Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Komputer Jaringan Dasar Siswa SMK
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v2i1.3416Keywords:
Hasil Belajar, Jaringan Dasar, Model Pembelajaran Berbasis MasalahAbstract
Dilaksanakannya penelitian tindakan kelas ini dilatar belakangi oleh permasalahan rendahnya hasil belajar komputer jaringan dasar pada siswa kelas X jurusan TKJ SMK Negeri 3 Tondano, penyebab utamanya karena penggunaan model pembelajaran yang masih bersifat konvensional dan sangat monoton. Digunakannya model pembelajaran berbasis masalah pada penelitian ini karena peneliti ingin meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran komputer jaringan dasar khususnya pada materi menerapkan konfigurasi BIOS pada komputer dan menerapkan instalasi sistem operasi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober sampai November tahun 2020 di kelas X jurusan TKJ SMK Negeri 3 Tondano. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dengan dua siklus yang mana pada setiap sikus terdiri dari empat pertemuan. Pada pelaksanaan setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian ini setelah proses pembelajaran dilaksanakan sampai siklus ke dua menunjukan peningkatan hasil belajar siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar komputer jaringan dasar pada siswa kelas X TKJ di SMK Negeri 3 Tondano.
References
Arends, R. I. (2008). Learning To Teach: Belajar Untuk Mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Asyhar, R. (2021). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran.
Dimyanti, D., & Mudjiono, M. (2009). Hasil belajar dan pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Djamarah, S. B., & Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar, cet. ke-4. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Hamalik, O. (2010). Teaching And Learning Process. Jakarta: PT. Earth Literacy.
Karangan, K. F., Kembuan, O., & Togas, P. V. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMUNIKASI DATA SISWA SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(6), 641-645.
Lumingkewas, M. F., Palilingan, V. R., & Togas, P. V. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Simulasi dan Komunikasi Digital Siswa SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(4), 417-426.
Maksum, A. (2015). Kurikulum dan pembelajaran di perguruan tinggi: menuju pendidikan yang memberdayakan. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran. (STKIP PGRI Jombang Jawa Timur, 2015) (pp. 3-14).
Pangkerego, K. A. J., Sojow, L., & Manggopa, H. K. (2021). Pengaruh Model Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Simulasi Dan Komunikasi Digital Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Tomohon. EduTIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(1), 55-68.
Pauran, D. C., Waworuntu, J., & Takaredase, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Terhadap Hasil Belajar di SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(2), 139-150.
Purbopranoto, K. (1976). Hak-Hak Azasi Manusia dan Pancasila. Pradnya Paramita.
Ratumanan, G. T. (2002). Belajar dan Pembelajaran.
Redhana, I. W. (2013). Model pembelajaran berbasis masalah untuk peningkatan keterampilan pemecahan masalah dan berpikir kritis. Jurnal pendidikan dan Pengajaran, 46(1).
Rusman, D. (2012). Model-Model Pembelajaran. Raja Grafindo, Jakarta.
Rusman., & Cepi, R. (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.
Saman, F., Palilingan, V. R., & Liando, O. E. S. (2021). PENGARUH PEMANFAATAN VIDEO TUTORIAL TERHADAP HASIL BELAJAR INSTALASI SISTEM OPERASI DASAR SISWA SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(5), 469-483.
Slameto., (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Suharsimi, A. (2006). Metodelogi Penelitian. Yogyakarta: Bina Aksara.
Sujatno, E. L., Mewengkang, A., & Takaredase, A. (2021). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL SISWA SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(5), 567-580.
Taula, S. F. H., Palilingan, V. R., & Olii, D. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA SMA. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(2), 164-180.
Trianto, T. (2010). Model pembelajaran terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Wardani (2011). Teknik Menulis Karya Ilmiah. Jakarta: Universitas Terbuka
Worang, N. A., Mintjelungan, M. M., & Takaredase, A. (2021). PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR DESAIN MULTIMEDIA INTERAKTIF SISWA SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(3), 241-250.