Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Dasar Desain Grafis Siswa SMK
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v2i4.5813Keywords:
Hasil Belajar, Blended Learning, Dasar Desain GrafisAbstract
Pendidikan merupakan usaha untuk mewujudkan suatu proses belajar yang dilakukan oleh pendidik dan peserta didik Peserta didik akan belajar dengan baik apabila hal yang dipelajari akan bermanfaat bagi kehidupannya Observasi awal yang dilakukan di SMK Negeri 1 Mopuya menunjukan penggunaan model pembelajaran konvensional ceramah bervariasi pada mata pelajaran dasar desain grafis masih belum memenuhi kreteria minimal di sekolah yaitu 75 Upaya peneliti menghadapi permasalahan tersebut yaitu dengan model pembelajaran blended learning yang dapat menambah minat dan kreatifitas belajar siswa Sehingga tujuan penelitian yang akan dicapai dalam penelitian yaitu untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran blended learning terhadap hasil belajar dasar desain grafis siswa kelas X TKJ SMK Negeri 1 Mopuya Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif yang terdiri dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan pemberian pre test pelakuan dan post test dengan jumlah sampel pada masing masing kelas 20 siswa Pada analisis data uji normalitas dan homogenitas dengan software SPSS diperoleh bahwa data berdistribusi normal dan bersifat homogen sehingga uji hipotesis statistik dapat dilakukan Uji hipotesis statistik diperoleh nilai t_hitung 2 85 gt; t_tabel 1 685954 sehingga H1 diterima dan H0 ditolak Maka kesimpulannya yaitu bahwa terdapat perbedaan skor hasil belajar siswa secara signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol serta penggunaan model pembelajaran blended learning lebih berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan model pembelajaran konvensional ceramah bervariasi < em>< p>
References
Abdullah W 2018 Model blended learning dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran Fikrotuna: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam 7 1 855 866
Bloom B 2013 Evaluasi Pembelajaran Yogjakarta: Multi Presindo
Darmawan D 2014 Pengembangan E learning Teori Dan Desain Bandung: Remaja Rosdakarya
Daryanto D 2009 Panduan Proses Pembelajaran Kreatif dan Inofatif Jakarta: AV Publisher
Komala E Sarmini 2020 Kemampuan Representasu Simbolik Matematik Siswa SMP Menggunakan Blended Learning Cianjur: PRISMA Universitas Suryakencana 9 1 207
Ma L Lee C S 2021 Evaluating the effectiveness of blended learning using the ARCS model Journal of computer assisted learning 37 5 1397 1408
Mamuaja M P Tambingon H N Rotty V N J Pratasik S 2022 Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Komputer dan Jaringan Dasar Siswa Kelas VIII SMP Katolik Stella Maris Tomohon Jurnal Pendidikan dan Konseling JPDK 4 5 4458 4469
Manggopa H K Kenap A A Manoppo C T M Batmetan J R Mewengkang A 2019 The Development of Web Learning as Media to Deliver Web Programming Materials In 5th UPI International Conference on Technical and Vocational Education and Training ICTVET 2018 pp 504 508 Atlantis Press
Manoppo C T M Mewengkang A Palilingan V R Kaparang D R Tubagus D 2019 IMPROVE Methods Implementation to Improve the Computer Skills and Information Management Learning Outcomes of Vocational School Students In 5th UPI International Conference on Technical and Vocational Education and Training ICTVET 2018 pp 434 438 Atlantis Press
Montoh A Sumayku J Palilingan V R 2021 Model Blended Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Simulasi Dan Komunikasi Digital Siswa Smk Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 2 111 118
Pangkerego K A J Sojow L Manggopa H K 2021 Pengaruh Model Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Simulasi Dan Komunikasi Digital Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Tomohon EduTIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 1 55 68
Sari A R 2014 Peningkatan Prestasi Belajar Dan Kemampuan Group Workmelalui Kombinasi Pembelajaran Peer Learning Dan Blended Learning Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia 12 1
Sugiyono 2012 Statistic Nonparametris Untuk Penelitian Bandung: Alfabeta
Sutrisno E 2012 Manajemen Sumber Daya Manusia Jakarta: Kencana
Tuna J R Manoppo C T M Kaparang D R Mewengkang A 2018 E learning development process for operating system course in vocational school In IOP Conference Series: Materials Science and Engineering Vol 306 No 1 p 012068 IOP Publishing
Winarsunu T 2017 Statistik dalam penelitian psikologi dan pendidikan Vol 1 UMMPress
