Pengaruh Metode Pembelajaran Team Assisted Individualisation Terhadap Hasil Belajar Komputer dan Jaringan Dasar di SMK
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v2i1.3415Keywords:
Metode Pembelajaran, Hasil Belajar, Team Assisted IndividualizationAbstract
Penelitian ini dilaksanakan di SMK N 1 Tareran Tujuan dari penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Team Assisted Individualization dengan hasil belajar Komputer dan Jaringan Dasar di SMK N 1 Tareran Quasi Eksperiment berdasarkan tujuan penelitian yang ingin dicapai dengan metode pengumpulan data menggunakan Teknik Tes Teknik Non Tes Hasil penelitian ini dianalisa menggunakan Analisis Uji Normalitas Uji Homogenitas Uji Hipotesis dengan menggunakan program Software SPSS for windows versi 23 nbsp; hasil penelitian ini menunjukan bahwa metode pembelajaran team assistead individualization memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa di SMK N 1 Tareran Berdasarkan hasil tabel uji t test pada pre test kelas kontrol dan kelas eksperimen diperoleh nilai 1 265 lt; 1 686 atau t hitung lt; t tabel sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan hasil pre test kelas kontrol dan pre test kelas eksperimen Hasil tabel uji t test pada post test kelas kontrol dan kelas eksperimen diperoleh nilai 7 693 1 686 atau t hitung t tabel maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan penerapan metode pembelajaran tipe Team Assistd Individualization TAI pada mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar terhadap hasil belajar Siswa di Kelas X SMK Negeri 1 Tareran Hasil penelitian ini dapat memberikan masukan atau informasi kepada sekolah bahwa dengan memperhatikan metode pembelajaran dapat berpengaruh terhadap hasil belajar < em>< p>
References
Akay R K Pardanus R H W Manggopa H K 2021 HUBUNGAN MINAT DENGAN HASIL BELAJAR KKPI SISWA SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 1 97 110
Hamalik O 2002 Psikologi Belajar Mengajar Bandung: Sinar Baru Algensindo
Lestari A 2013 Peningkatan Hasil Belajar Materi Keimanan Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI Team Assisted Individualization MUDARRISA: Jurnal Kajian Pendidikan Islam 5 2 251 269
Lestari F A 2017 Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Model Problem Based Learning PBL Penelitian Quasi Eksperimen Terhadap Siswa SMP Negeri 1 Tambakdahan Biormatika Jurnal I Lmiah FKIP Universitas Subang 3 1 1 8
Lestari I 2015 Pengaruh waktu belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika Formatif: jurnal ilmiah pendidikan MIPA 3 2
Mokoginta H Sojow L Manggopa H K 2021 PENGARUH PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN VIDEO TUTORIAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 3 220 226
Ohy M Manoppo C T M Parinsi M T 2021 PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR UNTUK KELAS X TKJ SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 5 528 541
Pane A Dasopang M D 2017 Belajar dan pembelajaran Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu Ilmu Keislaman 3 2 333 352
Sandre H I Paat W R L Pratasik S 2021 Analisis Pembelajaran Daring Pada SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 1 90 96
Siregar S 2014 Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif
Slameto 2010 Belajar Dan Faktor Faktor Yang Mempengaruhinya Jakarta: PT Rineka Cipta
Sudjana N 2008 Penilaian Hasil Pembelajaran Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Trianto M P 2009 Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif Jakarta: Kencana
Warokka F F Parinsi M T Takaredase A 2021 Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Terhadap Hasil Belajar Siswa Jaringan Dasar Siswa SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 3 276 283
