Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pengembangan Wisata Kuliner Ikan Bakar Kawasan Pantai Karangria Kota Manado
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v2i3.5311Keywords:
Kuliner, Restoran, Ikan BakarAbstract
Artikel ini menganalisis pengembangan rumah makan ikan bakar di kawasan Pantai Karang Ria sebagai destinasi wisata kuliner di kota Manado dengan memanfaatkan perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi TIK Kawasan wisata ini memiliki potensi wisata yang besar diantaranya berbagai menu kuliner tradisional khas daerah berbahan dasar ikan dinikmati dengan suasana pemandangan pantai lokasi strategis dekat dengan pusat perbelanjaan dan Pelabuhan Manado Besarnya potensi wisata tersebut belum mampu menjamin sentra rumah makan ikan bakar di kawasan Pantai Karang Ria menjadi destinasi kuliner favorit wisatawan Berada di kawasan penduduk mengakibatkan masalah pencemaran lingkungan yang tidak dapat dihindari di sekitar kawasan wisata promosi kuliner yang masih belum tepat sasaran dan kurangnya fasilitas penunjang pada objek wisata membuat lambatnya pengembangan potensi wisata kuliner yang didukung oleh Pantai Karangria Tahapan dalam penelitian ini adalah inventarisasi potensi wisata kuliner yang dimiliki oleh sentra sentra rumah makan ikan bakar di kawasan Pantai Karang Ria kemudian dijelaskan kendala kendala yang menghambat ketiga merumuskan strategi pengembangan potensi wisata Potensi potensi tersebut kemudian dianalisis dengan matriks SWOT yang menghasilkan strategi S O yaitu pengembangan menu tradisional lokal strategi S T pembinaan masyarakat lokal terkait dengan lingkungan kemudian strategi W O yaitu penyesuaian harga dan promosi dan strategi W T untuk mengembangkan fasilitas umum untuk wisata kuliner dan wisata pantai < em>< p>
References
Au L Law R 2002 Categorical classification of tourism dining Annals of Tourism Research Vol 29 3 hlm 819 833
Guererro Dkk 2010 Perception of traditional food products in six European Regions using free word association Food quality and preference Vol 21 hlm 225 233
Hall M C dan Sharples L 2003 The Consumption of Experiences Or The Experience of Consumption? An Introduction to The Tourism of Taste dalam Hall Michael C et all eds Food Tourism Around the World Development Management And Markets UK: Butterworth Heinemann Publications
Lin Yi Chin Thomas E Pearson dan Liping A Cai 2011 Food as a form of destination identity: A tourism destination brand perspective Tourism and Hospitality Research Vol 11 1 hlm 30 48
Pieniak Dkk 2009 Association between traditional food consumption and motives for food choice in six European Countries Appetite journal Vol 53 hlm 101 108
Pua E 2015 Wisata Kuliner Kuala Jengki Skripsi Manado: Universitas Sam Ratulangi
Rangkuti F 2008 Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Sapang C 2017 Wisata Kuliner Malalayang di Kota Manado Skripsi Manado: Universitas Sam Ratulangi
Riley M 2000 What are the implications of tourism destination identity for food and beverage policy? Culture and cuisine in a changing global marketplace in strategic questions In R Woods Eds Food and Beverage Management pp 187 194 London: Butterworth Heinemann Publications
Rianto I Pranowo P 2013 Distance regularized level set evolution for medical image segmentation In The 1st Conference on Information Technology Computer and Electrical Engineering CITACEE Vol 1 pp 49 51 Department of Computer Engineering
Richardson A Fluker H 2004 Understanding and Managing Tourism NSW Australia: Pearson Education Australia Satu Juragan Depok: Gramata Publishing
