Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil belajar Teknologi Jaringan Berbasis Luas Siswa Kelas XI TKJ SMK Negeri 2 Manado
Keywords:
Berbasis Masalah, Hasil Belajar, Teknologi Jaringan Berbasis LuasAbstract
Dalam proses belajar mengajar, keberhasilan peserta didik sangat ditentukan oleh cara guru mengajar serta bagaimana guru menerapkan model pembelejaran yang tepat. Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan Hasil Belajar Teknologi Jaringan Berbasis Luas Siswa Kelas XI SMK N 2 Manado. Metode Penelitian ini menggunakan Metode Penelitan Tindakan Kelas menggunakan 2 siklus. Subjek peneltian adalah siswa kelas XI SMK N 2 Manado sedangkan hasil belajar diambil dari nilai rata-rata mata pelajaran Teknologi Jaringan. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan : (1) ada peningkatan hasil belajar Teknologi Jaringan Berbasis Luas Siswa Kelas XI SMK N 2 Manado dengan menerapkan model pembelajaran Berbasis Masalah (2) peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari ketuntasan belajar pada siklus 1 yaitu 51,61% dengan rata-rata 73,5 naik pada siklus II menjadi 87,09% dengan rata-rata 86,7.
References
Arikunto, S. (2007). Statistik Pendidikan.
Darsani, L. (2019). Penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan hasil belajar ipa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(3), 377-385.
Emda, A. (2018). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida journal, 5(2), 172-182.
Erwoko, E. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Pelajaran Teknologi Jaringan Berbasis Luas. Civil Officium: Journal of Empirical Studies on Social Science, 1(1), 7-13.
Farooq, S., & O'Brien, C. (2015). An action research methodology for manufacturing technology selection: a supply chain perspective. Production Planning & Control, 26(6), 467-488.
Gafur, A. (2018). Peningkatan hasil belajar ipa terpadu melalui metode demonstrasi pada siswa kelas viii smp negeri 2 sano nggoang manggarai barat tahun pelajaran 2017/2018. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 2(1).
Hopkins, D. (2000). Powerful learning, powerful teaching and powerful schools. Journal of Educational Change, 1(2), 135-154.
Mamuaja, M. P., Tambingon, H. N., Rotty, V. N. J., & Pratasik, S. (2022). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Komputer dan Jaringan Dasar Siswa Kelas VIII SMP Katolik Stella Maris Tomohon. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5), 4458-4469.
Pauran, D. C., Waworuntu, J., & Takaredase, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Terhadap Hasil Belajar di SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(2), 139-150.
Puspitaningrum, A. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Media Kartu Bilangan Dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Teams Achievement Divisions) Pada Pembelajaran Pengurangan Bilangan Cacah Matematika Kelas III di SDN Cipetung. JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik), 6(2), 159-167.
Rahmadani, R. (2019). Metode Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learnig (Pbl). Lantanida Journal, 7(1), 75-86.
Sadipun, B. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas V SDI ENDE 14. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 11-16.
Simamora, T., Harapan, E., & Kesumawati, N. (2020). Faktor-faktor determinan yang mempengaruhi prestasi belajar siswa. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 5(2), 191-205.
Sudijono, A. (2008). Pengantar Statistik Pendidikan (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2008).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 PTIK
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.