Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Dasar Desain Grafis Siswa SMK

Authors

  • Gusti Arya Sudeva Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Christine Takarina Meitty Manoppo Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Hiskia Kamang Manggopa Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v2i4.5813

Keywords:

Hasil Belajar, Blended Learning, Dasar Desain Grafis

Abstract

Pendidikan merupakan usaha untuk mewujudkan suatu proses belajar yang dilakukan oleh pendidik dan peserta didik. Peserta didik akan belajar dengan baik apabila hal yang dipelajari akan bermanfaat bagi kehidupannya. Observasi awal yang dilakukan di SMK Negeri 1 Mopuya menunjukan penggunaan model pembelajaran konvensional ceramah bervariasi pada mata pelajaran dasar desain grafis masih belum memenuhi kreteria minimal di sekolah yaitu 75%. Upaya peneliti menghadapi permasalahan tersebut yaitu dengan model pembelajaran blended learning yang dapat menambah minat dan kreatifitas belajar siswa. Sehingga tujuan penelitian yang akan dicapai dalam penelitian yaitu untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran blended learning terhadap hasil belajar dasar desain grafis siswa kelas X TKJ SMK Negeri 1 Mopuya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif yang terdiri dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan pemberian pre-test, pelakuan dan post-test dengan jumlah sampel pada masing-masing kelas 20 siswa. Pada analisis data uji normalitas dan homogenitas dengan software SPSS diperoleh bahwa data berdistribusi normal dan bersifat homogen sehingga uji hipotesis statistik dapat dilakukan. Uji hipotesis statistik diperoleh nilai t_hitung 2,85 > t_tabel 1,685954 sehingga H1 diterima dan H0 ditolak. Maka kesimpulannya yaitu bahwa terdapat perbedaan skor hasil belajar siswa secara signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol serta penggunaan model pembelajaran blended learning lebih berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan model pembelajaran konvensional ceramah bervariasi.

References

Abdullah, W. (2018). Model blended learning dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran. Fikrotuna: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam, 7(1), 855-866.

Bloom, B. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Yogjakarta: Multi Presindo.

Darmawan, D. (2014) Pengembangan E-learning Teori Dan Desain. Bandung: Remaja Rosdakarya

Daryanto, D. (2009). Panduan Proses Pembelajaran Kreatif dan Inofatif. Jakarta: AV Publisher

Komala, E. & Sarmini. (2020). Kemampuan Representasu Simbolik Matematik Siswa SMP Menggunakan Blended Learning. Cianjur: PRISMA Universitas Suryakencana. 9(1), 207.

Ma, L., & Lee, C. S. (2021). Evaluating the effectiveness of blended learning using the ARCS model. Journal of computer assisted learning, 37(5), 1397-1408.

Mamuaja, M. P., Tambingon, H. N., Rotty, V. N. J., & Pratasik, S. (2022). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Komputer dan Jaringan Dasar Siswa Kelas VIII SMP Katolik Stella Maris Tomohon. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5), 4458-4469.

Manggopa, H. K., Kenap, A. A., Manoppo, C. T. M., Batmetan, J. R., & Mewengkang, A. (2019). The Development of Web Learning as Media to Deliver Web Programming Materials. In 5th UPI International Conference on Technical and Vocational Education and Training (ICTVET 2018) (pp. 504-508). Atlantis Press.

Manoppo, C. T. M., Mewengkang, A., Palilingan, V. R., Kaparang, D. R., & Tubagus, D. (2019). “IMPROVE” Methods Implementation to Improve the Computer Skills and Information Management Learning Outcomes of Vocational School Students. In 5th UPI International Conference on Technical and Vocational Education and Training (ICTVET 2018) (pp. 434-438). Atlantis Press.

Montoh, A., Sumayku, J., & Palilingan, V. R. (2021). Model Blended Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Simulasi Dan Komunikasi Digital Siswa Smk. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(2), 111-118.

Pangkerego, K. A. J., Sojow, L., & Manggopa, H. K. (2021). Pengaruh Model Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Simulasi Dan Komunikasi Digital Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Tomohon. EduTIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(1), 55-68.

Sari, A. R. (2014). Peningkatan Prestasi Belajar Dan Kemampuan Group-Workmelalui Kombinasi Pembelajaran Peer Learning Dan Blended Learning. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 12(1).

Sugiyono. (2012). Statistic Nonparametris Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno, E. (2012) Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana.

Tuna, J. R., Manoppo, C. T. M., Kaparang, D. R., & Mewengkang, A. (2018). E-learning development process for operating system course in vocational school. In IOP Conference Series: Materials Science and Engineering (Vol. 306, No. 1, p. 012068). IOP Publishing.

Winarsunu, T. (2017). Statistik dalam penelitian psikologi dan pendidikan (Vol. 1). UMMPress.

Downloads

Published

2022-08-01

How to Cite

Sudeva, G. A., Manoppo, C. T. M., & Manggopa, H. K. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Dasar Desain Grafis Siswa SMK. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(4), 532-543. https://doi.org/10.53682/edutik.v2i4.5813