Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SMP

Authors

  • Arje Cerullo Djamen Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Parabelem Tinno Dolf Rompas Program Studi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Program Pasca Sarjana, Universitas Negeri Manado
  • Marvil Ratumbanua Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v2i1.3389

Keywords:

Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Media Pembelajaran

Abstract

Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam IPA menggunakan media konvensional dapat membuat siswa pasif dalam kegiatan pembelajaran Sehingga perlu mengembangkan media pembelajaran yang menarik efektif dan efisien Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran IPA berbasis Game Edukasi untuk Sekolah Menengah Pertama SMP Penelitian ini menggunakan metode pengembangan MDLC Multimedia Development Life Cycle yang memiliki enam tahapan yaitu Concept Desgin Obtaining Content Material Assembly dan Distribution untuk menghasilkan media pembelajaran IPA berbasis multimedia Hasil dari pengembangan media pembelajaran ini sudah dibuat dan diuji penggunaannya Dan dari hasil pengujian diperoleh bahwa aplikasi media pembelajaran berbasis multimedia ini dapat digunakan sebagai bahan ajar yang lebih informatif bagi guru dan dapat membantu meningkatkan minat belajar siswa sehingga hasil belajar juga akan meningkat < em>< p>

References

Gerlach V S Ely D P Melnick R 1980 Teaching and media Prentice Hall

Irsyadi F Y Nugroho Y S 2015 Game Edukasi Pengenalan Anggota Tubuh Dan Pengenalan Angka Untuk Anak Berkebutuhan Khusus ABK Tunagrahita Berbasis Kinect Prosiding Snatif 13 20

Kambey W M Santa K Togas P V 2021 Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Multimedia di SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 2 195 208

Kutoarjo Y S Aji B S 2016 Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer Dengan Adobe Flash Pada Kompetensi Dasar Persediaan Akuntansi Perusahaan Dagang Untuk Siswa Kelas XI SMK

Munir P D 2012 Multimedia Konsep Aplikasi Dalam Pendidikan

Pratasik S 2021 Analisis Efektivitas Pembelajaran Daring Penerbit Lakeisha

Purwono J 2014 Penggunaan media audio visual pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan Jurnal teknologi pendidikan dan pembelajaran 2 2

Rusli M Hermawan D Supuwiningsih N N 2017 Multimedia Pembelajaran Yang Inovatif: Prinsip Dasar Dan Model Pengembangan Penerbit Andi

Supit A V Komansilan T Rianto I 2021 PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS MOBILE BAGI SISWA SEKOLAH DASAR Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 5 500 512

Susilana R Riyana C 2008 Media Pembelajaran: Hakikat Pengembangan Pemanfaatan Dan Penilaian CV Wacana Prima

Taufiq M Dewi N R Widiyatmoko A 2014 Pengembangan Media Pembelajaran Ipa Terpadu Berkarakter Peduli Lingkungan Tema Konservasi Berpendekatan Science Edutainment Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 3 2 122575

Wena M 2009 Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Jakarta: Bumi Aksara

Worang M O Rantung V P Parinsi M T 2021 MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK MATA KULIAH MULTIMEDIA Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 5 581 590

Zubaidah S Mahanal S Yuliati L Sigit D 2014 Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam SMP MTs Kelas VIII Jakarta: Kemendikbud

Downloads

Published

2022-02-01

How to Cite

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SMP. (2022). Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(1), 65 76. https://doi.org/10.53682/edutik.v2i1.3389