Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh untuk Meningkatkan Hasil Belajar Jaringan Dasar Siswa Kelas X TKJ SMK Negeri 1 Modoinding

Authors

  • Leyri Sevrandy Nayoan Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Verry Ronny Palilingan Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Alfrina Mewengkang Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v3i2.6998

Keywords:

Efektivitas, Hasil Belajar, Jaringan Dasar

Abstract

Penelitian ini tentang mengetahui Efektifitas pembelajaran jarak jauh dengan hasil belajar siswa TKJ di SMK Negeri 1 Modoinding. Penelitian ini menggunakan metode tindakan kelas. Adapun langkah-langkah yaitu, Rencana, Tindakan, Observasi, Refleksi dengan model Rancangan penelitian perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Penelitian ini melakukan teknik pengumpulan data dengan Observasi dan dokumentasi dan untuk teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif.

References

Alaya, J. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smp N 03 Desa Talang Padang Pasemah Air Keruh Masa Pandemi Covid-19 (Doctoral dissertation, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu).

Ali, M. (2009). Pendidikan untuk pembangunan nasional: menuju bangsa Indonesia yang mandiri dan berdaya saing tinggi. Grasindo.

Cholid, N., & Suatmadi, S. (2022). Pemanfaatan E-learning Madrasah dalam Pembelajaran Jarak Jauh (Pjj) Mata Pelajaran Pai dan Implikasinya terhadap Nilai-nilai Pendidikan Karakter Siswa Madrasah Aliyah di Kabupaten Pati. Jurnal Progress, 10(1), 482695.

Gani, A. G. (2018). e-Learning Sebagai Peran Teknologi Informasi Dalam Modernisasi Pendidikan. JSI (Jurnal Sistem Informasi) Universitas Suryadarma, 3(1), 1-19.

Hamalik Oemar. (2011). Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara. Bandung.

Jusuf, H., Sobari, A., & Fathoni, M. (2020). Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Siswa SMA Di Era Covid-19. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1).

Khotimah, H., Astuti, E. Y., & Apriani, D. (2019, July). Pendidikan berbasis teknologi (permasalahan dan tantangan). In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.

Pieter, V. R., Palilingan, V. R., & Liando, O. E. S. (2022). Penerapan Mmetode Pembelajaran Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Desain Grafis Percetakan Siswa SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2(3), 426-437.

Putri, W. A., Magdalena, I., Khotimah, K., & Syahra, N. P. (2021). Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas 3 SDN Sudimara Timur. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 1(3), 321-327.

Raturandang, S., Rompas, P. T. D., & Palilingan, V. R. (2021). PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR JARINGAN DASAR SISWA SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(4), 378-387.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Cet II; Rineka Cipta. Jakarta.

Sudjana, N. (2004). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensido Offset

Suryani, L., Tute, K. J., Nduru, M. P., & Pendy, A. (2022). Analisis Implementasi Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Masa New Normal. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2234-2244.

Downloads

Published

2023-04-01

How to Cite

Nayoan, L. S., Palilingan, V. R., & Mewengkang, A. (2023). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh untuk Meningkatkan Hasil Belajar Jaringan Dasar Siswa Kelas X TKJ SMK Negeri 1 Modoinding. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 3(2), 238-242. https://doi.org/10.53682/edutik.v3i2.6998