Pengaruh Penggunaan Media Simulasi Virtual Terhadap Hasil Belajar Teknologi Layanan WAN Siswa SMK

Authors

  • Syaiful Mokoginta Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Jimmy Waworuntu Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Verry Ronny Palilingan Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v2i1.3318

Keywords:

Media Simulasi Virtual, Hasil Belajar, Nonequivalent Control Group Design

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media simulasi Virtual terhadap hasil belajar teknologi layanan WAN siswa TKJ SMK Muhammadiyah Kotamobagu, penelitian ini menggunakan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa XI TKJ SMK Muhammadiyah Kotamobagu dengan banyak 50 siswa kemudian diperoleh sampel kelas eksperimen yaitu kelas XI TKJ A dengan jumlah siswa 25 orang dan kelas kontrol yaitu XI TKJ B dengan jumlah siswa 25 orang. Data diperoleh dengan melakukan pre-test dan post-test pada kelas eksperimen dan kelas control. Data yang ada kemudian diolah menggunakan uji-t dengan bantuan aplikasi SPSS version 26. Hasil analisis data diperoleh nilai signifikan pada uji-t adalah 0,00 < 0,05 dengan nilai kelas eksperimen 86,72 dan kelas kontrol sebesar 75,24 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa nilai hasil belajar pada pembelajaran menggunakan media simulasi virtual lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.

References

Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran.

Azwar, S. (2003). Sikap Manusia Teori Skala dan Pengukurannya. Pustaka Pelajar, Jakarta.

Bain, R. (1937). Technology and state government. American Sociological Review, 2(6), 860-874.

Hamdani. (2005). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Juman, K. K. (2013). Analisis Dan Perancangan Virtual Local Area Network Pada Rumah Sakit Sitanala.

Maulida, A. S. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbantuan Media Simulasi Virtual pada Pemahaman Konsep Siswa Sub Pokok Bahasan Translasi dan Refleksi Kelas VII SMP Negeri 3 Jember.

Munadi, Y. (2008). Media pembelajaran sebuah pendekatan baru.

Pratasik, S. (2021). Analisis Efektivitas Pembelajaran Daring. Penerbit Lakeisha.

Raturandang, S., Rompas, P. T. D., & Palilingan, V. R. (2021). PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR JARINGAN DASAR SISWA SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(4), 228-237.

Satria. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung.

Slameto, B. (2010). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar.

Sumoked, S. N., Sangkop, F. I., & Togas, P. V. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Online Terhadap Hasil Belajar Simulasi Dan Komunikasi Digital Siswa Smk. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(4), 332-334.

Toynbee, A. (2004). Sejarah Umat Manusia. Terj. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yani, J. A. & Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2022-02-01

How to Cite

Mokoginta, S., Waworuntu, J., & Palilingan, V. R. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Simulasi Virtual Terhadap Hasil Belajar Teknologi Layanan WAN Siswa SMK. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(1), 1-13. https://doi.org/10.53682/edutik.v2i1.3318