Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Hasil Belajar Informatika Siswa SMK
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v2i4.5814Keywords:
Hasil Belajar, Pembelajaran Berbasis Proyek, InformatikaAbstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMK Katolik Santa Familia Tomohon pada mata pelajaran Informatika Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek Subjek dalam penelitian ini adalah 21 siswa di kelas X Akomodasi Perhotelan 2 SMK Katolik Santa Familia Tomohon Peneliti melaksanakan observasi wawancara tes dan juga dokumentasi Dari hasil belajar pada siklus pertama jumlah siswa yang mencapai KKM yaitu 12 orang siswa atau 57 1 dan yang tidak mencapai KKM berjumlah 9 orang atau 42 9 dari jumlah keseluruhan siswa Dalam siklus kedua jumlah siswa yang mencapai KKM meningkat menjadi 19 orang siswa atau 90 4 dan yang tidak mencapai KKM berjumlah 2 orang siswa atau 9 6 dari total keseluruhan siswa Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan hasil belajar Informatika kelas X SMK Santa Familia Tomohon < em>< p>
References
Amarulloh 2013 Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK Kompetensi Perbaikan Sistem Pengapaian Elektronik Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Semarang
Biesta G 2015 What is education for? On good education teacher judgement and educational professionalism European Journal of education 50 1 75 87
Ariani N 2017 Peningkatan kemampuan representasi matematis dan motivasi belajar siswa melalui model pembelajaran berbasis proyek pembelajaran berbasis proyek di kelas VII SMP Negeri 1 Torgamba tahun pelajaran 2016 2017 Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma JPMS 3 1 38 47
Arikunto 2009 Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Jakarta: Rineka Cipta
Degeng I N S Nyoman I 2005 Taksonomi Pembelajaran 1: Taksonomi Variabel untuk Pengembangan Teori dan Penelitian Malang: Universitas Negeri Malang
Eliza F Syamsuarnis S Myori D E Hamdani H 2017 Pembelajaran berbasis proyek in Lighting Instalations for Simple Buildings Course INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi 17 1 1 10
Firdausi B W Warsono W Yermiandhoko Y 2021 Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa Sekolah Dasar Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam 11 2 229 243
Makrufi A Hidayat A Muhardjito M 2018 Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pokok Bahasan Fluida Dinamis Jurnal Pendidikan: Teori Penelitian Dan Pengembangan 3 7 878 881
Mandey L Tambingon H Rotty V N Pratasik S 2022 Pengembangan Media Pembelajaran Prakarya Untuk Siswa Kelas VII SMP Advent Unklab PETIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi 8 2 168 176
Rusman M 2010 Model Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru Jakarta: PT Rajagrafindo Persada
Kokotsaki D Menzies V Wiggins A 2016 Project based learning: A review of the literature Improving schools 19 3 267 277
Mulyatiningsih D E 2013 Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan Yogyakarta: ALFABETA Cv
Sabirin F 2016 Peningkatan Kreativitas dan Kolaborasi Mahasiswa melalui Pembelajaran Berbasis Proyek pada Mata Kuliah Pemrograman di Politeknik Negeri Pontianak Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains 5 2 195 211
Sandre H I Paat W R L Pratasik S 2021 Analisis Pembelajaran Daring Pada SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 1 90 96
Silberman C E 1976 Crisis in the Classroom Five Years Later
Sudjana N 2009 Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar Bandung: Remaja Rosdakary
Tumuyu C Palilingan V R Waworuntu J 2021 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP HASIL BELAJAR DASAR DESAIN GRAFIS SISWA SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 3 307 321
Wahyuni S 2020 Manajemen Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Melek Literasi Jurnal Isema: Islamic Educational Management 5 1 41 54
