Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SMP

Authors

  • Arje Cerullo Djamen Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Parabelem Tinno Dolf Rompas Program Studi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Program Pasca Sarjana, Universitas Negeri Manado
  • Marvil Ratumbanua Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v2i1.3389

Keywords:

Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Media Pembelajaran

Abstract

Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) menggunakan media konvensional dapat membuat siswa pasif dalam kegiatan pembelajaran. Sehingga perlu mengembangkan media pembelajaran yang menarik, efektif dan efisien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran IPA berbasis Game Edukasi untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP). Penelitian ini menggunakan metode pengembangan MDLC (Multimedia Development Life Cycle) yang memiliki enam tahapan yaitu Concept, Desgin, Obtaining Content Material, Assembly dan Distribution, untuk menghasilkan media pembelajaran IPA berbasis multimedia. Hasil dari pengembangan media pembelajaran ini sudah dibuat dan diuji penggunaannya. Dan dari hasil pengujian diperoleh bahwa aplikasi media pembelajaran berbasis multimedia ini, dapat digunakan sebagai bahan ajar yang lebih informatif bagi guru dan dapat membantu meningkatkan minat belajar siswa sehingga hasil belajar juga akan meningkat.

References

Gerlach, V. S., Ely, D. P., & Melnick, R. (1980). Teaching and media. Prentice-Hall.

Irsyadi, F. Y., & Nugroho, Y. S. (2015). Game Edukasi Pengenalan Anggota Tubuh Dan Pengenalan Angka Untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Tunagrahita Berbasis Kinect. Prosiding Snatif, 13-20.

Kambey, W. M., Santa, K., & Togas, P. V. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Multimedia di SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(2), 195-208.

Kutoarjo, Y. S., & Aji, B. S. (2016) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer Dengan Adobe Flash Pada Kompetensi Dasar Persediaan Akuntansi Perusahaan Dagang Untuk Siswa Kelas XI SMK.

Munir, P. D. (2012). Multimedia Konsep & Aplikasi Dalam Pendidikan.

Pratasik, S. (2021). Analisis Efektivitas Pembelajaran Daring. Penerbit Lakeisha.

Purwono, J. (2014). Penggunaan media audio-visual pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnal teknologi pendidikan dan pembelajaran, 2(2).

Rusli, M., Hermawan, D., & Supuwiningsih, N. N. (2017). Multimedia Pembelajaran Yang Inovatif: Prinsip Dasar Dan Model Pengembangan. Penerbit Andi.

Supit, A. V., Komansilan, T., & Rianto, I. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS MOBILE BAGI SISWA SEKOLAH DASAR. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(5), 500-512.

Susilana, R., & Riyana, C. (2008). Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, Dan Penilaian. CV. Wacana Prima.

Taufiq, M., Dewi, N. R., & Widiyatmoko, A. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Ipa Terpadu Berkarakter Peduli Lingkungan Tema “Konservasi” Berpendekatan Science-Edutainment. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(2), 122575.

Wena, M. (2009). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.

Worang, M. O., Rantung, V. P., & Parinsi, M. T. (2021). MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK MATA KULIAH MULTIMEDIA. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(5), 581-590.

Zubaidah, S., Mahanal, S., Yuliati, L., & Sigit, D. (2014). Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Kemendikbud.

Downloads

Published

2022-02-01

How to Cite

Djamen, A. C., Rompas, P. T. D., & Ratumbanua, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SMP. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(1), 65-76. https://doi.org/10.53682/edutik.v2i1.3389