Analisis e Learning Readiness Pada Sekolah menengah Kejuruan
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v2i2.4433Keywords:
E-learning, E-learning Readiness (ELR), Aydin & Tasci, ELR Fariani RidaAbstract
Analisis e learning readiness dilakukan dengan tujuan untuk 1 mengetahui tingkat kesiapan SMK Kristen 2 Tomohon pada penerapan e learning 2 mengindentifikasi faktor faktor yang memiliki kekurangan dan perlu untuk ditingkatkan dalam implemntasi e learning di SMK Kristen 2 Tomohon Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif Dalam Penelitian ini untuk memprhitungkn tingkat kesiapan sekolah dalam penerapan e learning dengan memakai model e learning readiness ELR dari Rida Fariani dimana model ELR ini terdapat enam faktor utama yaitu Sumber Daya Manusia Organisasi Teknologi Materi e learning Infrastruktur dan Keuangan Organisasi Pengerjaan data memakai metode statistic deskriptif dipetakkan berlandaskan indeks versi model ELR Aydin amp; Tasci dengan memakai skala 1 5 Responden dalam penelitian ini yaitu guru dan siswa SMK Kristen 2 Tomohon Hasil penelitian menyatakan bahwa SMK Kristen 2 Tomohon mempunyai skor e learning readiness ELR yaitu < em> nbsp;= 4 13 gt; 3 41 atau yang berarti SMK Kristen 2 Tomohon siap untuk menerapkan e learning akan tetapi masih memerlukan peningkatan di beberapa faktor Adapun faktor yang perlu ditingkatan yaitu faktor organisasi faktor materi e learning dan faktor keuangan < em>< p>
References
Ayd n C H Ta D 2005 Measuring readiness for e learning: Reflections from an emerging country
Fariani R I 2013 Pengukuran tingkat kesiapan e learning e learning readiness Studi kasus pada perguruan tinggi ABC di Jakarta In Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi SNATI Vol 1 No 1
Indarti I 2014 Implementasi E learning dengan Metode Asynchronous untuk Meningkatkan Motivasi Pembelajaran dengan Pendekatan Tam Studi Kasus pada Smk Insan Kreatif Jurnal Pilar Nusa Mandiri 10 1 30 39
Lestari Y 2019 Analisis Tingkat Kesiapan Penerapa E learning Prodi Pendidikan Biologi Skripsi Kearsipan UIN AR RANIARY Banda Aceh
Pusung R E Manggopa H K Takaredase A 2021 Analisis Kendala dan Alternatif Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid 19 Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 6 719 730
Prihantoro C R 2018 Pengaruh E readiness E learning dan E book pada Implementasi Kurikulum Program Studi D3 Teknologi Mesin terhadap Prestasi Lulusan Program Diploma JTP Jurnal Teknologi Pendidikan 20 2 105 119
Ramadan R Pradnyana I M A Suyasa P W A 2019 Pengukuran Tingkat Kesiapan Implementasi E Learning E Learning Readiness Di Sma N 2 Singaraja Menggunakan Model Chapnick Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan 16 2 258 266
Saekow A Samson D 2011 E learning Readiness of Thailand s Universities Comparing to the USA s Cases International Journal of e Education e Business e Management and e Learning 1 2 126
Salma D Ariani D Handoko H 2013 Mozaik Teknologi Pendidikan: E Learning Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri 2103
Sandre H I Paat W R L Pratasik S 2021 Analisis Pembelajaran Daring Pada SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 1 90 96
Setiawardhani R T 2013 Pembelajaran Elektronik E Learning Dan Internet Dalam Rangka Mengoptimalkan Kreativitas Belajar Siswa Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi 1 2
So T Swatman P M 2006 e Learning readiness of Hong Kong teachers University of South Australia
Sugiyono 2012 Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R D Bandung: Alfabeta
Suharsimi A 2006 Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik Jakarta: Rineka Cipta 120 123
Tambunan H 2010 Model Pembelajaran Berbasis E Learning Suatu Tawaran Pembelajaran Masa Kini Dan Masa Yang Akan Datang Jurnal Generasi Kampus 3 02 92 114
Tethool G Paat W R L Wonggo D 2021 Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 3 268 275
