Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Hasil Belajar Informatika Siswa SMK

Authors

  • Desyemca Florenda Indra Muda Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Parabelem Tinno Dolf Rompas Program Studi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Program Pasca Sarjana, Universitas Negeri Manado
  • Johan Reimon Batmetan Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v2i4.5814

Keywords:

Hasil Belajar, Pembelajaran Berbasis Proyek, Informatika

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMK Katolik Santa Familia Tomohon pada mata pelajaran Informatika. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek. Subjek dalam penelitian ini adalah 21 siswa di kelas X Akomodasi Perhotelan 2 SMK Katolik Santa Familia Tomohon. Peneliti melaksanakan observasi, wawancara, tes, dan juga dokumentasi. Dari hasil belajar pada siklus pertama, jumlah siswa yang mencapai KKM yaitu 12 orang siswa atau 57,1% dan yang tidak mencapai KKM berjumlah 9 orang atau 42,9% dari jumlah keseluruhan siswa. Dalam siklus kedua jumlah siswa yang mencapai KKM meningkat menjadi 19 orang siswa atau 90,4% dan yang tidak mencapai KKM berjumlah 2 orang siswa atau 9,6% dari total keseluruhan siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan hasil belajar Informatika kelas X SMK Santa Familia Tomohon.

References

Amarulloh. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK) Kompetensi Perbaikan Sistem Pengapaian Elektronik Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar. Semarang.

Biesta, G. (2015). What is education for? On good education, teacher judgement, and educational professionalism. European Journal of education, 50(1), 75-87.

Ariani, N. (2017). Peningkatan kemampuan representasi matematis dan motivasi belajar siswa melalui model pembelajaran berbasis proyek (pembelajaran berbasis proyek) di kelas VII SMP Negeri 1 Torgamba tahun pelajaran 2016/2017. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (JPMS), 3(1), 38-47.

Arikunto. (2009). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Degeng, I. N. S., & Nyoman, I. (2005). Taksonomi Pembelajaran 1: Taksonomi Variabel untuk Pengembangan Teori dan Penelitian. Malang: Universitas Negeri Malang.

Eliza, F., Syamsuarnis, S., Myori, D. E., & Hamdani, H. (2017). Pembelajaran berbasis proyek in Lighting Instalations for Simple Buildings Course. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 17(1), 1-10.

Firdausi, B. W., Warsono, W., & Yermiandhoko, Y. (2021). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(2), 229-243.

Makrufi, A., Hidayat, A., & Muhardjito, M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pokok Bahasan Fluida Dinamis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(7), 878-881.

Mandey, L., Tambingon, H., Rotty, V. N., & Pratasik, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Prakarya Untuk Siswa Kelas VII SMP Advent Unklab. PETIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 8(2), 168-176.

Rusman, M. (2010). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Kokotsaki, D., Menzies, V., & Wiggins, A. (2016). Project-based learning: A review of the literature. Improving schools, 19(3), 267-277.

Mulyatiningsih, D. E. (2013). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Yogyakarta: ALFABETA, Cv.

Sabirin, F. (2016). Peningkatan Kreativitas dan Kolaborasi Mahasiswa melalui Pembelajaran Berbasis Proyek pada Mata Kuliah Pemrograman di Politeknik Negeri Pontianak. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 5(2), 195-211.

Sandre, H. I., Paat, W. R. L., & Pratasik, S. (2021). Analisis Pembelajaran Daring Pada SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(1), 90-96.

Silberman, C. E. (1976). Crisis in the Classroom, Five Years Later.

Sudjana. N. (2009). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakary.

Tumuyu, C., Palilingan, V. R., & Waworuntu, J. (2021). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP HASIL BELAJAR DASAR DESAIN GRAFIS SISWA SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(3), 307-321.

Wahyuni, S. (2020). Manajemen Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Melek Literasi. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 5(1), 41-54.

Downloads

Published

2022-08-01

How to Cite

Muda, D. F. I., Rompas, P. T. D., & Batmetan, J. R. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Hasil Belajar Informatika Siswa SMK. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(4), 544-554. https://doi.org/10.53682/edutik.v2i4.5814