PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
Keywords:
Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah, Hasil Belajar, Pembelajaran IPSAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui Penerapan model Pembelajaran Berdasarkan Masalah kelas IV SD. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dikemukakan oleh Kemmis dan Mc. Taggart (dalam Aqib Zainal 2009:31) yang terdiri dari dua siklus dengan menggunakan empat tahapan yang terdiri dari: Perencanaan, Tindakan, Observasi, dan Refleksi. Teknik pengumpulan data penelitian ini tes dan non tes. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I hasil belajar siswa 61,07% dan siklus II hasil belajar siswa meningkat menjadi 91,07%. Melalui hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah dapat meningkatkan hasil belajar IPS di Kelas IV SDK Bukit Moria Tule. Berdasarkan kesimpulan maka dalam penelitian ini dapat disarankan bagi guru kelas, dapat menerapkan model pembelajaran berdasarkan masalah dalam pelajaran IPS