Penggunaan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Administrasi Sistem Jaringan Siswa Kelas XI TKJ SMK Negeri 2 Manado

Authors

  • Mella Riska Mokolintad Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Parabelem Tinno Dolf Rompas Program Studi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Program Pasca Sarjana, Universitas Negeri Manado
  • Christine Takarina Meitty Manoppo Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v2i6.6319

Keywords:

Administrasi Sistem Jaringan, Project Based Learning, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran admnistrasi sistem jaringan di SMK Negeri 2 manado dan jenis penelitian yang di gunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) dengan prosedur 2 siklus, menggunakan model Project Based Learning. Subjek pada penelitian ini yaitu 23 peserta didik kelas XI TKJ 1 SMK Negeri 2 Manado. Teknik Pengumpulan data yang di gunakan adalah Tes. Penelitian penggunaan model project based learnig di peroleh hasil belajar peserta didik bahwa setiap siklusnya di buktikan dengan siklus pertama. Hasil belajar meningkat 26 % dengan nilai rata –rata 66 dan pada siklus 2 meningkat signifikan mencapai 91% dengan nilai rata – rata 82 sehingga sudah mencapai KKM maka pada siklus 2 penggunaan model Project Based Learning dinyatakan berhasil.

References

Badjin, Y., Palilingan, V. R., & Rompas, P. T. D. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Simulasi dan Komunikasi Digital Siswa SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(2), 181-194.

Bukit, I. K., & Basuki, I. (2021). Analisis Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Dengan Arduino Terhadap Hasil Pembelajaran Siswa Pada Mata Pelajaran Teknik Pemrograman Mikroprosesor dan Mikrokontroler di SMK. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 10(1), 35-39.

Herawan, H. E., & Rahayu, L. (2016). Pengaruh Aktivitas Belajar Siswa dalam Penerapan Model Project Based Learning Berbasis Saintifik terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Akuntansi. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1).

Lugiati, L. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Proyek dengan Menggunakan Audio Video untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal of Education Action Research, 4(4), 481-492.

Manggala, D. K. D., & Nugraha, I. N. P. (2019). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan. Jurnal Teknik Elektronika Undiksha, 1(1), 40-51.

Moningka, G. G. E., Liando, O. E. S., & Manggopa, H. K. (2021). PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP HASIL BELAJAR KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR SISWA SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(5), 439-451.

Mulyadi, E. (2015). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatan Kinerja dan Prestasi Belajar Fisika Siswa SMK. Jurnal pendidikan teknologi dan kejuruan, 22(4), 385-395.

Octavia, S. A. (2020). Model-model pembelajaran. Deepublish.

Rahman, T. (2018). Aplikasi model-model pembelajaran dalam penelitian tindakan kelas. CV. Pilar Nusantara.

Wicaksana, T. I., Ambiyar, A., Maksum, H., & Irfan, D. (2022). Penerapan model (PJBL) untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar dalam mata pelajaran pemrograman berorientasi objek.

Wiriaatmadja, R. (2005). Metode penelitian tindakan kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2022-12-01

How to Cite

Mokolintad, M. R., Rompas, P. T. D., & Manoppo, C. T. M. (2022). Penggunaan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Administrasi Sistem Jaringan Siswa Kelas XI TKJ SMK Negeri 2 Manado. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(6), 836-842. https://doi.org/10.53682/edutik.v2i6.6319