Analisis Manajemen Insiden IT pada Sistem Informasi Akademik Universitas Negeri Manado
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v2i6.6463Keywords:
Manajemen Insiden, Sistem Informasi Akademik, ITILAbstract
Manajemen insiden sangat penting untuk menjamin kelangsungan sistem. Sistem informasi memerlukan manajemen insiden untuk memastikan bahwa sistem informasi dapat memberikan pelayanan yang maksimal berdasarkan pelayanan yang diberikan. Banyak masalah yang muncul dalam sistem informasi akademik yang berasal dari kejadian yang salah penanganan. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis manajemen insiden dan memberikan rekomendasi aktifitas manajemen insiden yang sesuai standar menggunakan kerangka kerja ITIL V3. Peristiwa ini dapat diatasi agar tidak menjadi masalah besar. Alasan menggunakan kerangka kerja ini karena ITIL merupakan kerangka kerja best practice yang telah banyak diimplementasikan. Model manajemen insiden diterapkan untuk memungkinkan sistem informasi akademik berjalan dengan cepat dan memberikan layanan akademik yang berkualitas tinggi dan efisien. Model manajemen insiden yang diterapkan dalam penelitian ini mampu mengelola sumber daya dengan tepat, sehingga insiden dapat dikelola dengan cepat dan mudah. Hasil dari penelitian ini adalah berupa rekomendasi aktifitas yang sesuai dengan standar manajemen layanan IT seperti prosedur incident manajement.
References
Afriany, R., & Purnama, B. (2016). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Rekam Medis di Rumah Sakit TK. IV dr. Bratanata Jambi. Jurnal Manajemen Sistem Informasi, 1(2), 147-158.
Beisse, F. (2014). A Guide to Computer User Support for Help Desk and Support Specialists, Sixth Edition. Cengage Learning, Boston.
Evero, M. F., Wurijanto, T., & Sutomo, E. (2016). Perancangan Tata Kelola System Information Technology Incident Management Pada Laboratorium Komputer Stikom Surabaya. Jurnal Sistem Informasi Universitas Dinamika, 5(3).
Farizy, S., & Eriana, E. S. (2022). Keamanan Sistem Informasi.
Firmansyah, A. (2017). Upaya peningkatan SLA pada IT service management di PT. Trikomsel Oke Tbk berdasarkan kerangka kerja ITIL V3. Jurnal SIGMA, 8(2), 99-106.
Hanief, S., & Jefriana, I. W. (2018). Framework Itil V3 Domain Service Operation Dalam Analisis Pengelolaan Teknologi Blended Learning. J. Teknol. Inf. dan Komput, 4(1), 59-65.
Jogiyanto, H.M. (2005). Analisa dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis, ANDI, Yogyakarta
Kurniadi, D. (2014). Perancangan Arsitektur Sistem E-academic dengan Konsep Kampus Digital Menggunakan Unified Software Development Process (USDP). Jurnal Wawasan Ilmiah, 5(10).
OGC. (2011). ITIL Best Management Practice Service Strategy. Norwich: TSO.
Putri, S. F., & Siptiana, D. (2019). Perancangan Dan Implementasi Sistem Informasi Pengelolaan Gaji Dan Upah Pada PT. Berdikari Metal Engineering. Jurnal TEDC, 13(2), 183–194.
Risdiansyah, D. (2017). Perancangan Sistem Informasi Bimbingan Konseling Berbasis Desktop pada SMA Kemala Bhayangkari 1 Kubu Raya. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 5(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 PTIK
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.