Penerapan Cisco Packet Tracer Sebagai media Pembelajaran Jaringan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v2i1.3319Keywords:
Media Pembelajaran, Cisco Packet Tracer, Hasil BelajarAbstract
Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dapat dilakukan dengan menerapkan strategi atau metode pembelajaran efektif di kelas, memperdayakan siswa serta memanfaatkan sumber yang ada di lingkungan sekolah. Aktifitas siswa dalam kegiatan mengajar tersebut ditandai dengan pertisipasi siswa dalam melaksanakan tugas yang diberikan guru. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui peningkatan aktifitas dan belajar siswa melalui penerapan media pembelajaran Penerapan Cisco Packet Tracer Sebagai Media Pembelajaran Jaringan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Kelas XI TKJ di SMK Percis Halmahera. Penelitian ini dilakukan sejak tanggal 1 Februari – 15 Maret 2021 dengan obyek penelitian yaitu siswa kelas XI TKJ sebanyak 30 siswa. Pada pra-siklus ketuntasan klasikal 50%, setelah tindakan penelitian pada siklus I diperoleh ketuntasan klasikal 71%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa, meskipun pembelajar aplikasi Cisco Packet Tracer pada siklus I belum mencapai ketuntasan klasikal pembelajaran Cisco Packet Tracer dilanjutkan pada siklus II. Hasil pada siklus II diperoleh ketuntasan klasikal 86,66%, hal ini menunjukkan bahwa tercapainya ketuntasan belajar secara klasikal. Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa model pembelajaran yang digunakan guru sangat mempengaruhi terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa, hal ini terbukti bahwa dalam penerapan Cisco Packet Tracer Sebagai Media Pembelajaran Jaringan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Kelas XI TKJ di SMK Percis Halmahera menjadi skor ketuntasan sebesar 85% secara klasikal.
References
Asyhar, R. (2012). Creative developing learning media. Jakarta: Referensi Jakarta.
Danta, H. A., Kumajas, S., & Togas, P. V. (2021). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN SIMULASI JARINGAN TERHADAP HASIL BELAJAR INSTALASI PERANGKAT JARINGAN LOKAL SISWA SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(6), 688-699.
Daryanto.(2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media
Dimyati, M. (2006). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Dimyati, B., & Mudjiono, D. B. (2010). Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Haris, A., & Jihad, A. (2013). Evaluasi pembelajaran: Yogyakarta: Multi Pressindo.
Kemmis, S., & McTaggart, R. (2007). Communicative action and the public sphere. The Sage handbook of qualitative research, 559-603.
Muhson, A. (2010). Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Jurnal pendidikan akuntansi indonesia, 8(2).
Mulyadi, (2014). Merancang Bangun Dan Mengkonfigurasi Jaringan WAN Dengan Packet Tracer. Yogyakarta: Andi.
Oemar, H. (2009). Teaching and learning process. Jakarta: Earth Literacy.
Pelealu, A., Komansilan, T., & Takaredase, A. (2021). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN SIMULASI TERHADAP HASIL BELAJAR KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR SISWA SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(5), 452-459.
Sahempa, S., Togas, P. V., & Palilingan, V. R. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR SISWA KELAS X TKJ SMK MUHAMMADIYAH NAHA. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(1), 1-12.
Siniakon, R., Mintjelungan, M. M., & Mewengkang, A. (2021). PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR JARINGAN WAN SISWA KELAS SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(4), 342-349.
Sudjana, N. (2003). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar Cetakan Ketujuh. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.