Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil belajar Teknologi Jaringan Berbasis Luas Siswa Kelas XI TKJ SMK Negeri 2 Manado

Authors

  • Dirga Kaseger Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • James Sumayku Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Olivia Eunike Selvie Liando Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Rudy Harijadi Wibowo Pardanus Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v3i5.8357

Keywords:

Berbasis Masalah, Hasil Belajar, Teknologi Jaringan Berbasis Luas

Abstract

Dalam proses belajar mengajar keberhasilan peserta didik sangat ditentukan oleh cara guru mengajar serta bagaimana guru menerapkan model pembelejaran yang tepat Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan Hasil Belajar Teknologi Jaringan Berbasis Luas Siswa Kelas XI SMK N 2 Manado Metode Penelitian ini menggunakan Metode Penelitan Tindakan Kelas menggunakan 2 siklus Subjek peneltian adalah siswa kelas XI SMK N 2 Manado sedangkan hasil belajar diambil dari nilai rata rata mata pelajaran Teknologi Jaringan Adapun hasil penelitian ini menunjukkan : 1 ada peningkatan hasil belajar Teknologi Jaringan Berbasis Luas Siswa Kelas XI SMK N 2 Manado dengan menerapkan model pembelajaran Berbasis Masalah 2 peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari ketuntasan belajar pada siklus 1 yaitu 51 61 dengan rata rata 73 5 naik pada siklus II menjadi 87 09 dengan rata rata 86 7 < em>< p>

References

Arikunto S 2007 Statistik Pendidikan

Darsani L 2019 Penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan hasil belajar ipa Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran 2 3 377 385

Emda A 2018 Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Lantanida journal 5 2 172 182

Erwoko E 2021 Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Pelajaran Teknologi Jaringan Berbasis Luas Civil Officium: Journal of Empirical Studies on Social Science 1 1 7 13

Farooq S O Brien C 2015 An action research methodology for manufacturing technology selection: a supply chain perspective Production Planning Control 26 6 467 488

Gafur A 2018 Peningkatan hasil belajar ipa terpadu melalui metode demonstrasi pada siswa kelas viii smp negeri 2 sano nggoang manggarai barat tahun pelajaran 2017 2018 JISIP Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan 2 1

Hopkins D 2000 Powerful learning powerful teaching and powerful schools Journal of Educational Change 1 2 135 154

Mamuaja M P Tambingon H N Rotty V N J Pratasik S 2022 Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Komputer dan Jaringan Dasar Siswa Kelas VIII SMP Katolik Stella Maris Tomohon Jurnal Pendidikan dan Konseling JPDK 4 5 4458 4469

Pauran D C Waworuntu J Takaredase A 2021 Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Terhadap Hasil Belajar di SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 2 139 150

Puspitaningrum A 2020 Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Media Kartu Bilangan Dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Student Teams Achievement Divisions Pada Pembelajaran Pengurangan Bilangan Cacah Matematika Kelas III di SDN Cipetung JP3 Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik 6 2 159 167

Rahmadani R 2019 Metode Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learnig Pbl Lantanida Journal 7 1 75 86

Sadipun B 2020 Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas V SDI ENDE 14 Jurnal Ilmu Pendidikan 3 1 11 16

Simamora T Harapan E Kesumawati N 2020 Faktor faktor determinan yang mempengaruhi prestasi belajar siswa JMKSP Jurnal Manajemen Kepemimpinan Dan Supervisi Pendidikan 5 2 191 205

Sudijono A 2008 Pengantar Statistik Pendidikan Jakarta: PT Raja Grafindo Persada 2008

Downloads

Published

2024-04-01

How to Cite

Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil belajar Teknologi Jaringan Berbasis Luas Siswa Kelas XI TKJ SMK Negeri 2 Manado. (2024). Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 4(2), 117 130. https://doi.org/10.53682/edutik.v3i5.8357