Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh dan Minat Terhadap Hasil Belajar Pemrograman Dasar

Authors

  • I Gusti Ayu Mirahyanti Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Herry Sumual Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Verry Ronny Palilingan Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v2i1.3412

Keywords:

Hasil Belajar, Pembelajaran Jarak Jauh, Minat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pembelajaran jarak jauh dan minat terhadap hasil belajar mata pelajaran pemrograman dasar siswa kelas X TKJ SMK Negeri 1 Mopuya Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik survey yang menggunakan angket sebagai alat untuk mengumpulakan data Jumlah sampelnya adalah 63 siswa Data diolah menggunakan SPSS Statistics 17 0 dengan hasilnya untuk H1< sub> adalah thitung < sub>X1 < sub>= 3 721 gt; ttabel < sub>= 1 671 dengan signifikansi 0 000 lt; 0 05 sehingga H1< sub> diterima Kemudian H2< sub> untuk thitung X2< sub> = 4 100 gt; ttabel < sub>= 1 671 dengan signifikansi 0 000 lt; 0 05 sehingga H2< sub> diterima Untuk H3< sub> Fhitung< sub> sebesar 29 311 gt; Ftabel< sub> 3 15 dengan signifikansi 0 000 gt; 0 05 dengan pengaruh yang di hitung dengan Rsquare 49 4 nbsp; dengan demikian H3 < sub>diterima Sehingga kesimpulannya adalah pembelajaran jarak jauh dan minat berpengaruh terhadap hasil belajar mata pelajaran pemrograman dasar siswa kelas X TKJ SMK Negeri 1 Mopuya < em>< p>

References

Hikmah M 2020 PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR PEMROGRAMAN DASAR SISWA Jurnal Teknodik 2 27 38

Hurlock E B 1980 Psikologi Perkembangan Jakarta: Erlangga Ibrahim N 2005 ICT Untuk Pendidikan Terbuka Jarak Jauh Jurnal Teknodik 005 018

Mahendra R I Djuniadi D Nashiroh P K 2020 Pengaruh Mata Pelajaran Pemrograman Dasar Terhadap Prestasi Belajar Pemrograman Web Dinamis Siswa Kelas XI SMK Negeri 8 Semarang Jurnal SIFO Mikroskil 21 1 19 26

Mokoginta S Waworuntu J Palilingan V R 2022 PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SIMULASI VIRTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNOLOGI LAYANAN WAN SISWA SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 2 1 1 13

Montoh A Sumayku J Palilingan V R 2021 MODEL BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL SISWA SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 2 111 118

Pondaag R A Pardanus R H W Togas P V 2021 Pengaruh Minat Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Kkpi Siswa SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 3 284 296

Sandre H I Paat W R L Pratasik S 2021 Analisis Pembelajaran Daring Pada SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 1 90 96

Slameto 1995 Belajar dan faktor faktor yang mempengaruhinya Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana N 1995 Penilaian hasil proses belajar mengajar

Sugiyono D 2013 Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif kualitatif dan R D

Sumoked S N Sangkop F I Togas P V 2021 PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP HASIL BELAJAR SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL SISWA SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 4 332 334

Sunarsi D Wijoyo H Al Choir F 2020 October Implementasi Pembelajaran Online Dalam Masa Pandemik Covid 19 In Prosiding Seminar Nasional LP3M Vol 2

Susanto A 2016 Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar Kencana

UURI U S 2003 Nomor 20 Tahun 2003 Tentang sistem pendidikan nasional Bab I Pasal 1 No 15

Warokka F F Parinsi M T Takaredase A 2021 Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Terhadap Hasil Belajar Siswa Jaringan Dasar Siswa SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 3 276 283 Hamalik O 2006 Proses Belajar Mengajar Jakarta: PT Bumi Aksara

Downloads

Published

2022-02-01

How to Cite

Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh dan Minat Terhadap Hasil Belajar Pemrograman Dasar. (2022). Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(1), 90 99. https://doi.org/10.53682/edutik.v2i1.3412