Pengaruh Penggunaan Video Tutorial Terhadap Hasil Belajar Dasar Desain Grafis Siswa SMK

Authors

  • Indira Liow Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Verry Ronny Palilingan Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Trudi Komansilan Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v2i1.3418

Keywords:

Tutorial, Hasil Belajar, Dasar Desain Grafis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan video tutorial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar Dasar Desain Grafis Siswa kelas X di SMK Kristen Kawangkoan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional dengan pendekatan studi deskriptif. Yaitu metode yang diarahkan untuk memecahkan masalah dengan cara memaparkan atau menggambarkan apa adanya hasil penelitian. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah: (1) Pembelajaran dengan tutorial dapat meningkatkan hasil belajar Dasar Desain Grafis siswa kelas X di SMK Kristen kawangkoan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahawa pembelajaran tutorial berpengaruh secara signifikan untuk meningkatkan hasil belajar Dasar desain grafis siswa kelas X SMK Kristen Kawangkoan. (2) Penggunaan pembelajaran tutorial setelah ditransformasikan kedalam uji statistik dengan menggunakan uji-t ternyata bahwa nilai thitung  lebih besar dari ttabel atau 3,487 > 2,021 pada α = 0,05 dk = n-2 berarti menerima hipotesis alternatif (Ha) dan menolak hipotesis normal (H0). Dengan kata lain bahwa penggunaan pembelajaran tutorial dapat meningkatkan hasil belajar Dasar Desain Grafis siswa kelas X TKJ SMK Kristen kawangkoan.

References

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Daryanto, H. (2008). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, O. (2020). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hanum, S. (2020). Pendidikan Kecerdasan Intelektual Berbasis Al-Qur’an. AL-HIKMAH (Jurnal Pendidikan dan Pendidikan Agama Islam), 2(1), 98-107.

Harahap, E. (2017). Keharmonisan Keluarga Dengan Motivasi Belajar Siswa Dan Implikasinya Terhadap Layanan Bimbingan Dan Konseling (Studi Deskriptif-Korelasional Di SMA N 4 Padangsidimpuan). Ristekdik: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 2(1).

Hardini, I., & Puspitasari, D. (2012). Strategi pembelajaran terpadu. Yogyakarta: Familia.

Horn, E. (1806). Versuch über die Natur und Heilung der Ruhr. Hennings.

Irwandani, I., Latifah, S., Asyhari, A., Muzannur, M., & Widayanti, W. (2017). Modul digital interaktif berbasis articulate studio’13: pengembangan pada materi gerak melingkar kelas x. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(2), 221-231.

Jailani, M. S., & Hamid, A. (2016). Pengembangan sumber belajar berbasis karakter peserta didik (ikhtiar optimalisasi proses pembelajaran pendidikan agama islam (PAI)). Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2).

Karundeng, A., Wonggo, D., & Parinsi, M. T. (2021). ANALISIS PEMBELAJARAN JARINGAN DASAR DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(2), 151-163.

Mewengkang, A., Lumapow, H. R., Lengkong, J., Rotty, V., & Tuerah, I. J. C. (2021). E-MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID UNTUK SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(5), 591-596.

Mokoginta, H., Sojow, L., & Manggopa, H. K. (2021). PENGARUH PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN VIDEO TUTORIAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(3), 220-226.

Nasution, S. (2009). Metode Research (Penelitian Ilmiah).

Nurhadiyanti, R. (2016). Hubungan Antara Self Regulated Learning Dengan Motivasi Belajar:(Studi Deskriptif Korelasional di SMK Sangkuriang 1 Cimahi Tahun Ajaran 2015/2016) (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Parinsi, M. T., Mewengkang, A., & Rantung, T. (2021). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI SEKOLAH DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(3), 227-240.

Sani, R. A. (2013). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Salem, J. A. M., Paat, W. R. L., & Takaredase, A. (2021). PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN JARINGAN DASAR. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(2), 132-138.

Sudjana, N. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Surakhmad, W. (1982). Pengantar Penelitian Ilmiah. Bandung: Tarsito.

Tirtonegoro, S. (2001). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Udayana, N. N. A., Wirawan, I. M. A., & Divayana, D. G. H. (2017). Pengembangan E-Modul Pada Mata Pelajaran Pemrograman Berorientasi Objek Dengan Model Pembelajaran Project Based Learning Kelas XII Rekayasa Perangkat Lunak Di SMK Negeri 2 Tabanan. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika: JANAPATI, 6(2), 128-139.

Downloads

Published

2022-02-01

How to Cite

Liow, I., Palilingan, V. R., & Komansilan, T. (2022). Pengaruh Penggunaan Video Tutorial Terhadap Hasil Belajar Dasar Desain Grafis Siswa SMK. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(1), 147-151. https://doi.org/10.53682/edutik.v2i1.3418