Implementasi Aplikasi Media Pembelajaran Berbasis Android pada Mata Pelajaran Animasi 2D dan 3D di SMK
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v2i1.3411Keywords:
Animasi, Media Pembelajaran, RADAbstract
Dilakukannya penelitian penerapan aplikasi media pembelajaran berbasis Android ini bertujuan untuk membantu guru dan siswa dalam proses belajar mengajar terlebih khusus pada Mata Pelajaran Animasi 2D dan 3D Dalam penelitian ini saya menggunakan metode pengembangan RAD Rapid Application Development metode ini memiliki 3 tiga tahapan yaitu: 1 Perencanaan Syarat syarat Kebutuhan Requiremet Planing 2 Proses Desain Workshop Design 3 Implementasi Dari penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil yang baik lalu dari hasil tersebut Peneliti mengambil kesimpulan bahwa aplikasi Media Pembelajarn berbasis Android pada Mata pelajaran Animasi 2D dan 3D sudah sesuai dengan tujuan penelitian dan sudah layak digunakan atau di pakai dalam proses belajar mengajar< em> < p>
References
Affandi U C 2016 Pengembangan Media Animasi Interaktif 3 Tiga Dimensi sebagai Alat Bantu Ajar Mata Pelajaran IPA Kelas VII menggunakan Blender Game Engine Doctoral dissertation Universitas Negeri Semarang
Anggraeni R D Kustijono R 2013 Pengembangan Media Animasi Fisika Pada Materi Cahaya Dengan Aplikasi Flash Berbasis Android Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya JPFA 3 1 11 18
Arsyad A 2011 Media pembelajaran
Efrain R Manggopa H K Liando O E S 2021 PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID MATA PELAJARAN IPA SEKOLAH MENGENGAH PERTAMA Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 4 335 341
Matsun M Ramadhani D Lestari I 2018 Pengembangan Bahan Ajar Listrik Magnet Berbasis Android Di Program Studi Pendidikan Fisika IKIP PGRI Pontianak Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA 9 1 99 107
Mulyadi A 2016 Pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi JPAK: Jurnal Pendidikan Akuntansi dan Keuangan 4 1 43 49
Nadya N Sari Y P 2020 Analisis Visual Penerapan 12 Prinsip Animasi Dalam Film Grey Jingga: The Twilight Animated Series Episode 1 Jurnal Titik Imaji 2 2
Nurrita T 2018 Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa MISYKAT: Jurnal Ilmu ilmu Al Quran Hadist Syari ah dan Tarbiyah 3 1 171 210
Posumah A Waworuntu J Komansilan T 2021 APLIKASI MOBILE PENGENALAN BUDAYA PULAU SULAWESI BERBASIS AUGMENTED REALITY Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 5 513 527
Purbasari R J 2013 Pengembangan Aplikasi Android Sebagai Media Pembelajaran Matematika Pada Materi Dimensi Tiga Untuk Siswa SMA Kelas X Jurnal Pendidikan Matematika 1 2
Putra D W Nugroho A P Puspitarini E W 2016 Game Edukasi Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini JIMP Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan 1 1
Sandre H I Paat W R L Pratasik S 2021 Analisis Pembelajaran Daring Pada SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 1 90 96
Solang J R Munaiseche C P C Kenap A A 2021 APLIKASI PEMBAYARAN SPP BERBASIS WEB DI SD SMP ADVENT TONDANO Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 6 646 658
Tumewan P C Sojow L Kaparang D R 2021 Pengembangan Media Pembelajaran Tutorial Desain Komunikasi Visual Di SMK Negeri 3 Tondano Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 1 25 38
