga kesimpulannya adalah penggunaan model problem based learning terhadap hasil belajar simulasi digital siswa kelas X SMK Negeri 1 Sinonsayang < em>< p>
References
Arikunto S 2006 Proses Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Jakarta: PT Rineka Cipta
Dalyono M 2009 Evaluasi Program Pembelajaran Yogyakarta: Pustaka Belajar
Dimyati Mudjiono 2002 Belajar dan Pembelajaran Jakarta: Rineka Cipta
Sudiarto 1997 Teknik Belajar Kelompok Bina Aksara Jakarta
Sudjana N 2005 Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar Bandung PT Remaja Rosdakarya
Sugiyono 2011 Model Penelitian Pendidikan Bandung: Alfabeta
Sukadi D 1986 Perencanaan Pengajaran Bandung: Bumi Aksara
Tirtonegoro S 2001 Strategi Pembelajaran Jakarta: Andi
Tohorin 2006 Psikolog Pembelajaran Agama Islam Raja Grafindo Persada Jakarta
Winkel W 1993 Belajar Mengajar Jakarta: Rineka Cipta
