Klasifikasi Pencapaian Nilai Mahasiswa Berdasarkan Jenis Mata Kuliah Menggunakan Algoritma Naive Bayesian Classifisier

Authors

  • Charles Rasyid Batuallo Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Alfrina Mewengkang Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Daniel Riano Kaparang Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v3i4.7606

Keywords:

Klasifikasi, Nilai Mahasiswa, Naive Bayesian Classifisier

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengelompokkan data nilai mahasiswa berdasarkan atribut yang ada serta menentukan kebijakan dalam menentukan bakat dan kemampuan mahasiswa berdasarkan hasil klasterisasi Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif Penelitian deskriptif mengkaji antar dua variabel atau lebih variabel pada penelitian ini bertujuan untuk melihat tingkat prestasi akademik mahasiswa Nilai Mahasiswa Universitas Negeri Manado Fakultas Teknik Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Hasil penelitian yang diperoleh dari penelitian ini 1 Impelementasi Naive bayes menggunakan Aplikasi WEKA dapat menelusuri karakteristi katribut dari dataset dengan Lulus dan Tidak Lulus Metode Klasifikasi Naive Bayes menggunakan data training untuk menciptakan probabilitas setiap kriteria untuk berbagai kelas yang berbeda dengan tujuan agar nilai nilai probabilitas dari kriteria ini dapat ditingkatkan untuk memprediksi status data nilai mahasiswa proses klasifikasi yang dilakukan dengan metode Klasifikasi Naive Bayes 2 Berdasarkan data nilai mahasiswa yang dijadikan data testing metode Naive Bayes berhasil mengklasifikasikan 3 929 data yang diuji Di mana dari 3 928 data mahasiswa untuk Correctly Classified Instance sebanyak 99 9745 sementara persentase untuk Incorrectly Classified Instance adalah sebesar 0 0255 Dimana dari 3 928 data klasifikasi pencapaian nilai mahasiswa dengan menggunakan Naive Bayesian Classifisier berhasil diklasifikasikan dengan benar dan sebanyak 1 data penggunaan klasifikasi pencapaian nilai mahasiswa tidak berhasil diklasifikasikan dengan benar < em>< p>

References

Abdullah N Yusof N Lau W J Jaafar J Ismail A F 2019 Recent trends of heavy metal removal from water wastewater by membrane technologies Journal of Industrial and Engineering Chemistry 76 17 38

Andita V Hermawat W Hartati N S 2019 Pengaruh Jumlah Pelayanan Rawat Jalan Rawat Igd Dan Rawat Inap Terhadap Tingkat Pendapatan Rumah Sakit Umum Daerah Rsud Cideres Kabupaten Majalengka Jurnal Ekonomi Manajemen 14 2 370 378

Dimyati T R 2018 Pembentukan karakter mahasiswa dalam sistem pendidikan tinggi Islam TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam 13 1 17 32

Ekayani P 2017 Pentingnya penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja 2 1 1 11

Kurdhi N A Saksono H Rihfenti Ernayani S E Ak M Bakri A A SE M MM C 2023 Manajemen Sains Cendikia Mulia Mandiri

Mukminin A Riana D 2017 Komparasi Algoritma C4 5 Na ve Bayes Dan Neural Network Untuk Klasifikasi Tanah Jurnal Informatika 4 1

Nurdiaman A 2019 Pendidikan Kewarganegaraan Kecakapan berbangsa dan bernegara Jakarta: PT Pribumi Mekar

Pradiptasari L P M 2016 Hubungan Antara Intensitas Penggunaan Media Sosial dan Interaksi Sosial dengan Prestasi Akademik di Kalangan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana

Rabiah S 2019 Manajemen Pendidikan tinggi dalam meningkatkan mutu pendidikan Jurnal Sinar Manajemen 6 1 58 67

Utomo D P Mesran M 2020 Analisis komparasi metode klasifikasi data mining dan reduksi atribut pada data set penyakit jantung Jurnal Media Informatika Budidarma 4 2 437 444

Downloads

Published

2024-10-01

How to Cite

Klasifikasi Pencapaian Nilai Mahasiswa Berdasarkan Jenis Mata Kuliah Menggunakan Algoritma Naive Bayesian Classifisier. (2024). Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 4(5), 483 495. https://doi.org/10.53682/edutik.v3i4.7606