Pengaruh Penggunaan Video Tutorial Terhadap Hasil Belajar Dasar Desain Grafis Siswa SMK

Authors

  • Indira Liow Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Verry Ronny Palilingan Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Trudi Komansilan Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v2i1.3418

Keywords:

Tutorial, Hasil Belajar, Dasar Desain Grafis

Abstract

Penel< em>i< em>tian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan video tutorial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar Dasar Desain Grafis Siswa kelas X di SMK Kristen Kawangkoan Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional dengan pendekatan studi deskriptif Yaitu metode yang diarahkan untuk memecahkan masalah dengan cara memaparkan atau menggambarkan apa adanya hasil penelitian Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah: 1 Pembelajaran dengan tutorial dapat meningkatkan hasil belajar Dasar Desain Grafis siswa kelas X di SMK Kristen kawangkoan Hasil penelitian ini menunjukkan bahawa pembelajaran tutorial berpengaruh secara signifikan untuk meningkatkan hasil belajar Dasar desain grafis siswa kelas X SMK Kristen Kawangkoan 2 Penggunaan pembelajaran tutorial setelah ditransformasikan kedalam uji statistik dengan menggunakan uji t ternyata bahwa nilai thitung nbsp; < sub>lebih besar dari ttabel < sub>atau 3 487 gt; 2 021 pada = 0 05 dk = n 2 berarti menerima hipotesis alternatif Ha< sub> dan menolak hipotesis normal H0< sub> Dengan kata lain bahwa penggunaan pembelajaran tutorial dapat meningkatkan hasil belajar Dasar Desain Grafis siswa kelas X TKJ SMK Kristen kawangkoan < em>< p>

References

Arikunto S 2002 Prosedur Penelitian Jakarta: PT Rineka Cipta

Daryanto H 2008 Evaluasi Pendidikan Jakarta: Rineka Cipta

Hamalik O 2020 Kurikulum dan Pembelajaran Jakarta: Bumi Aksara

Hanum S 2020 Pendidikan Kecerdasan Intelektual Berbasis Al Qur an AL HIKMAH Jurnal Pendidikan dan Pendidikan Agama Islam 2 1 98 107

Harahap E 2017 Keharmonisan Keluarga Dengan Motivasi Belajar Siswa Dan Implikasinya Terhadap Layanan Bimbingan Dan Konseling Studi Deskriptif Korelasional Di SMA N 4 Padangsidimpuan Ristekdik: Jurnal Bimbingan dan Konseling 2 1

Hardini I Puspitasari D 2012 Strategi pembelajaran terpadu Yogyakarta: Familia

Horn E 1806 Versuch ber die Natur und Heilung der Ruhr Hennings

Irwandani I Latifah S Asyhari A Muzannur M Widayanti W 2017 Modul digital interaktif berbasis articulate studio 13: pengembangan pada materi gerak melingkar kelas x Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al Biruni 6 2 221 231

Jailani M S Hamid A 2016 Pengembangan sumber belajar berbasis karakter peserta didik ikhtiar optimalisasi proses pembelajaran pendidikan agama islam PAI Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam 10 2

Karundeng A Wonggo D Parinsi M T 2021 ANALISIS PEMBELAJARAN JARINGAN DASAR DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 2 151 163

Mewengkang A Lumapow H R Lengkong J Rotty V Tuerah I J C 2021 E MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID UNTUK SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 5 591 596

Mokoginta H Sojow L Manggopa H K 2021 PENGARUH PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN VIDEO TUTORIAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 3 220 226

Nasution S 2009 Metode Research Penelitian Ilmiah

Nurhadiyanti R 2016 Hubungan Antara Self Regulated Learning Dengan Motivasi Belajar: Studi Deskriptif Korelasional di SMK Sangkuriang 1 Cimahi Tahun Ajaran 2015 2016 Doctoral dissertation Universitas Pendidikan Indonesia

Parinsi M T Mewengkang A Rantung T 2021 PERANCANGAN SISTEM INFORMASI SEKOLAH DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 3 227 240

Sani R A 2013 Inovasi Pembelajaran Jakarta: Bumi Aksara

Salem J A M Paat W R L Takaredase A 2021 PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN JARINGAN DASAR Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 2 132 138

Sudjana N 2005 Penilaian Hasil Proses Belajar Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Surakhmad W 1982 Pengantar Penelitian Ilmiah Bandung: Tarsito

Tirtonegoro S 2001 Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar Jakarta: Rineka Cipta

Udayana N N A Wirawan I M A Divayana D G H 2017 Pengembangan E Modul Pada Mata Pelajaran Pemrograman Berorientasi Objek Dengan Model Pembelajaran Project Based Learning Kelas XII Rekayasa Perangkat Lunak Di SMK Negeri 2 Tabanan Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika: JANAPATI 6 2 128 139

Downloads

Published

2022-02-01

How to Cite

Pengaruh Penggunaan Video Tutorial Terhadap Hasil Belajar Dasar Desain Grafis Siswa SMK. (2022). Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(1), 147 151. https://doi.org/10.53682/edutik.v2i1.3418