Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Administrasi Infrastruktur Jaringan Siswa Kelas XI TKJ SMK Cokroaminoto Kotamobagu
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v3i1.6754Keywords:
Model Pembelajaran, Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kasus yang ditemui dilapangan ialah siswa kurang menguasai modul sebab pendidikan masih berpusat pada dan rendahnya hasil belajar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, tiap siklus terdiri dari 4 pertemuan. Subjek dalam riset ini merupakan siswa kelas XI TKJ B SMK Cokroaminoto Kotamobagu yang berjumlah 29 siswa, dengan rincian 17 pria, serta 12 wanita. Ada pula objek yang diteliti dalam riset ini merupakan perencanaan serta penerapan pendidikan, kegiatan belajar siswa, serta hasil belajar siswa pada mata pelajaran Administrasi Infrastruktur Jaringan modul Konfigurasi VLAN. Tujuan riset merupakan untuk mengenali apakah pelaksanaan pendidikan PBL bisa tingkatkan hasil belajar Administrasi Infrastruktur Jaringan pada siswa kelas XI TKJ SMK Cokroaminoto Kotamobagu. Tata cara pengumpulan data yang digunakan pada riset ini merupakan observasi serta tes. Analisis data riset dicoba lewat analisis deskriptif kualitatif. Hasil Riset membuktikan keadaan dini peserta didik yang diambil bersumber pada nilai tes mid ialah dari 29 siswa ada 10 siswa menggapai KKM serta 19 siswa belum menggapai KKM dengan nilai rata- rata 69,51 atau presentase ketuntasan 34, 48% serta tidak tuntas 65,51%. Pada siklus I informasi hasil belajar mengalami dari 29 siswa ada 17 siswa menggapai KKM serta 12 siswa belum menggapai KKM dengan nilai rata- rata 74,41 atau presentase ketuntasan 58,62% serta tidak tuntas 41,37%. Pada siklus II informasi hasil belajar mengalami dari 29 siswa ada 25 siswa menggapai KKM serta 4 siswa belum menggapai KKM dengan nilai rata-rata 82,03 atau presentase ketuntasan 86,20% serta tidak tuntas 13,79%.
References
Arikunto, S. (2001). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Clark. (1981). Pengertian definisi hasil belajar.
Dalyono. (2012). PsikologiPendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Dirgatama, C. Santoso, J. & Ninghardjanti. (2016). Penerapan Model Pembelajaran
Haryanti, Y D. (2017). Model Problem Based Learning membangun Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar, Jurnal Cakrawala Pendas, 3 (2),57-63
Istarani & Pulungan, I. (2015). Ensiklopedi Pendidikan. Medan: CV. Iscom Medan.
Kurnia, U., Rifai, H., & Nurhayati, N. (2015). Efektivitas Penggunaan Gambar pada Brosur dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Kelas Xi Sman 5 Padang. Pillar Of Physics Education, 6 (2).
Mamuaja, M. P., Tambingon, H. N., Rotty, V. N. J., & Pratasik, S. (2022). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Komputer dan Jaringan Dasar Siswa Kelas VIII SMP Katolik Stella Maris Tomohon. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5), 4458-4469.
Manggopa, H. K., Kenap, A. A., Manoppo, C. T. M., Batmetan, J. R., & Mewengkang, A. (2019). The Development of Web Learning as Media to Deliver Web Programming Materials. 299 (Ictvet 2018), 504-508. https://doi.org/10.2991/ictvet-18.2019.115.
Schroder, H S. Moran, T P. & Moser, J S. (2017). The Effect Of Expressive Writing On The Error-Related Negativity Among Individuals With Chronic Worry. Psychophysiology, 1-11.
Shaputri, W., Marhadi, H., & Antosa, Z. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 29 Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 5(1), 1-10.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Soedijarto. (1993). Menuju Pendidikan Nasional yang relevan dan bermutu. Jakarta: Balai Pustaka.
Sudjana, N. (2009). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Suryabrata, S. (2011). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Syaiful, B. D., & Aswan, Z. (2006). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Taufiq, A. (2014). Hakikat Pendidikan di Sekolah Dasar. Pendidikan Anak Di SD (p. 1.3). Jakarta: Universitas Terbuka.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 PTIK
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.