Penggunaan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Administrasi Sistem Jaringan Siswa Kelas XI TKJ SMK Negeri 2 Manado

Authors

  • Mella Riska Mokolintad Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Parabelem Tinno Dolf Rompas Program Studi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Program Pasca Sarjana, Universitas Negeri Manado
  • Christine Takarina Meitty Manoppo Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v2i6.6319

Keywords:

Administrasi Sistem Jaringan, Project Based Learning, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran admnistrasi sistem jaringan di SMK Negeri 2 manado dan jenis penelitian yang di gunakan yaitu penelitian tindakan kelas PTK dengan prosedur 2 siklus menggunakan model Project Based Learning Subjek pada penelitian ini yaitu 23 peserta didik kelas XI TKJ 1 SMK Negeri 2 Manado Teknik Pengumpulan data yang di gunakan adalah Tes Penelitian penggunaan model project based learnig di peroleh hasil belajar peserta didik bahwa setiap siklusnya di buktikan dengan siklus pertama Hasil belajar meningkat 26 dengan nilai rata rata 66 dan pada siklus 2 meningkat signifikan mencapai 91 dengan nilai rata rata 82 sehingga sudah mencapai KKM maka pada siklus 2 penggunaan model Project Based Learning dinyatakan berhasil < em>< p>

References

Badjin Y Palilingan V R Rompas P T D 2021 Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Simulasi dan Komunikasi Digital Siswa SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 2 181 194

Bukit I K Basuki I 2021 Analisis Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Dengan Arduino Terhadap Hasil Pembelajaran Siswa Pada Mata Pelajaran Teknik Pemrograman Mikroprosesor dan Mikrokontroler di SMK Jurnal Pendidikan Teknik Elektro 10 1 35 39

Herawan H E Rahayu L 2016 Pengaruh Aktivitas Belajar Siswa dalam Penerapan Model Project Based Learning Berbasis Saintifik terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Akuntansi Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi 4 1

Lugiati L 2020 Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Proyek dengan Menggunakan Audio Video untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Journal of Education Action Research 4 4 481 492

Manggala D K D Nugraha I N P 2019 Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan Jurnal Teknik Elektronika Undiksha 1 1 40 51

Moningka G G E Liando O E S Manggopa H K 2021 PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP HASIL BELAJAR KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR SISWA SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 5 439 451

Mulyadi E 2015 Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatan Kinerja dan Prestasi Belajar Fisika Siswa SMK Jurnal pendidikan teknologi dan kejuruan 22 4 385 395

Octavia S A 2020 Model model pembelajaran Deepublish

Rahman T 2018 Aplikasi model model pembelajaran dalam penelitian tindakan kelas CV Pilar Nusantara

Wicaksana T I Ambiyar A Maksum H Irfan D 2022 Penerapan model PJBL untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar dalam mata pelajaran pemrograman berorientasi objek

Wiriaatmadja R 2005 Metode penelitian tindakan kelas Bandung: Remaja Rosdakarya

Downloads

Published

2022-12-01

How to Cite

Penggunaan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Administrasi Sistem Jaringan Siswa Kelas XI TKJ SMK Negeri 2 Manado. (2022). Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(6), 796 802. https://doi.org/10.53682/edutik.v2i6.6319