Pengaruh Metode Pembelajaran Team Assisted Individualisation Terhadap Hasil Belajar Komputer dan Jaringan Dasar di SMK
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v2i1.3415Keywords:
Metode Pembelajaran, Hasil Belajar, Team Assisted IndividualizationAbstract
Penelitian ini dilaksanakan di SMK N 1 Tareran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Team Assisted Individualization dengan hasil belajar Komputer dan Jaringan Dasar di SMK N 1 Tareran. Quasi Eksperiment berdasarkan tujuan penelitian yang ingin dicapai, dengan metode pengumpulan data menggunakan Teknik Tes Teknik Non-Tes. Hasil penelitian ini dianalisa menggunakan Analisis Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji Hipotesis, dengan menggunakan program Software SPSS for windows versi 23. hasil penelitian ini menunjukan bahwa metode pembelajaran team assistead individualization memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa di SMK N 1 Tareran. Berdasarkan hasil tabel uji t-test pada pre-test kelas kontrol dan kelas eksperimen diperoleh nilai 1,265 < 1,686 atau t hitung < t tabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan hasil pre-test kelas kontrol dan pre-test kelas eksperimen. Hasil tabel uji t-test pada post-test kelas kontrol dan kelas eksperimen diperoleh nilai 7.693 ≥ 1,686 atau t hitung ≥ t tabel, maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan penerapan metode pembelajaran tipe Team Assistd Individualization (TAI) pada mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar terhadap hasil belajar Siswa di Kelas X SMK Negeri 1 Tareran. Hasil penelitian ini dapat memberikan masukan atau informasi kepada sekolah bahwa dengan memperhatikan metode pembelajaran dapat berpengaruh terhadap hasil belajar.
References
Akay, R. K., Pardanus, R. H. W., & Manggopa, H. K. (2021). HUBUNGAN MINAT DENGAN HASIL BELAJAR KKPI SISWA SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(1), 97-110.
Hamalik, O. (2002). Psikologi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Lestari, A. (2013). Peningkatan Hasil Belajar Materi Keimanan Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization). MUDARRISA: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 5(2), 251-269.
Lestari, F. A. (2017). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Model Problem Based Learning (PBL) (Penelitian Quasi Eksperimen Terhadap Siswa SMP Negeri 1 Tambakdahan). Biormatika Jurnal I Lmiah FKIP Universitas Subang, 3(1), 1-8.
Lestari, I. (2015). Pengaruh waktu belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Formatif: jurnal ilmiah pendidikan MIPA, 3(2).
Mokoginta, H., Sojow, L., & Manggopa, H. K. (2021). PENGARUH PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN VIDEO TUTORIAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(3), 220-226.
Ohy, M., Manoppo, C. T. M., & Parinsi, M. T. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR UNTUK KELAS X TKJ SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(5), 528-541.
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333-352.
Sandre, H. I., Paat, W. R. L., & Pratasik, S. (2021). Analisis Pembelajaran Daring Pada SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(1), 90-96.
Siregar, S. (2014). Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif.
Slameto. (2010). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sudjana, N. (2008). Penilaian Hasil Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Trianto, M. P. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.
Warokka, F. F., Parinsi, M. T., & Takaredase, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Terhadap Hasil Belajar Siswa Jaringan Dasar Siswa SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(3), 276-283.