Pengaruh Penggunaan Media Simulasi Virtual Terhadap Hasil Belajar Teknologi Layanan WAN Siswa SMK
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v2i1.3318Keywords:
Media Simulasi Virtual, Hasil Belajar, Nonequivalent Control Group DesignAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media simulasi Virtual terhadap hasil belajar teknologi layanan WAN siswa TKJ SMK Muhammadiyah Kotamobagu penelitian ini menggunakan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa XI TKJ SMK Muhammadiyah Kotamobagu dengan banyak 50 siswa kemudian diperoleh sampel kelas eksperimen yaitu kelas XI TKJ A dengan jumlah siswa 25 orang dan kelas kontrol yaitu XI TKJ B dengan jumlah siswa 25 orang Data diperoleh dengan melakukan pre test dan post test pada kelas eksperimen dan kelas control Data yang ada kemudian diolah menggunakan uji t dengan bantuan aplikasi SPSS version 26 Hasil analisis data diperoleh nilai signifikan pada uji t adalah 0 00 lt; 0 05 dengan nilai kelas eksperimen 86 72 dan kelas kontrol sebesar 75 24 maka H0 ditolak dan H1 diterima Sehingga dapat disimpulkan bahwa nilai hasil belajar pada pembelajaran menggunakan media simulasi virtual lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional < em>< p>
References
Arsyad A 2011 Media pembelajaran
Azwar S 2003 Sikap Manusia Teori Skala dan Pengukurannya Pustaka Pelajar Jakarta
Bain R 1937 Technology and state government American Sociological Review 2 6 860 874
Hamdani 2005 Strategi Belajar Mengajar Bandung: CV Pustaka Setia
Juman K K 2013 Analisis Dan Perancangan Virtual Local Area Network Pada Rumah Sakit Sitanala
Maulida A S 2015 Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbantuan Media Simulasi Virtual pada Pemahaman Konsep Siswa Sub Pokok Bahasan Translasi dan Refleksi Kelas VII SMP Negeri 3 Jember
Munadi Y 2008 Media pembelajaran sebuah pendekatan baru
Pratasik S 2021 Analisis Efektivitas Pembelajaran Daring Penerbit Lakeisha
Raturandang S Rompas P T D Palilingan V R 2021 PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR JARINGAN DASAR SISWA SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 4 228 237
Satria 2011 Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R D Bandung
Slameto B 2010 Faktor Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar
Sumoked S N Sangkop F I Togas P V 2021 Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Online Terhadap Hasil Belajar Simulasi Dan Komunikasi Digital Siswa Smk Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi 1 4 332 334
Toynbee A 2004 Sejarah Umat Manusia Terj Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Yani J A Sugiyono 2017 Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R D Bandung: Alfabeta
