Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Administrasi Infrastruktur Jaringan Siswa Kelas XI TKJ SMK Cokroaminoto Kotamobagu

Authors

  • Gebriany Saradipta Aryanto Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Verry Ronny Palilingan Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Jimmy Waworuntu Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v3i1.6754

Keywords:

Model Pembelajaran, Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kasus yang ditemui dilapangan ialah siswa kurang menguasai modul sebab pendidikan masih berpusat pada dan rendahnya hasil belajar Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas PTK yang dilaksanakan dalam 2 siklus tiap siklus terdiri dari 4 pertemuan Subjek dalam riset ini merupakan siswa kelas XI TKJ B SMK Cokroaminoto Kotamobagu yang berjumlah 29 siswa dengan rincian 17 pria serta 12 wanita Ada pula objek yang diteliti dalam riset ini merupakan perencanaan serta penerapan pendidikan kegiatan belajar siswa serta hasil belajar siswa pada mata pelajaran Administrasi Infrastruktur Jaringan modul Konfigurasi VLAN Tujuan riset merupakan untuk mengenali apakah pelaksanaan pendidikan PBL bisa tingkatkan hasil belajar Administrasi Infrastruktur Jaringan pada siswa kelas XI TKJ SMK Cokroaminoto Kotamobagu Tata cara pengumpulan data yang digunakan pada riset ini merupakan observasi serta tes Analisis data riset dicoba lewat analisis deskriptif kualitatif Hasil Riset membuktikan keadaan dini peserta didik yang diambil bersumber pada nilai tes mid ialah dari 29 siswa ada 10 siswa menggapai KKM serta 19 siswa belum menggapai KKM dengan nilai rata rata 69 51 atau presentase ketuntasan 34 48 serta tidak tuntas 65 51 Pada siklus I informasi hasil belajar mengalami dari 29 siswa ada 17 siswa menggapai KKM serta 12 siswa belum menggapai KKM dengan nilai rata rata 74 41 atau presentase ketuntasan 58 62 serta tidak tuntas 41 37 Pada siklus II informasi hasil belajar mengalami dari 29 siswa ada 25 siswa menggapai KKM serta 4 siswa belum menggapai KKM dengan nilai rata rata 82 03 atau presentase ketuntasan 86 20 serta tidak tuntas 13 79 < em>< p>

References

Arikunto S 2001 Dasar Dasar Evaluasi Pendidikan Jakarta: Bumi Aksara

Clark 1981 Pengertian definisi hasil belajar

Dalyono 2012 PsikologiPendidikan Jakarta: Rineka Cipta

Dirgatama C Santoso J Ninghardjanti 2016 Penerapan Model Pembelajaran

Haryanti Y D 2017 Model Problem Based Learning membangun Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Jurnal Cakrawala Pendas 3 2 57 63

Istarani Pulungan I 2015 Ensiklopedi Pendidikan Medan: CV Iscom Medan

Kurnia U Rifai H Nurhayati N 2015 Efektivitas Penggunaan Gambar pada Brosur dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Kelas Xi Sman 5 Padang Pillar Of Physics Education 6 2

Mamuaja M P Tambingon H N Rotty V N J Pratasik S 2022 Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Komputer dan Jaringan Dasar Siswa Kelas VIII SMP Katolik Stella Maris Tomohon Jurnal Pendidikan dan Konseling JPDK 4 5 4458 4469

Manggopa H K Kenap A A Manoppo C T M Batmetan J R Mewengkang A 2019 The Development of Web Learning as Media to Deliver Web Programming Materials 299 Ictvet 2018 504 508 https: doi org 10 2991 ictvet 18 2019 115

Schroder H S Moran T P Moser J S 2017 The Effect Of Expressive Writing On The Error Related Negativity Among Individuals With Chronic Worry Psychophysiology 1 11

Shaputri W Marhadi H Antosa Z 2017 Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 29 Pekanbaru Jurnal Online Mahasiswa JOM Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan 5 1 1 10

Slameto 2003 Belajar dan Faktor faktor yang Mempengaruhinya Jakarta: Rineka Cipta

Slameto 2010 Belajar dan faktor faktor yang Mempengaruhinya Jakarta: PT Rineka Cipta

Soedijarto 1993 Menuju Pendidikan Nasional yang relevan dan bermutu Jakarta: Balai Pustaka

Sudjana N 2009 Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Suryabrata S 2011 Psikologi Pendidikan Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Syaiful B D Aswan Z 2006 Strategi belajar mengajar Jakarta: Rineka Cipta

Taufiq A 2014 Hakikat Pendidikan di Sekolah Dasar Pendidikan Anak Di SD p 1 3 Jakarta: Universitas Terbuka

Downloads

Published

2023-04-01

How to Cite

Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Administrasi Infrastruktur Jaringan Siswa Kelas XI TKJ SMK Cokroaminoto Kotamobagu. (2023). Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 3(2), 142 151. https://doi.org/10.53682/edutik.v3i1.6754