MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI I MELONGUANE MELALUI PEMANFAATAN BLOG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN

Authors

  • Bambang Eko Pambudi Tenaga Pengajar Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara

Keywords:

Hasil Belajar Sejarah, Media Pembelajaran, Penelitian Tindakan Kelas, Pemanfaatan Media Blog

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar sejarah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Melonguane melalui penggunaan blog sebagai media pembelajaran. Penelitian ini dilakukan berdasarkan metode tindakan kelas (PTK) dengan desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Kemmis dan McTaggart yang mencakup empat langkah, yaitu: 1). Merencanakan tindakan; 2). Melaksanakan tindakan; 3). Mengobservasikan hasil tindakan; 4). Merefleksi untuk pengembangan tindakan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara pengamatan, wawancara, dan pelaksanaan tes.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Melonguane  kelas XI IPS sebelum tindakan diperoleh persentase  ketuntasan klasikal 52,6%. Pada siklus II diperoleh 92,59%.  Berdasarkan hal-hal yang telah terjadi dan telah dilakukan, maka dapat dikatakan bahwa penelitian ini telah mengalami peningkatan hasil belajar dengan pemanfaatan blog sebagai media pembelajaran, dan secara umum pelaksanaan pembelajaran juga sudah terlaksana dengan tuntas.

Downloads

Published

2022-05-09