Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Jaringan Dasar Siswa Kelas X TKJ SMK Dharma Bakti Tomohon
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v3i2.7034Keywords:
Pembelajaran berbasis masalah, Hasil belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan hasil belajar jaringan dasar siswa kelas X TKJ SMK Dharma Bakti Tomohon Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran berbasis masalah Prosedur penelitian berbentuk siklus Setiap siklus terdiri dari empat tahap meliputi: perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi Teknik pengumpalan data melalui observasi dan tes Pengumpulan data ini menggunakan instrumen berupa lembar pengamatan observasi siswa dalam proses pembelajaran sedangkan untuk mengetahui kualitas hasil belajar siswa digunakan lembar evaluasi tes Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis simulasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada jaringan dasar Dari nilai rata rata siklus I 40 menjadi 93 33 pada siklus II < em>< p>
References
Ausubel D P 1967 Learning theory and classroom practice Ontario Institute for Studies in Education Bulletin
Hartoyo 2000 Dasar dasar Interaksi Belajar Mengajar Surabaya Usaha Nasional
Komalasari K 2013 Pembelajaran Kontekstul: Konsep dan Aplikasi Bandung: PT Refika Adiatama
Kusumawati N 2017 Penerapan Metode Active Learning Tipe Team Quiz Untuk Meningkatkan Keaktifan Bertanya Dan Kreatifitas Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas V Sdn Ronowijayan Ponorogo Jurnal Bidang Pendidikan Dasar 1 2 26 36
Pane A Dasopang M D 2017 Belajar dan pembelajaran Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu Ilmu Keislaman 3 2 333 352
Solichin M M 2006 Belajar dan mengajar dalam pandangan al ghazali TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam 1 2
Suyadi H S H 2012 Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Melalui Metode Kooperatif Model Learning Together Pada Siswa Kelas Viif Smp Negeri 21 Semarang Tahun Pelajaran 2011 2012 Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran 6 2
Syaparuddin S Meldianus M Elihami E 2020 Strategi pembelajaran aktif dalam meningkatkan motivasi belajar pkn peserta didik Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 1 1 30 41
Usman M U 2005 Menjadi Guru Profesional Bandung: Remaja Rosdakarya
Wulandari B 2013 Pengaruh Problem Based Learning terhadap hasil belajar ditinjau dari motivasi belajar PLC di SMK Jurnal Pendidikan Vokasi
