Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh dan Minat Terhadap Hasil Belajar Pemrograman Dasar

Authors

  • I Gusti Ayu Mirahyanti Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Herry Sumual Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Verry Ronny Palilingan Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v2i1.3412

Keywords:

Hasil Belajar, Pembelajaran Jarak Jauh, Minat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pembelajaran jarak jauh dan minat terhadap hasil belajar mata pelajaran pemrograman dasar siswa kelas X TKJ SMK Negeri 1 Mopuya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik survey yang menggunakan angket sebagai alat untuk mengumpulakan data. Jumlah sampelnya adalah 63 siswa. Data diolah menggunakan SPSS Statistics 17.0 dengan hasilnya untuk H1 adalah thitung X1 = 3,721 > ttabel = 1,671 dengan signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga H1 diterima. Kemudian H2 untuk thitung X2 = 4,100 > ttabel = 1,671 dengan signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga H2 diterima. Untuk H3 Fhitung sebesar 29.311 > Ftabel 3,15 dengan signifikansi 0,000 > 0,05 dengan pengaruh yang di hitung dengan Rsquare 49,4%,  dengan demikian H3 diterima. Sehingga kesimpulannya adalah pembelajaran jarak jauh dan minat berpengaruh terhadap hasil belajar mata pelajaran pemrograman dasar siswa kelas X TKJ SMK Negeri 1 Mopuya.

References

Hikmah, M. (2020). PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR PEMROGRAMAN DASAR SISWA. Jurnal Teknodik, (2), 27-38.

Hurlock, E. B. (1980). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.Ibrahim, N. (2005). ICT Untuk Pendidikan Terbuka Jarak Jauh. Jurnal Teknodik, 005-018.

Mahendra, R. I., Djuniadi, D., & Nashiroh, P. K. (2020). Pengaruh Mata Pelajaran Pemrograman Dasar Terhadap Prestasi Belajar Pemrograman Web Dinamis Siswa Kelas XI SMK Negeri 8 Semarang. Jurnal SIFO Mikroskil, 21(1), 19-26.

Mokoginta, S., Waworuntu, J., & Palilingan, V. R. (2022). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SIMULASI VIRTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNOLOGI LAYANAN WAN SISWA SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2(1), 1-13.

Montoh, A., Sumayku, J., & Palilingan, V. R. (2021). MODEL BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL SISWA SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(2), 111-118.

Pondaag, R. A., Pardanus, R. H. W., & Togas, P. V. (2021). Pengaruh Minat Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Kkpi Siswa SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(3), 284-296.

Sandre, H. I., Paat, W. R. L., & Pratasik, S. (2021). Analisis Pembelajaran Daring Pada SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(1), 90-96.

Slameto. (1995). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, N. (1995). Penilaian hasil proses belajar mengajar.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Sumoked, S. N., Sangkop, F. I., & Togas, P. V. (2021). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP HASIL BELAJAR SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL SISWA SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(4), 332-334.

Sunarsi, D., Wijoyo, H., & Al Choir, F. (2020, October). Implementasi Pembelajaran Online Dalam Masa Pandemik Covid 19. In Prosiding Seminar Nasional LP3M (Vol. 2).

Susanto, A. (2016). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Kencana.

UURI, U S. (2003). Nomor 20 Tahun 2003 Tentang sistem pendidikan nasional, Bab I Pasal 1 No 15.

Warokka, F. F., Parinsi, M. T., & Takaredase, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Terhadap Hasil Belajar Siswa Jaringan Dasar Siswa SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(3), 276-283.Hamalik, O. (2006). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Downloads

Published

2022-02-01

How to Cite

Mirahyanti, I. G. A., Sumual, H., & Palilingan, V. R. (2022). Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh dan Minat Terhadap Hasil Belajar Pemrograman Dasar. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(1), 90-99. https://doi.org/10.53682/edutik.v2i1.3412