Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Jaringan Dasar Siswa Kelas X TKJ SMK Dharma Bakti Tomohon

Authors

  • Veronica Tilaar Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Olivia Eunike Selvie Liando Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Jimmy Waworuntu Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v3i2.7034

Keywords:

Pembelajaran berbasis masalah, Hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan hasil belajar jaringan dasar siswa kelas X TKJ SMK Dharma Bakti Tomohon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran berbasis masalah. Prosedur penelitian berbentuk siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpalan data melalui observasi dan tes. Pengumpulan data ini menggunakan instrumen berupa lembar pengamatan observasi siswa dalam proses pembelajaran, sedangkan untuk mengetahui kualitas hasil belajar siswa digunakan lembar evaluasi/tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis simulasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada jaringan dasar. Dari nilai rata-rata siklus I 40% menjadi 93, 33% pada siklus II.

References

Ausubel, D. P. (1967). Learning theory and classroom practice. Ontario Institute for Studies in Education Bulletin.

Hartoyo. (2000). Dasar-dasar Interaksi Belajar Mengajar. Surabaya Usaha Nasional.

Komalasari, K. (2013). Pembelajaran Kontekstul: Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT. Refika Adiatama

Kusumawati, N. (2017). Penerapan Metode Active Learning Tipe Team Quiz Untuk Meningkatkan Keaktifan Bertanya Dan Kreatifitas Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas V Sdn Ronowijayan Ponorogo. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 1(2), 26-36.

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333-352. ‘

Solichin, M. M. (2006). Belajar dan mengajar dalam pandangan al-ghazali. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2).

Suyadi, H. S. H. (2012). Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Melalui Metode Kooperatif Model Learning Together Pada Siswa Kelas Viif Smp Negeri 21 Semarang Tahun Pelajaran 2011/2012. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 6(2).

Syaparuddin, S., Meldianus, M., & Elihami, E. (2020). Strategi pembelajaran aktif dalam meningkatkan motivasi belajar pkn peserta didik. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 30-41.

Usman, M. U. (2005). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wulandari, B. (2013). Pengaruh Problem-Based Learning terhadap hasil belajar ditinjau dari motivasi belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi.

Downloads

Published

2023-04-01

How to Cite

Tilaar, V., Liando, O. E. S., & Waworuntu, J. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Jaringan Dasar Siswa Kelas X TKJ SMK Dharma Bakti Tomohon. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 3(2), 270-274. https://doi.org/10.53682/edutik.v3i2.7034