Pengaruh Metode Pembelajaran Team Assisted Individualisation Terhadap Hasil Belajar Komputer dan Jaringan Dasar di SMK

Authors

  • Rivaldo Alvian Golung Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Marthinus Maxi Mintjelungan Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Parabelem Tinno Dolf Rompas Program Studi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Program Pasca Sarjana, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v2i1.3415

Keywords:

Metode Pembelajaran, Hasil Belajar, Team Assisted Individualization

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMK N 1 Tareran Tujuan dari penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Team Assisted Individualization dengan hasil belajar Komputer dan Jaringan Dasar di SMK N 1 Tareran Quasi Eksperiment berdasarkan tujuan penelitian yang ingin dicapai dengan metode pengumpulan data menggunakan Teknik Tes Teknik Non Tes Hasil penelitian ini dianalisa menggunakan Analisis Uji Normalitas Uji Homogenitas Uji Hipotesis dengan menggunakan program Software SPSS for windows versi 23 nbsp; hasil penelitian ini menunjukan bahwa metode pembelajaran team assistead individualization memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa di SMK N 1 Tareran Berdasarkan hasil tabel uji t test pada pre test kelas kontrol dan kelas eksperimen diperoleh nilai 1 265 lt; 1 686 atau t hitung lt; t tabel sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan hasil pre test kelas kontrol dan pre test kelas eksperimen Hasil tabel uji t test pada post test kelas kontrol dan kelas eksperimen diperoleh nilai 7 693 1 686 atau t hitung t tabel maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan penerapan metode pembelajaran tipe Team Assistd Individualization TAI pada mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar terhadap hasil belajar Siswa di Kelas X SMK Negeri 1 Tareran Hasil penelitian ini dapat memberikan masukan atau informasi kepada sekolah bahwa dengan memperhatikan metode pembelajaran dapat berpengaruh terhadap hasil belajar < em>< p>

References

Akay R K Pardanus R H W Manggopa H K 2021 HUBUNGAN MINAT DENGAN HASIL BELAJAR KKPI SISWA SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 1 97 110

Hamalik O 2002 Psikologi Belajar Mengajar Bandung: Sinar Baru Algensindo

Lestari A 2013 Peningkatan Hasil Belajar Materi Keimanan Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI Team Assisted Individualization MUDARRISA: Jurnal Kajian Pendidikan Islam 5 2 251 269

Lestari F A 2017 Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Model Problem Based Learning PBL Penelitian Quasi Eksperimen Terhadap Siswa SMP Negeri 1 Tambakdahan Biormatika Jurnal I Lmiah FKIP Universitas Subang 3 1 1 8

Lestari I 2015 Pengaruh waktu belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika Formatif: jurnal ilmiah pendidikan MIPA 3 2

Mokoginta H Sojow L Manggopa H K 2021 PENGARUH PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN VIDEO TUTORIAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 3 220 226

Ohy M Manoppo C T M Parinsi M T 2021 PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR UNTUK KELAS X TKJ SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 5 528 541

Pane A Dasopang M D 2017 Belajar dan pembelajaran Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu Ilmu Keislaman 3 2 333 352

Sandre H I Paat W R L Pratasik S 2021 Analisis Pembelajaran Daring Pada SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 1 90 96

Siregar S 2014 Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif

Slameto 2010 Belajar Dan Faktor Faktor Yang Mempengaruhinya Jakarta: PT Rineka Cipta

Sudjana N 2008 Penilaian Hasil Pembelajaran Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Trianto M P 2009 Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif Jakarta: Kencana

Warokka F F Parinsi M T Takaredase A 2021 Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Terhadap Hasil Belajar Siswa Jaringan Dasar Siswa SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 3 276 283

Downloads

Published

2022-02-01

How to Cite

Pengaruh Metode Pembelajaran Team Assisted Individualisation Terhadap Hasil Belajar Komputer dan Jaringan Dasar di SMK. (2022). Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(1), 122 131. https://doi.org/10.53682/edutik.v2i1.3415