Pengaruh Penggunaan Media Simulasi Virtual Terhadap Hasil Belajar Teknologi Layanan WAN Siswa SMK
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v2i1.3318Keywords:
Media Simulasi Virtual, Hasil Belajar, Nonequivalent Control Group DesignAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media simulasi Virtual terhadap hasil belajar teknologi layanan WAN siswa TKJ SMK Muhammadiyah Kotamobagu, penelitian ini menggunakan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa XI TKJ SMK Muhammadiyah Kotamobagu dengan banyak 50 siswa kemudian diperoleh sampel kelas eksperimen yaitu kelas XI TKJ A dengan jumlah siswa 25 orang dan kelas kontrol yaitu XI TKJ B dengan jumlah siswa 25 orang. Data diperoleh dengan melakukan pre-test dan post-test pada kelas eksperimen dan kelas control. Data yang ada kemudian diolah menggunakan uji-t dengan bantuan aplikasi SPSS version 26. Hasil analisis data diperoleh nilai signifikan pada uji-t adalah 0,00 < 0,05 dengan nilai kelas eksperimen 86,72 dan kelas kontrol sebesar 75,24 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa nilai hasil belajar pada pembelajaran menggunakan media simulasi virtual lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.
References
Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran.
Azwar, S. (2003). Sikap Manusia Teori Skala dan Pengukurannya. Pustaka Pelajar, Jakarta.
Bain, R. (1937). Technology and state government. American Sociological Review, 2(6), 860-874.
Hamdani. (2005). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.
Juman, K. K. (2013). Analisis Dan Perancangan Virtual Local Area Network Pada Rumah Sakit Sitanala.
Maulida, A. S. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbantuan Media Simulasi Virtual pada Pemahaman Konsep Siswa Sub Pokok Bahasan Translasi dan Refleksi Kelas VII SMP Negeri 3 Jember.
Munadi, Y. (2008). Media pembelajaran sebuah pendekatan baru.
Pratasik, S. (2021). Analisis Efektivitas Pembelajaran Daring. Penerbit Lakeisha.
Raturandang, S., Rompas, P. T. D., & Palilingan, V. R. (2021). PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR JARINGAN DASAR SISWA SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(4), 228-237.
Satria. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung.
Slameto, B. (2010). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar.
Sumoked, S. N., Sangkop, F. I., & Togas, P. V. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Online Terhadap Hasil Belajar Simulasi Dan Komunikasi Digital Siswa Smk. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(4), 332-334.
Toynbee, A. (2004). Sejarah Umat Manusia. Terj. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Yani, J. A. & Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.