Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Informatika Siswa Kelas X TJKT SMK Negeri 1 Bitung

Authors

  • Josua Jonas Daniel Roring Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Alfrina Mewengkang Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Olivia Eunike Selvie Liando Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v3i3.7417

Keywords:

Pengembagan Berbasis Proyek, Hasil Belajar, Informatika

Abstract

Penelitian ini bertujuan guna mengungkap apakah terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar Informatika siswa kelas X TJKT SMK Negeri 1 Bitung Dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek membantu siswa dapat lebih responsif dan bersemangat dalam mengikuti aktivitas belajar dan mampu mengembangkan sendiri keahlian baru yang akan didapatkan melalui aktivitas belajar Metode nbsp; penelitian nbsp; yang nbsp; digunakan nbsp; adalah eksperimen sedangkan desain penelitian penelitian nbsp;ini adalah Nonequivalent nbsp;Control nbsp;Group Penelitian ini dijalankan dalam tiga fase yaitu pre test siswa kegiatan belajar mengajar dan post test guna mengetahui seberapa jauh pembelajaran berbasis proyek mempengaruhi hasil belajar siswa Dimana data pre test untuk kelas eksperimen sebelum diberikan perlakuan mendapat nilai rata rata 41 8 sedangkan post test mendapat nilai 87 32 Hasil pre test kelas kontrol rata rata 39 82 sementara itu hasil post test rata rata 79 64 Dari hasil penelitian menunjukan model pembelajaran berbasis proyek pada kelas eksperimen mampu meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional < em>< p>

References

Afriani A 2018 Pembelajaran kontekstual cotextual teaching and learning dan pemahaman konsep siswa Jurnal Al Mutaaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 3 1 80 88

Arvy B R 2022 Kreativitas dan Prestasi Belajar Melalui Pembelajaran Problem Posing Setting Kolaboratif dan Open Ended Setting Kolaboratif Jurnal Riset Intervensi Pendidikan JRIP 4 1 8 17

Fahrezi I Taufiq M 2020 Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru 3 3 408 415

Kase S 2019 BAHASA INDONESIA DALAM EKSISTENSI MASYARAKAT EKONOMI ASEAN Ideas: Jurnal Pendidikan Sosial dan Budaya 5 1 123 140

Mulyadi M 2012 Riset desain dalam metodologi penelitian Jurnal Studi Komunikasi Dan Media 16 1 71 80

Nurhayati Y 2021 PENGARUH INTERAKSI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN DI KELAS VII SMP NEGERI 11 KOTA SERANG Jurnal Paris Langkis 2 1 30 36

Rusman 2011 Model model pembelajaran: Mengembangkan profesionalisme guru Rajawali Pers PT Raja Grafindo Persada

Rijal S Bachtiar S 2015 Hubungan antara sikap kemandirian belajar dan gaya belajar dengan hasil belajar kognitif siswa Jurnal Bioedukatika 3 2 15 20

Victoria A Mustafa P S Ardiyanto D 2021 Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga berbasis Blended Learning di Sekolah Menengah Pertama Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 7 2 170 183

Downloads

Published

2023-10-01

How to Cite

Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Informatika Siswa Kelas X TJKT SMK Negeri 1 Bitung. (2023). Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 3(5), 472 482. https://doi.org/10.53682/edutik.v3i3.7417